Tips menjalin pertemanan di tempat kerja
Bekerja adalah
kewajiban bagi semua orang di masa usia produktif, karna dengan bekerja
maka akan ada penghasilan yang tentunya akan di pakai untuk memenuhi
kebutuhan sehari-hari dan juga disisihkan sebagai tabungan untuk bisa
dipakai sebagai dana cadangan jika ada pengeluaran tak terduga atau
mendadak atau tabungan juga bisa di pakai untuk membeli sesuatu yang
direncanakan sebelumnya seperti Mobil atau Rumah.
Dalam dunia
kerja banyak sekali yang bisa di pelajari di mulai dari skill atau
keahlian tentang pekerjaan bahkan sampai tentang hubungan sosial yang
menghubungkan pekerja satu dengan yang lainnya dalam satu departemen
atau departemen yang lain, supaya terjalin hubungan yang baik antar
pekerja maupun dengan atasan bahkan dengan pemilik perusahaan.
Sebagai salah satu pekerja atau karyawan yang sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan, banyak karakter teman kerja yang saya temui dari yang polos biasa saja dan mudah bergaul sampai yang sombong dan banyak bicara yang kadang bikin kesal. Dari pengalaman bekerja di beberapa perusahaan saya ingin memberikan beberapa tips dalam menjalin dan menjaga pertemanan dengan rekan kerja.
Sebagai senior tentu sudah lebih dulu tahu tentang situasi dan kondisi lingkungan kerja, maka jika ada karyawan yang baru masuk maka senior sebaiknya:
Sebagai salah satu pekerja atau karyawan yang sudah pernah bekerja di beberapa perusahaan, banyak karakter teman kerja yang saya temui dari yang polos biasa saja dan mudah bergaul sampai yang sombong dan banyak bicara yang kadang bikin kesal. Dari pengalaman bekerja di beberapa perusahaan saya ingin memberikan beberapa tips dalam menjalin dan menjaga pertemanan dengan rekan kerja.
Sebagai senior tentu sudah lebih dulu tahu tentang situasi dan kondisi lingkungan kerja, maka jika ada karyawan yang baru masuk maka senior sebaiknya:
1. Jika belum
kenal maka kenalkan diri supaya yang baru tidak merasa canggung dan bila
perlu bantu juga untuk berkenalan dengan rekan yang lain.
2. Setelah
berkenalan dengan staff yang lain, maka mulailah dengan kenalan lebih
dekat dengan menanyakan nama lengkap, asal dan lain-lain.
3. Perkenalkan pekerjaan jika itu adalah rekan satu tim supaya tidak terlalu lama untuk menguasai pekerjaan.
4. Ajaklah junior makan siang, kenalkan tempat-tempat makan disekitar tempat kerja supaya junior tidak kelaparan.
5. Ngbrolah topik seputar hobi, seperti sepak bola, kalau cowok, fotografi, blogger atau apalah yang penting hobi!
Jika junior
baru masuk ke tempat kerja maka yang harus di lakukan adalah, jangan sok
tahu jangan sombong bahkan SKSD, karena semua itu akan membuatmu tidak
baik di mata seniormu yang sudah duluan ada di perusahaan itu, intinya
adalah jaga sikap tetap sopan santun dan ramah.
Tips berteman
ditempat kerja secara umum mungkin akan lebih mudah dan sederhana jika
semua bisa menjaga sikap dan perasaan, mungkin beberapa tips ini bisa di
terapkan:
1. Selalu SMS artinya Senyum Manis Selalu dan Selalu Memberi Salam baik kepada atasan maupun sesama staff rekan kerja.
2. Menjaga
pembicaraan jangan pernah menyentuh kehidupan pribadi rekan kerja,
intinya ngobrol tentang masalah yang secara umum, misalnya tentang
olahraga, berita politik dan lain-lain
3. Mencari
teman yang memiliki hobi yang sama, karena dengan demikian tentu akan
adan percakapan yang akan nyambung seperti tentang olahraga, fotografi,
blogger, fashion dan lain-lain.
4. Jangan
pernah membahas masalah gaji terutama saat kumpul-kumpul dengan
teman-teman kerja, karena itu sangat bisa untuk memunculkan kecemburuan
sosial, bahkan jangan pernah membangga-banggakan gaji yang di terima
saat ini di depan rekan-rekan kerja.
5. Jangan
terlalu banyak bicara atau sok tahu, tentang sesuatu yang mungkin tidak
diketahui, atau bisa di bilang tong kosong nyaring bunyinya.
6. Jangan
pernah mencuri ide rekan kerja, karna itu sangat bisa membuat rekan
kerjamu kecewa terhadap apa yang dilakukan, mecari prestasi boleh tapi
jangan bunuh kreasi teman!
7. Jika
pertemananmu sebatas di tempat kerja, itu tidak masalah, alangkah
baiknya itu bisa terjadi di tempat kerja atau di luar tempat kerja.
8. Bikin acara kecil-kecilan di luar tempat kerja untuk semakin mengakrabkan. Acaranya bisa diaturlah.
9. Jangan pernah mengejek, menjahili atau menghina dan menyindir rekan kerja.
10. Jangan buang angin dan bersendawa sembarangan.
Mungkin masih
banyak yang bisa dilakukan untuk menjaga pertemanan dengan rekan kerja,
intinya adalah jaga sikap jangan arogan, mungkin kadang terjadi
kesalahan karena tidak sengaja yang membuat rekan kerja tersinggung, apa
lagi yang sengaja membuat rekan kerja tersinggung, mungkin hal diatas
adalah beberapa yang bisa diterapkan jika ini berguna maka gunakanlah
jika menurut anda tidak tepat maka abaikan saja,
terimakasih!
0 komentar:
Posting Komentar