Rabu, 26 Oktober 2016

Menghadapi Orang yang Mudah Tersinggung

Tips Menghadapi Orang yang Mudah Tersinggung

Setiap orang memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ini adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi begitu berwarna, manis, asam, asin, nano nano deh. Kadang juga terasa pahit karena hal-hal yang tidak kita inginkan/harapkan.

Salah satu karakter orang yang sulit dihadapi dan terkadang membuat kita serba salah adalah orang dengan sifat mudah tersinggung. Ya, namanya saja mudah tersinggung, tentu kita haru berhati-hati setiap bertingkah dengan orang bersifat mudah tersinggung.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara untuk menyikapi seseorang yang mudah tersinggung :

Kenali dia, pastikan kamu tahu hal-hal yang tidak dia sukai. Dengan begitu kamu bisa berusaha agar tidak melakukan/mengatakan hal-hal yang bisa membuatnya marah/tersinggung.  
 
1. Hindari untuk berdebat dengannya. Seperti yang kita tahu, saat berdebat kita bisa saja mengatakan hal-hal yang tidak semestinya kita katakan, karena saat berdebat kita akan begitu saja mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran kita tanpa memikirkan dampak setelahnya. Dengan menghindari berdebat dengan orang yang mudah tersinggung, maka akan lebih mudah bagi kita untuk tidak memancing emosinya.
 
2. Saat orang tersebut merasa tersinggung dengan tingkah/ucapan kita, berusahalah untuk segera meminta maaf, dan setelah itu cobalah untuk bersikap biasa saja. Jangan sampai kamu merasa terlalu bersalah sehingga menghidari dia. Hal itu justru membuat orang tersebut berfikir kalau kamu kesal dengannya.
 
3. Jangan memaksanya untuk mengatakan hal yang tidak ingin dia katakan. Terkadang privasi adalah hal yang mudah membuat seseorang merasa tersinggung. Saat dia punya masalah, tanyakan saja apa mungkin kamu bisa membantu. Tapi saat dia enggan untuk mengatakannya, janganlah kamu paksakan.
 
4. Bersikaplah sabar untuk menghadapi orang yang memiliki sifat mudah tersinggung. Emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah, hal itu justru akan membuat suasana semakin memanas dan mengancam tali pertemanan di antara kalian.
 
Itulah hanyalah beberapa dari banyak cara yang ada. Menghadapi orang yang sensitif/mudah tersinggung itu gampang-gampang susah. Kalau kamu sudah merasa mentok untuk menghadapi orang seperti itu, lebih baik kamu cuek saja. Orang yang mudah tersinggung biasanya merasa lebih baik saat seseorang di sekitarnya tidak banyak bicara. 
Kalau tiba-tiba di kesal sama kamu tanpa alasan yang jelas, tentu kamu harus menanyakan dulu sebab kekesalannya, kalau dia tidak mau menjelaskan ya cuekin saja. Anggap saja kalau antara kamu dan dia tidak ada masalah apa-apa. Dijamin dia pasti langsung lunak.




Nur Mumtahana


 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution