Jumat, 21 Februari 2014

3 Sikap yang Menyakiti

Sikap Terhadap Orang yang Menyakiti

Setidaknya ada 3 sikap seseorang terhadap orang lain yang telah menyakitinya, dan ini menunjukkan level kualitas orang tersebut,

yaitu;

Level 3.
 
◦ Marah, Dendam dan Berusaha Membalasnya.

Inilah sikap yang diambil oleh kebanyakan orang ketika dia disakiti. Marah, emosi, jengkel, dendam dan sebisa mungkin membalas perlakuan yang dia terima dengan pembala...san yang setimpal.

‘‘...Orang kuat bukanlah orang yang menang bergulat, tetapi yang disebut orang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya pada saat marah...’’ (HR. Bukhari dan Muslim)

Level 2.
 
◦ Bersabar dan Mendiamkannya.

Ini level yang lebih tinggi dari level sebelumnya. Daripada urusan yang berkepanjangan, type ini memilih untuk mengalah. Walaupun disakiti, didhalimi bahkan difitnah, mereka memilih untuk nerimo, mendiamkannya dan terus berusaha bersabar.

‘‘...Dan jika memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang² yang sabar...’’ (TQS An-Nahl : 126)

Level 1.

◦ Memaafkan dan Memperlakukannya Dengan Baik.

Inilah level tertinggi dari sikap seseorang kepada mereka yang telah menyakiti. Mendo`akannya dan bahkan membalasnya dengan kebaikan ke orang yang telah memperlakukan buruk adalah sikap yang sangat istimewa, sangat jarang orang yang mampu melakukannya.

Masih ingatkah Anda kisah Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam yang rajin menyuapi wanita tua yahudi yang buta, yang setiap kali beliau Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam menyuapinya. Dan mulut si wanita yahudi tersebut takhenti hentinya mencaci maki dan memfitnah Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam !? Akan tetapi, Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam memilih terus berbuat baik padanya !!

Masih ingatkah kita Kisah Malaikat Jibril yang ‘‘Geregetan’’ ketika penduduk Thaif melempari Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam dengan batu ketika didakwahi !? Sampai Malaikat Jibril menawarkan menimpakan gunung pada mereka, Akan tetapi Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam justru memilih mendo`akan kebaikan untuk mereka.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution