Rabu, 26 Oktober 2016

Orang yang Sensitif

5 Cara Mudah Menghadapi Tipe Teman yang Sensitif

Sobat semua pasti dong memiliki banyak teman di lingkungannya, baik itu di pekerjaan sekolah, kuliah atau lingkungan. Nah biasanya sifat teman ini datang dari berbagai karakter, ada yang supel, humoris, pendiam atau bahkan yang sensitif terhadap perasaan. Nah untuk tipe teman yang terakhir ini ya yakni sensitif, kamu perlu memiliki perlakuan khusus agar temanmu tidak gampang emosi atau mudah marah.


Lalu hal-hal seperti apakah yang dapat dilakukan dalam cara menghadapi tipe teman yang sensitif (emosional/mudah marah). Simak ulasan di bawah ini.

1. Menghormati (Respect)
Mungkin kamu bisa ngocol atau bercanda berlebihan dengan tipe teman yang supel dan suka humor namun hal tersebut tidak bisa dilakukan pada tipe teman yang sensitif. Orang yang sensitif memiliki rasa emosional yang tinggi, sikap yang kita anggap wajar bisa saja ditafsirkan berbeda oleh orang sensitif. So, hati-hatilah dalam bersikap sama orang yang sensitif mereka lebih perasaan di banding orang biasa.

2. Pendekatan yang Berbeda
Jika selama ini kamu selalu melakukan pendekatan yang agresif sama teman yang supel/humoris, maka untuk teman yang sensitif kamu harus menggunakan cara pendekatan yang berbeda. Seperti lebih berbicara by personal dan jangan memaksa mereka untuk mengeluarkan apa yang mereka punya jika mereka merasa keberatan.

3. Masukan yang Sabar dan Bijaksana
Orang yang sensitif ini gak bisa dikerasin sob, semakin dikerasin maka akan semakin sensitiflah ia. Untuk itu jika ingin menyampaikan beberapa hal kepada dia cobalah untuk menyampaikannya secara sabar dan bijaksana. Orang sensitif biasanya luluh dengan pembawaan kita yang sabar dan bijaksana karena ia akan merasa aman dan menganggap orang tersebut bukan ‘ancaman’ baginya.

4. Berikan Rasa Aman
Orang sensitif biasa menganggap curiga semua hal dan tidak mudah percaya, untuk mendapatkan relasi yang ideal maka berikan rasa aman bagi mereka dan tunjukan bahwa kamu bukanlah mau merugikan dirinya. Semakin besar rasa aman yang diberikan maka akan semakin percaya juga orang sensitif pada orang tersebut.

5. Bantu Mereka
Percaya deh orang yang sensitif juga dalam hatinya ingin berubah karena kita tau sendiri kan sifatnya yang sensitif membuat dia sedikit memiliki teman akrab yang bisa dipercaya. Untuk itu cobalah jika memang kamu mau untuk mendekatinya dengan apa yang dia suka dan mulai melakukan share dan pendekatan secara pribadi, lakukan hingga ia percaya. Nah, jika ia sudah percaya maka biasanya ia mulai terbuka dan disitulah kamu bisa mulai memberikan masukan-masukan untuknya.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi tipe teman yang sensitif yang bisa sobat semua terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution