Senin, 10 September 2012

5 Solusi Menghadapi Fitnah dan Zhalim

JIKA KITA DIFITNAH DAN DIZHALIMI Suatu hal yang pasti tidak akan luput dari keseharian kita adalah difitnah dan dizhalimi orang lain. Kadang kita ini sudah berhati-hati, berbuat baik. Namun kebaikan dan prestasi kita, tidak selamanya dapat dukungan dan penghargaan. Ternyata ada juga yang mencibir, kemudian memfitnah dan menzhalimi diri dan keluarga kita. Hal ini membuat kita down dan hampir-hampir bisa stress. Orang-orang yang suka memfitnah itu ternyata bukan hanya memfitnah, tapi ia juga meneror dan menyakiti kita dan keluarga kita lahir dan batin. Apa yang harus kita lakukan, jika kita difitnah dan dizhalimi oleh orang lain.


Solusi apakah yang diberikan oleh Islam dalam hal ini? Ada 5 solusi yang bisa kita lakukan , yaitu: 

1. Kita harus mempersiapkan diri untuk tetap tegar dan sabar menghadapi kondisi apapun dan bagaimanapun. Baik senang atau susah. Jika kita difitnah dan dizhalimi. Maka sebenarnya itu bonus buat kita. Allah sayang terhadap kita. Karena hakikatnya kalau kita difitnah dan dizhalimi, maka keburukan kita akan diberikan kepada yang memfitnah dan menzhalimi kita. Sebaliknya kebaikan orang yang memfitnah akan diberikan kepada kita. Jika kita tahu akan hal ini. Hati kita akan tenang. Ternyata orang yang memfitnah dan menzhalimi itu adalah orang-orang yang merugi dan menghancurkan diri mereka sendiri. 

2. Ridha dan ikhlas menerima fitnah dan kezhaliman dari orang lain, Rasululullah mengajarkan agar kita ikhlas menerima fitnah dan kezhaliman dari orang lain. Perumpamaannya adalah orang yang difitnah itu laksana bola pimpong yang ditekan kedalam air. Jika bola pimpong itu dilepaskan maka ia akan melompat tinggi ke angkasa. Demikianlah perumpamaan orang yang ridho dan ikhlas menerima fitnah dan kezhaliman dari orang lain, insya Allah derajatnya akan ditinggikan oleh Allah SWT.

3. Yakin Allah yang akan membalas Allah Maha Melihat dan Maha Mendengar. Tidak ada satu atompun yang lepas dari pantauannya. Tidak ada satu kejahatanpun yang tidak akan dibalas. Jika kita difitnah oleh orang lain dan dizhalimi lahir dan batin. Pasrahkan kepada Allah. Jangan kotori hati dan jiwa kita untuk balas dendam. Ikhlaskan semuanya kepada Allah SWT. Allah yang akan membalasnya dengan siksa yang pedih. Alam semesta juga akan membalas kejahatan orang tersebut. Karena alam semesta adalah tentara Allah yang sangat setia kepada perintah-Nya. Maka Bersabarlah dan pasrahkan kepada Allah SWT. 

4. Evaluasi Diri Jika kita difitnah dan dizhalimi. Maka yang harus kita lakukan adalah mengevaluasi diri kita. Apakah kita melakukan kesalahan seperti yang difitnahkan tersebut. Jika jawabannya ’ya’. Maka kita harus cepat-cepat bertaubat dan memperbaiki diri kita. Jika jawabannya ’tidak’. Bersabarlah, semua kejadian pasti ada hikmahnya. Kita tidak tahu ada skenario apa dibalik fitnah tersebut. Yang jelas semua kejadian itu ada hikmah dan pelajaran yang terbaik buat kita. Kita harus lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT Memohon perlindungan kepada-Nya.

5. Hanya Allah-lah Satu satunya Penolong dan Pelindung Sesungguhnya tidak akan terjadi sesuatu kecuali dengan izin Allah Swt. Baik berupa musibah maupun nikmat. Walaupun bergabung jin dan manusia seluruhnya untuk mencelakakan kita, demi Allah tidak akan jatuh satu helai rambut pun tanpa izin-Nya. Begitu pun sebaliknya, walaupun bergabung jin dan manusia menjanjikan akan menolong atau memberi sesuatu, tidak pernah akan datang satu sen pun tanpa izin-Nya. Mati-matian kita ikhtiar dan meminta bantuan siapapun, tanpa izin-Nya tak akan pernah terjadi yang kita harapkan. Maka, sebodoh-bodoh kita adalah orang yang paling berharap dan takut kepada selain Allah Swt. Itulah biang kesengsaraan dan biang menjauhnya pertolongan Allah Swt. Ketahuilah, makhluk itu “La haula wala quwata illa billahil’ aliyyil ‘ azhim” tiada daya dan tiada upaya kecuali pertolongan Allah Yang MahaAgung. Asal kita hanyalah dari setetes sperma, ujungnya jadi bangkai, ke mana-mana membawa kotoran. Allah menjanjikan dalam Surah Al-Thalaq ayat 2 dan 3, “Barang siapa yang bersungguh-sungguh mendekati Allah (bertaqwa), niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar bagi setiap urusannya, dan akan diberi rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakal hanya kepada Allah, niscaya akan dicukupi segala kebutuhannya.” (by. adenjamaludin73 )

17 komentar:

Unknown mengatakan...

Pernah juga si kluarga saya difitnah lewat fb ama twitter, mencemarkan banget...
ga tau siapa orangnya, kayaknya si pake akun palsu...
terpaksa banget beli software hack facebook & twitter di www.TERLACAK.com buat ngehackin akun yg ngefitnah itu...
eh setelah dapet softwarenya & tau passwordnya, saya buka pesan masuk fbnya, ada inbok tuker2an nomor hp sama cewek...
iseng2 saya cek tu nomor, eh ternyata nomor sodara saya sendiri...
sodara penghianat...

heru_anto mengatakan...

Mba ainun selasari ...iya serem juga dgn fitnah dan zhalim yang sabar dan serahkan sama AllahSwt...semoga orang yg telah melakukan itu dapat balasan langsung dari Allah Swt ya...Aamiin dan admin terimakasih atas komennya ok! tetap mampir di blog ini terus ya...

Yg terdholimi lahir batin mengatakan...

Saya di fitnah dan di kejar2 troz mau di bunuh pdhl sy tdk prnah melakukan apa yg difitnahkn ke sy,smpai skrng pun te2p di kejar2 bhkan rumah sy mau di masuki oleh mereka,sy tdk dpt bkerja & tdk dpt mencukupi anak istri sy,,
Sudah berselang 1thun ini,mohon do'anya agar sy dpt menemukn kecerahan di kehidupan sy, amin

Yg terdholimi lahir batin mengatakan...

Saya di fitnah dan di kejar2 troz mau di bunuh pdhl sy tdk prnah melakukan apa yg difitnahkn ke sy,smpai skrng pun te2p di kejar2 bhkan rumah sy mau di masuki oleh mereka,sy tdk dpt bkerja & tdk dpt mencukupi anak istri sy,,
Sudah berselang 1thun ini,mohon do'anya agar sy dpt menemukn kecerahan di kehidupan sy, amin

Anonim mengatakan...

Nasib kita sama

Unknown mengatakan...

Makasi mas udah share artikel ini. Sangat membantu dan melegakan hati saya. Kebetulan saya juga dizalimi dan difitnah oleh teman saya. Selain itu ybs juga suka meneror dan mengancam saya beserta keluarga saya. Semoga ybs diberi hidayah oleh Allah SWT. Amiin

Unknown mengatakan...

Saat ini saya sedang merasa ditipu..saya meng over kredit motor tapi orang yang bersangkutan tidak membayar bayar ke pihak pembiyaan tsb..jadi saya yang di uber2 oleh dept kolektornya..saya stress dan pusing...mohon pencerahannya..dan doanya

DWI "I am a muslimah" mengatakan...

Syukton utk artikelx. Jd penenang hati ini. Sy juga difitnah dan dizalimi secara batin dgn mengejek dan mengatai2 sm tmn kntr. Pdhl sdh pernah diklarifkasi mslshnya. Tp mereka suami isteri ttp memfitnah sy dgn tuduhan yg keji. Smg Allah memberikan hidayah dan membuka tabir dr fitnahan ini

DWI "I am a muslimah" mengatakan...

Syukton utk artikelx. Jd penenang hati ini. Sy juga difitnah dan dizalimi secara batin dgn mengejek dan mengatai2 sm tmn kntr. Pdhl sdh pernah diklarifkasi mslshnya. Tp mereka suami isteri ttp memfitnah sy dgn tuduhan yg keji. Smg Allah memberikan hidayah dan membuka tabir dr fitnahan ini

Hamba Allah mengatakan...

Assalamualaikum
syukron atas artikel nya, saya dan keluarga di fitnah memeras uang sebesar 50juta , asstaghfirullah padahal saya dan kelauarga saya tidak pernah sepeserpun menerima uang tersebut, smapai2 saya sering di cibiri makan uang haram, sungguh tuduhan yg keji,

Unknown mengatakan...

Bagaimana kalo yg memfitnah itu suami sendiri dan itu sudah kali kedua dia melakukan fitnah pada saya

Unknown mengatakan...

Bagaimana kalo yg memfitnah itu suami sendiri dan itu sudah kali kedua dia melakukan fitnah pada saya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Berdagang adalah mata pencaharian saya, suatu saat di sebelah tempat saya jualan ada yang menyamai jualan saya. Tapi saya tidak ambil pusing dan tak menghiraukan nya. Tapi lama kelamaan saya mulai di fitnah dan di jelek jelekan oleh orang tersebut. Kejam memang fitnah dia, saya di dholimi. Sampai detik ini pun dia masih di sibukkan dengan memfitnahku. Aku tau semua itu dari pelanggan ku yang beli di tempat orang itu ketika aku libur tak berjualan. Saya berusaha sabar dan ikhlas menerima fitnah ini. Biar Alloh yang membalas semua fitnah keji itu

Unknown mengatakan...

Saya difitnah bapa tiri mertua,pikiran ibu mertua saya udah dipenuhi fitnahan bpa tiri mertua itu,dituduh anak dlm kndungn saya bukan anak suamiku,dibilang aku dajjal,mlahan nyuruh suamiku buat cerai in .....sangat keji..
Semua akal2n dia biar nutupin yg asalnya udah nyentuh2 anggota sensitifku disaat aku lemah stngah sadar,pura2 nyembuhin aku tp giliran sepi meraba2,,disini udah jelas dimna yg pntas dsbut dajjal.singkt cerita
Dan sampe skrng ibu mertua udh ga anggp sbgai saya menantunya dan clon dede bayiny krna udh dihsut bpa mertua tiri itu
Sangat keji fitnahny..saya ga pnya bukti kuat untuk mmbuktikn smuanya,,hanya allah lah yg bisa membantu saya.. dan minta doanya semoga clon dede bayi dlm kndungnku sehat trs dan tiba saatny keluar smoga lancar smuanya
Mskipun pedih aku jalani dngn sabar.

Unknown mengatakan...

ayah saya difitnah & dijebak orang...
saya tdk tahu apa yg harus saya lakukan.. saya hanya bs menangis kpd Allah SWT..terlebih lg saya tdk bs menerima ortu saya disakiti..
rasa sakit hati saya begitu sangat dalam...
hanya bs berdoa dan tawakal kpd Allah..

Unknown mengatakan...

Isi nya melegakan hati.. Masya Allah.. Semoga bisa menyembuhkan sesak nya hati ini krn fitnah.. Mudahkan lah melapangkan hati ini yaa Allah..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution