Rabu, 12 September 2012

Mengatasi Kemiskinan Dalam Islam

7 Sumber Pengentasan Kemiskinan

KEMISKINAN itu dekat dengan kekufuran, oleh karenanya dalam salah satu do’a pagi dan petang yang dicontohkan -do’a berlindung dari kemiskinan/kefakiran itu dirangkai dengan do’a berlindung dari kekufuran. Bukan hanya do’a saja, Islam memberi begitu banyak jalan konkrit untuk menjadi sumber pengentasan kemiskinan ini. Berikut saya sarikan 7 diantaranya, saya yakin ada yang bisa kita lakukan.


1. Kerja

Kerja adalah cara yang paling efektif dan elegan untuk mengentaskan kemiskinan. Orang yang bekerja dan oleh karenanya menerima penghasilan dari pekerjaan tersebut akan terbebas dari meminta-minta dan ketergantungan terhadap orang lain. Bukan hanya bagi orang yang bekerja itu sendiri yang terbebas dari kemiskinan tetapi juga anggota keluarganya dan bahkan juga kerabat dekatnya.

Menciptakan lapangan kerja yang halal,  yang baik dan yang berkelanjutan insyaallah akan menjadi amal shaleh pengentasan kemiskinan yang utama.

2. Tanggung Jawab Kerabat Dekat


Banyak ayat yang menekankan tanggung jawab kita terhadap kerabat dekat dan orang miskin di sekitar kita seperti “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan…”(QS 17 :26).

Menolong keluarga dekat ini bahkan insyaallah dapat mendatangkan dua pahala sekaligus yaitu pahala sedekah dan menyambungkan silaturahim. Kalau masing-masing orang yang relatif mampu menolong keluarga dekatnya yang kurang mampu, maka kemiskinan itu sudah  akan banyak berkurang.

3. Zakat
Banyak sekali sumber-sumber zakat mulai zakat maal , zakat profesi, zakat tanaman, zakat ternak sampai zakat fitrah yang apabila diefektifkan penarikan dan penyalurannya akan menjadi sumber pengentasan kemiskinan yang sangat memadai.

Lebih-lebih karena persentase zakat ini cukup besar terhadap turn-over suatu system perekonomian. Mulai dari 2.5 % untuk barang dagangan sampai 10 % bagi zakat hasil pertanian yang tidak menggunakan irigasi teknis.

4. Tanggung Jawab Para Pemimpin


Negara memiliki berbagai pendapatan dan oleh karenanya para pemimpin negara tersebut bertanggung jawab terhadap rakyat yang dipimpinnya. Dasarnya antara lain adalah ayat “Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnusabil, …” (QS 8 :41) dan beberapa ayat lain yang senada.

Tetapi bukan hanya pemimpin negara yang bertanggung jawab terhadap rakyat yang dipimpinnya, masing-masing kita juga menjadi pemimpin dalam kapasitas kita masing-maing dan kita akan dimintai pertanggung jawaban terhadap kepemimpinan kita. Tanggung jawab terhadap orang-orang dalam ruang lingkup kepemimpinan kita inilah yang juga dapat menjadi sumber pengentasan kemiskinan itu.

5. Pemenuhan Kewajiban-kewajiban Tertentu


Di luar zakat, kita memiliki banyak kewajiban yang juga dapat menjadi sumber pengentasan kemiskinan. Lihatlah misalnya di ayat berikut, betapa luas tanggung jawab kita itu : “… Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu...” (QS 4 : 36)

Untuk tetangga bahkan ada tanggung jawab lebih yang terkait langsung dengan keimanan kita sebagaimana hadits shahih yang berbunyi : “ Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah menghormati tetangganya…”. Juga hadits lain yang berbunyi “Tidaklah beriman barang siapa yang kenyang dan tetangganya lapar sedangkan dia mengetahui…”.

Bayangkan bila masing-masing kita memperhatikan dan memuliakan sampai tetangga yang dekat dan yang jauh-tidak ada diantara mereka yang lapar ketika kita kenyang, kemiskinan pasti lebih mudah diatasi.

6.  Pelaksanaan Ibadah-ibadah Tertentu

Bahkan ketika kita orang Islam melaksanakan tuntunan ibadah-ibadah tertentu-pun, itu bisa menjadi sumber pengentasan kemiskinan. Ketika kita memotong hewan qurban-dagingnya untuk orang miskin, ketika kita tidak melaksanakan nadzar dendanya memberi makan orang miskin, ketika orang tua kita sakit tua sehingga  tidak bisa berpuasa-fidyahnya adalah memberi makan orang miskin . dlsb. dlsb.

7.  Amalan Diluar Yang Wajib

Diluar sumber-sumber yang sifatnya keharusan atau kewajiban tersebut di atas, umat Islam juga didorong untuk berbuat maksimal dalam mengentaskan kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

Ayat berikut misalnya menggambarkan betapa Allah menghargai dan memberi pahala yang berlipat untuk amalan seperti ini : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS 2 : 261)

Dengan begitu banyaknya jalan untuk mengentaskan kemiskinan, insyaallah beberapa diantaranya pasti kita bisa aktif terlibat didalamnya-yang dibutuhkan tinggallah melaksanakan mulai dari yang kita bisa, just do it !. InsyaAllah


Oleh : Muhaimin Iqbal  

Penulis adalah Direktur Gerai Dinar, kolumnis hidayatullah.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga kita semua terhindar dari kemiskinan

heru_anto mengatakan...

Aamiin Ya Allah.....terimakasih Doanya buat nobelkurniadi ya...mohon maaf jika balasan komen sangat telat, semua karena kesalahan saya ..oke tetap semangat dan positif terus!

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution