Rabu, 04 November 2015

Jauhkan Iri Hati

Jangan Biarkan Iri Hati Menguasai Diri Kita Ketika Melihat Pencapaian Orang Lain

Rumput tetangga kadang tampak lebih hijau, itu adalah ungkapan yang sering kita dengar. Ungkapan tersebut menggambarkan bagaimana kita terkadang sering melihat pencapaian-pencapaian orang lain dan melupakan apa yang sebenarnya kita punya. Dalam bahasa sederhana, ungkapan tersebut bisa diartikan sebagai iri hati. Sifat iri hati sendiri sering kali datang ketika kita melihat orang lain memiliki sesuatu yang tidak kita miliki.


Manusia bukanlah makhluk yang sempurna dan tidak semua hal yang kita inginkan dapat kita miliki. Itu adalah hal yang mestinya kita pahami agar terhindar dari sifat iri hati. Namun sayang, kita hanyalah manusia dan seringkali kita hanya membiarkan perasaan iri hati menguasai kita. Padahal di saat itulah kita akan mengalami banyak kerugian, diantaranya iri hati dapat membuat kita kehilangan kedamaian dalam hati sebab kita terlampau sibuk melihat orang lain, akibat paling buruknya adalah kita akan merusak hubungan kita dengan orang lain.

Nah, adanya sifat iri dalam diri terkadang timbul karena kita tidak menghargai apa yang kita punya, apa yang kita telah capai. Oleh karena itu, kali ini kita akan mengulas beberapa cara agar kita dapat terhindar dari iri hati yang merusak diri kita tersebut.

1. Lakukan apa yang kamu sukai

Dari pada memusingkan diri dengan melihat orang lain sukses dan kamu masih gagal. Lebih baik kamu lakukan apa saja yang kamu sukai dan nikmatilah hidup. Hal ini akan membuat hatimu lebih tenang apalagi kamu melakukan sesuatu yang kamu sukai dengan cara yang menyenangkan. Sebab rasa iri sering kali timbul karena kamu jarang menikmati apa yang kamu punya dan yang kamu sukai.

2. Jangan dikuasai pikiran

Untuk menghindari rasa iri yang datang kamu harus berusaha untuk menguasai pikiranmu sendiri. Loh maksudnya? Jadi begini, kebiasaan kita adalah terlalu sering berpikir tentang hal-hal yang negatif contohnya tentang kamu yang belum bisa membeli mobil, padahal teman sekantormu telah mempunyai mobil.

Nah, situasi tersebut sering kali melahirkan pemikiran negatif pada diri kita dan tahukah kamu bahwa di saat kamu terlalu membiarkan pemikiran negatif itu datang dan datang lagi, di saat itulah kamu telah dikuasai oleh pikiran kamu sendiri. Jadi, kamu harus mencoba untuk menguasai pikiranmu dengan hal-hal yang positif.

3. Semua orang memiliki kehidupan mereka sendiri

Inilah yang paling penting, kita sering kali melihat kesuksesan orang lain ketika mereka sudah sukses. Padahal kita lupa bahwa setiap orang punya perjalanan panjang dalam meraih sukses. Mereka, orang yang kita anggap sukses juga mengalami pasang-surut dalam meraih kesuksesan.

Nah dari sini kita harus mengubah pandangan kita, jangan melihat seseorang dari apa yang telah kita capai namun lihatlah bagaimana proses yang mereka jalani. Dari sini kita akan memahami bahwa setiap orang punya jalan sendiri-sendiri dalam hidup, tinggal bagaimana kita menyikapinya saja.

4. Jangan cari pengakuan

Sering kali perasaan iri itu timbul karena kita hanya menghabiskan hidup untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Hal inilah yang terkadang membuat kita menjadi khawatir ketika ada orang lain melewati apa yang kita capai sehingga membuat kita sibuk membandingkan diri kita dengan orang lain.


Nah dari hal ini, seharusnya kita menyadari bahwa hidup terlalu panjang buat dihabiskan untuk mengejar pengakuan orang lain. Jadi nikmatilah hidup sebagaimana mestinya.






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution