Selasa, 13 Januari 2015

Memberi Motivasi Karyawan

Motivasi Karyawan Agar Giat Bekerja

Memberikan motivasi karyawan itu sangat penting. Karena dengan motivasi yang tinggi karyawan akan lebih giat bekerja. Untuk itu, baik anda sebagai bos atau pun sebagai karyawan sendiri, ada baiknya untuk selalu motivasi diri


Memiliki motivasi bisa membantu Anda mencapai keberhasilan dalam karir. Tidak hanya untuk pebisnis saja termasuk juga untuk karyawan. Namun, tak sedikit karyawan yang belum mempunyai motivasi tersebut. Bagaimana dengan anda? Apakah Anda salah satu karyawan yang berusaha memotivasi? 

Bagaimana kiat menjadi atasan yang bisa memotivasi karyawannya? Berikut ini adalah cara memberikan motivasi karyawan seperti dikutip dari Forbes. yaitu : 

1. Menjadi atasan yang Dapat Dipercaya 

Jadilah atasan yang dapat dipercaya. Seorang pemimpin yang memperlakukan para karyawannya dengan layak dan selalu mendukung para karyawannya, bisa dipercaya dan dapat memotivasi karyawannya tersebut untuk memenuhi harapan perusahaan. Menjadi pemimpin yang bersifat terbuka dengan bawahannya juga bisa memicu mereka untuk berhasil. 

2. Mengakui pekerjaan karyawan 

Mengakui pekerjaan yang dilakukan karyawan termasuk cara memberikan motivasi karyawan. Dengan cara ini, pekerjanya pun akan berusaha untuk bisa bekerja lebih baik lagi, baik itu untuk mencoba hal yang baru atau meningkatkan keterampilan yang ada. 

3. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk meningkatan Karir 

Dengan memberikan kesempatan karyawan untuk meningkatkan karir, itu merupakan salah satu faktor yang dapat memotivasi karyawan. Jadi, berikanlah karyawan kesempatan untuk meningkatkan karir. Buatlah program-program peningkatan karir. 

4. Buatlah Karyawan Bahagia 

Atasan yang baik akan membuat karyawannya bahagia dan puas dengan pekerjaan mereka. Pekerja yang bahagia, juga akan memiliki rasa percaya diri, sehingga mereka bisa menyelesaikan tugasnya dengan lebih baik. Cara membuat karyawan bahagia bisa dengan memberikan bonus atau kejutan pada karyawan. 

5. Kenaikan Gaji Uang 

Tidak diragukan lagi merupakan cara yang terbaik untuk memotivasi siapa saja yang bekerja. Tetapi jika uang tambahan menjadi satu-satunya motivator utama, itu tentu tidak akan bertahan lama. Para pegawai pernah mengatakan usaha terbaik untuk membuat mereka maju, jika pekerjaan menghasilkan beberapa tambahan uang. Lebih dari itu para pegawai merasa harus ada sesuatu yang lebih yaitu perasaan bahwa mereka sedang melakukan pekerjaan penting. 

6. Memberikan rasa Takut 

Menakuti pegawai atau mencoba membuat mereka berada pada keadaan yang paling sulit dengan memarahi atau mengancam, kadang-kadang bisa efektif untuk sementara waktu. Tapi langkah ini lebih banyak kelemahannya. Anda tidak akan memiliki loyalitas pegawai ketika sedang membutuhkan. Karyawan yang takut, bukanlah karyawan yang inovatif. Lebih buruk lagi mereka memilih pindah ke perusahaan lain. Bisa jadi orang yang paling berbakat ini kabur ke perusahaan pesaing Anda. 

7. Mengadakan Kompetisi 

Sebagian tambahan untuk memberikan motivasi karyawan adalah dengan mengadakan kompetisi. Namun, sebaiknya kompetisi ini harus di adakan dengan tepat sebagai langkah untuk memotivasi karyawan saja, karena bisa saja ini malah akan membuat perpecahan sebagai satu tim seharusnya saling membantu untuk mencapai tujuan bersama. 

Pesaing sesungguhnya adalah perusahaan lain. Kompetisi tidak pernah ada di dalam tim Anda sendiri. Dapatkah Anda bekerja lebih cepat daripada orang lain? Dapatkah Anda menjual produk lebih banyak dari yang lain? Dapatkah Anda menyelesaikan panggilan layanan dengan lebih cepat? Semua cara ini terlihat efektif agar karyawan mau bekerja lebih giat, tapi mungkin juga efeknya hanya jangka pendek. Jadi bisa-bisa anda sebagai bos untuk memberikan motivasi kepada karyawannya. 

Itulah beberapa motivasi karyawan yang bisa anda berikan sebagai bos atau pimpinan. 





Semoga bermanfaat,
by

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution