Kamis, 27 September 2012

Jagalah Akhlak Mu Wahai Wanita

Keagungan Wanita dalam Islam

Saudariku yang semoga dirahmati Allah, sudah tak asing terdengar di telinga kita bahwa akhlak wanita akan menjadi kunci kebaikan umat. Peran & partisipasi wanita adalah suatu hal yang sangat penting. Wanita laksana pedang bermata dua, jika ia baik & menunaikan tugas-tugas utamanya sesuai dengan yang Allah gariskan maka ia bagaikan batu-bata yang baik bagi bangunan masyarakat Islam.


Namun jika ia telah menyimpang dari syari’at yang Allah tetapkan, maka ia ibarat pedang yang akan merusak & menghancurkan umat. Musuh-musuh Islam sangat paham bahwa peran wanita muslimah sangat penting dlm membangun masyarakat Islam. Oleh karena itu, mereka selalu berusaha menyerang Islam melalui kaum wanitanya.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menghancurkan wanita muslimah melalui emansipasi. Mereka menamakan emansipasi sebagai gerakan yang membebaskan wanita dari kezhaliman & untuk memenuhi hak-hak mereka secara adil (menurut mereka) dengan slogan toleransi, kebebasan wanita, persamaan gender, & sebagainya.

Namun ketahuilah wahai Saudariku, emansipasi tumbuh dari sistem sekuler yang memisahkan antara kehidupan & nilai agama. Mereka menginginkan wanita menjadi pesaing bagi laki-laki & memperebutkan kedudukan dengan kaum laki-laki. Wanita dalam konsep mereka ibarat barang dagangan yang dipajang di etalase, yang siap dijadikan tontonan bagi para hamba syahwat & menjadi budak nafsu mereka. Na`udzubillah, mereka juga berusaha menjauhkan wanita dari hijab & rumah-rumah mereka, mengabaikan pengasuhan anak dengan mengatakan bahwa mengasuh anak tak mendatangkan materi, membunuh kreatifitas & menghambat potensi sumber daya manusia kaum wanita.

Coba kita perhatikan, betapa menyedihkannya pemikiran mereka ini yang memandang baik buruknya kehidupan dari sudut pandang materi. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dengan syubhat-syubhat (kerancuan) yang mereka lontarkan. Mungkin secara sepintas, wacana emansipasi mampu menjawab problematika wanita & mengangkat harkatnya tapi tidaklah mungkin itu diraih dengan mengorbankan kehormatan & harga diri wanita.
Sungguh, tak akan bisa disatukan antara yang haq dengan yang bathil. Mereka tidaklah ingin membebaskan wanita dari kezhaliman tetapi sesungguhnya merekalah yang ingin bebas menzhalimi wanita.
Wanita Dalam Islam

Islam benar-benar memperhatikan peran wanita muslimah, karena di balik peran mereka inilah lahir pahlawan & pemimpin agung yang mengisi dunia dengan hikmah & keadilan. Wanita begitu dijunjung & dihargai perannya baik ketika menjadi seorang anak, ibu, istri, kerabat, atau bahkan orang lain. Saat menjadi anak, kelahiran anak wanita merupakan sebuah kenikmatan agung, Islam memerintahkan untuk mendidiknya & akan memberikan balasan yang besar sebagaimana dalam hadits riwayat `Uqbah bin ‘Amir bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,

Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak wanita lalu bersabar menghadapi mereka & memberi mereka pakaian dari hasil usahanya maka mereka akan menjadi penolong baginya dari neraka.” (HR. Ibnu Majah: 3669, Bukhori dlm “Adabul Mufrod”: 76, & Ahmad: 4/154 dgn sanad shahih, lihat “Ash-Shahihah: 294).

Ketika menjadi seorang ibu, seorang anak diwajibkan untuk berbakti kepadanya, berbuat baik kepadanya, & dilarang menyakitinya. Bahkan perintah berbuat baik kepada ibu disebutkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak tiga kali baru kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan perintah untuk berbuat baik kepada ayah.

Dari Abu Hurairah berkata,
“Datang seseorang kepada Rasulullah lalu bertanya, ‘Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak untuk  menerima perbuatan baik dari saya?’ Rasulullah menjawab, ‘Ibumu,’ dia bertanya lagi, ‘Lalu siapa?’ Rasulullah menjawab, ‘Ibumu,’ dia bertanya lagi, ‘Lalu siapa?’ Rasulullah kembali menjawab, ‘Ibumu,’ lalu dia bertanya lagi, ‘Lalu siapa?’ Rasulullah menjawab, ‘Bapakmu.’” (HR. Bukhori: 5971, Muslim: 2548)
Begitu pun ketika menjadi seorang istri, Islam begitu memperhatikan hak-hak wanita sebagaimana disebutkan dlm surat An-Nisa’ ayat-19 yang artinya:
“…Dan pergaulilah mereka (para istri) dgn cara yang baik…”

Dan saat wanita menjadi kerabat atau orang lain pun Islam tetap memerintahkan utk mengagungkan & menghormatinya. Banyaknya pembahasan tentang wanita di dalam Al-Qur’an & As-Sunnah menunjukkan kemuliaan mereka. Karena sesuatu yang banyak dibahas & mendapat banyak perhatian tentunya adalah sesuatu yang penting & mulia. Lalu masih adakah yang berani mengatakan bahwa Islam menzhalimi wanita?!
Wahai saudariku, demikianlah syari’at Islam menempatkan wanita di singgasana kemuliaan.

Adapun di zaman sekarang, kenyataan yang terjadi di masyarakat sungguh jauh dari itu semua. Penyebabnya tak lain adalah karena jauhnya umat Islam dari pemahaman yang benar terhadap agama mereka. Seringkali ada orang yang menjadikan kesalahan orang lain sebagai hujjah (argumentasi) baginya untuk turut berbuat kesalahan yang sama.
Terkadang pula orang-orang menilai syari’at Islam dari perilaku orang-orang yang menyatakan bahwa mereka beragama Islam, namun pada hakekatnya perilaku mereka belumlah menggambarkan yang demikian.
Oleh karena itu wahai Saudariku, janganlah menjadikan perilaku manusia sebagai dalil. Jadikanlah Al-Qur`an & Sunnah dengan pemahaman para shahabat sebagai petunjuk bagi kita. Sungguh kita berlindung kepada Allah dari butanya hati & akal dari kebenaran.

Wallahul musta’an.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution