Jumat, 21 Februari 2014

Tujuan Hidup Kita

 
APA TUJUAN DAN TUGAS HIDUP MANUSIA DI BUMI INI MENURUT ALLAH?

Apa tujuan & tugas hidup manusia diciptakan oleh ALLAH” yang tertulis dalam Al Quran Nur Karim. Sebagai buku pedoman hidup manusia. 
Setiap manusia haruslah mengetahui siapa dirinya, kenapa dia dilahirkan, dan apa tujuan dan tugas-tugas hidupnya, berapa lama dia bisa hidup di dunia ini, dan kemana dia pergi setelah meninggalkan dunia ini?
.
Kalau manusia tidak bisa menjawab dengan benar, maka hidupnya seperti manusia yang hidup di hutan-hutan yang menutup auratnya dengan daun daunan. Mereka tidak berilmu.

Mereka tidak tahu tujuan & tugas hidupnya. Mereka menjalankan hidup seperti binatang saja yaitu kawin, beranak, dan kalau sudah dewasa anak di kawinkan lagi demikian seturusnya dan terakhir meninggal dunia.

Orang orang yang tinggal di kota pun banyak yang tidak mengetahui tujuan hidupnya. Ada yang mengatakan untuk mencari hidup yang bahagia, berkeluarga serta membesarkan dan mendidik anak-anak.

Mencari hidup yang bahagia juga bermacam macam;

ada yang bertapa, berzikir berjam jam di kamar yang gelap,ada yang hidup sederhana, ada yang mencari uang untuk memenuhi keinginannya, dan lain-lain.

Apakah tujuan hidup mencari bahagia menuntut ALLAH? Jawabannya adalah tidak.

tujuan hidup manusia dijelaskan dalam :

... dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. ( QS. Adzdzariyat :56)

Asbabun Nuzul surat Adz-Dzâriyât ayat 56 tersebut di atas berkaitan dengan kewajiban manusia sebagai hamba Allah untuk selalu beribadah kepada-Nya sesuai dengan kemampuannya.

Jadi, diciptakannya manusia di dunia ini adalah sebagai hamba Allah yang bertugas untuk senantiasa beribadah kepada-Nya.

Sebagai hamba Allah, manusia diwajibkan beribadah kepada penciptanya, dalam arti selalu tunduk dan taat perintah-Nya guna mengesakan dan mengenal-Nya sesuai dengan petunjuk yang telah diberikannya..

Beribadah kepada ALLAH bukanlah menyembah ALLAH saja, bukan menjalankan rukun islam yang lima saja, dan berbuat kebajikan saja, tetapi maknanya jauh dari itu.

Kalau diartikan seperti diatas ini, maka kita lihat hasilnya adalah masarakat yang tidak produktif alias miskin. Sangat menyedihkan bukan? Beribadah kepada ALLAH SWT artinya mengabdi atau bekerja untuk ALLAH dengan sungguh-sungguh

ALLAH adalah Raja di Raja di bumi dan dilangit ini. Sebagai hamba-hamba atau pekerja-pekerja (karyawan-karyawan) ALLAH, maka manusia seharusnya patuh dan taat mengikuti semua peraturan-peraturan ALLAH bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berkerja di dunia ini.

Semua peraturan-peraturan ALLAH itu tertulis dalam kitab-kitab sucinya; Taurat,injil dan AL Quran. Al Quran adalah buku pedoman hidup manusia yang terakir, dan sempurna.

Kita sudah tahu apa tujuan hidup kita yaitu mengabdi atau bekerja untuk ALLAH.

kita lihat pula dalam AL Quran, apakah tugas-tugas hidup manusia di bumi ini sebagi pekerja-pekerja dari ALLAH?

Inilah perintah ALLAH itu.

- Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi”. (QS. Faathi : 39.)

- Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini( Al Baqoroh : 30 )

Kesimpulan:

Jadi, tujuan hidup kita yaitu mengabdi atau bekerja untuk ALLAH guna mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat dengan melalui ridha-Nya.

Demikianlah ALLAH memberitahukan, apa tujuan hidup manusia di bumi ini menurut ALLAH yang menciptakan manusia, sebagaimana yang telah dikemukakan dalam ayat-ayat dalam Pembahasan.

1.( QS.Ar Rahman - 51) :
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah(bekerja) kepada-Ku”

Tugas hidup manusia di ciptakan oleh ALLAH sebagi berikut dibawah ini:

2. (QS. Hud : 61). ;
Dialah yang telah menciptakan kamu dari bumi (tanah), dan menjadikan kamu pemakmurnya. (menghuni dan mengolah hasil bumi untuk kemakmuran umat manusia).

3. (QS. Al Hadid :25) :
Dan Kami ciptakan besi (dan perak, emas, almunium tembaga, minyak, dll) yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (untuk di-olah), dan supaya ALLAH mengetahui siapa yang menolong agama Nya (Islam) dan Rasul-rasul padahal Allah tidak dilihatnya.

4 .(QS. Al Mujaadila :11) :
ALLAH akan meninggikan orang orang yang beriman di antara mu dan orang orang yang menuntut ilmu pengetahuan (belajar) beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

5. (QS. Al Baqoroh :30 )
Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi ini”

(QS. Ar Rahman ::39.)
“Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi”.

Demikianlah ALLAH memberitahukan, apa tujuan dan tugas hidup manusia di bumi ini menurut ALLAH yang menciptakan manusia.
.
Mudah-mudahan kita sebagai pekerja-pekerja atau hamba-hamba ALLAH yang baik,yang taat, maka marilah kita perbaharui niat dan tujuan hidup kita semoga kita semua mendapat kasih sayang , kepercaaan dan cinta ALLAH. Semoga hidup yang sekali ini akan sukses dan diberkahi oleh ALLAH.
.
Kalau kita cinta dan takut kepada ALLAH mari kita rajin-rajin belajar dan bekerja untuk mensejahterakan keluarga,masarakat dan umat islam pada umumnya agar umat-umat lain dapat mencontoh cara hidup yang benar dari ALLAH.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution