Jumat, 09 Desember 2016

Teman di Depan Baik di Belakang Jahat

Kiat Hadapi Teman Bermuka Dua

Sobat, apakah kamu memiliki teman atau sahabat yang suatu saat baik hati didepanmu namun di momen lain dia menunjukkan sifat yang berkebalikan seratus delapan puluh derajat? Kira-kira bagaimana kita harus bersikap dengan teman yang seperti ini, ya? Simak ulasan berikut ini:


1.Sadari bahwa kamu sedang berhadapan dengan orang yang nggak jujur

Sebelumnya, kamu harus sadar dulu sob, bahwa temanmu itu adalah seseorang bermuka dua. Langkah pertamanya adalah dia nggak berkata jujur dan suka bohong. Seseorang seperti ini sih sebaiknya nggak jadi teman dekat kamu. Kalo kamu kepalang berteman dengannya, kamu harus berhati-hati.

2.Bersikap tegas daripada agresif

Kalo kamu ketemu sama orang yang suka ngomongin hal jelek dibelakang tentang kamu, hadapi mereka, tapi jangan sampai pake kekerasan atau emosi. Bersikaplah tegas dan tunjukkan bahwa kamu tahu apa yang dia lakukan dibelakangmu dan sampaikan kalo kamu merasa tersinggung dengan perbuatannya. Ketika kamu menghadapi teman yang bermuka dua, pastikan bahwa kamu punya saksi soal apa yang kamu konfrontasikan, jadi teman bermuka duamu itu tidak bisa memutar balikkan fakta.

3.Tetaplah bersikap sopan

Nah, sob, kalo misalnya kamu sudah membersihkan namamu, tetaplah bersikap sopan pada orang yang ngomongin jelek tentang kamu. Rasa dendam secara emosional tidak sehat dan bisa menyerangmu suatu saat nanti. Bersikap sopan membuatmu menjadi pemenang.

4.Menghindar darinya

Kalo kamu bisa menghindar darinya, lebih baik menghindar, sob. Tapi, kalo teman yang bermuka dua ini adalah teman kerja atau teman sekelas, mungkin itu agak susah, ya. Jadi, lebih baik kamu membatasi hubungan dengannya, kalo dia mulai ngomong yang jelek tentang orang lain, katakan dengan sopan, bahwa kamu tidak tertarik dengan pembicaraan semacam itu.

5.Jangan bocor

Nah, jika kamu terpaksa berdekatan dengan teman bermuka dua, hati-hati ketika kamu tahu rahasia seseorang, jangan sampai jadi orang yang bocor. Karena orang yang bermuka dua biasanya tidak bisa menjaga rahasia dan menjadikan rahasia orang sebagai alat untuk menyerang orang lain.

6.Tahan emosi

Tahan emosimu, sob, jangan turuti nafsumu untuk balik membicarakan kejelekan temanmu itu. Karena kalo kamu berbuat seperti itu, kamu sama saja seperti dia. Kamu nggak perlu jadi jahat juga untuk membalas perbuatan temanmu yang bermuka dua. Jadilah orang yang jujur, kalem, dan sopan ketika memperlakukan mereka, dengan begitu kamu sudah jadi orang yang lebih baik.

7.Hindari sharing ide, target, atau pendapat dengannya

Kalo teman bermuka dua ini adalah teman kerja, lebih baik kamu tidak sharing ide, tujuan, atau pendapat dengannya. Karena orang bermuka dua bisa banget ngambil ide orang lain untuk kepentingannya. Kalo kamu nggak percaya sama dia, mending jaga baik-baik ide-idemu dan share hanya dengan orang yang kamu percaya.

8.Nggak usah diambil hati

Kalo dia doyan ngomong yang jelek-jelek tentangmu, nggak usah diambil hati, sob. Toh, hal jelek yang dia omongin nggak bener. Mereka ngomong yang jelek-jelek tentang kamu karena memang sifat mereka begitu. Jangan jadi pengecut yang malah bikin kamu jadi bermuka dua ya, sob. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah tetap bersikap baik dan lakukan hal yang benar sehingga teman bermuka dua itu tidak melakukan perbuatan buruknya lagi pada orang lain.


Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution