Senin, 07 Juli 2014

Memilih Pemimpin


Pemimpin yang baik akan berpengaruh terhadap kebaikan bangsa dan negrinya?

Coba perhatikan perkataan Fudhail bin Iyadh rahimahullah ini!

"Seandainya saya memiliki doa yang dikabulkan, saya tidak akan memperuntukkannya kecuali untuk penguasa."
Lalu beliau ditanya : "Wahai Abu Ali (kunyah Fudhail bin Iyadh)!, jelaskanlah hal ini kepada kami!"

Beliau pun menjawab : "Seandainya saya menjadikannya ...untuk penguasa, kemudian mereka menjadi baik, maka bangsa dan negri pun akan menjadi baik."


Dari perkataan ini ada beberapa faidah yang bisa diambil:

1. Pengaruh kebaikan pemimpin terhadap kebaikan rakyatnya. Hal ini tidak bisa dinafikan jika kita bandingkan dengan kepala rumah tangga yang merupakan bentuk miniatur dari sebuah kepemimpinan negara yang tidak kita pungkiri bahwa jika seorang kepala rumah tangga itu baik, maka pengaruhnya akan dirasakan oleh anggota keluarganya. Dan sebagian salaf berkata kepada anaknya : "Sungguh aku akan memperbanyak shalatku, demi kebaikanmu!"

2. Pentingnya mencari atau mengangkat pemimpin yang baik untuk kebaikan rakyatnya!

3. Kekuatan doa dalam melahirkan pemimpin yang baik. Karena semua kebaikan kembali kepada Allah. Dialah yang memberikan kebaikan kepada siapa yang Dia kehendaki dan sebaliknya.

4. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah dalam kondisi masyarakat yang rusak sekalipun. Lihatlah bagaimana Allah mengutus Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam khairul anam (sebaik-baik makhluk) yang membawa penerang di tengah kegelapan masyarakat jahiliyah.


Ya Allah ! Limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami, tunjukilah para pemimpin kami ke jalan yang diridhai-Mu, dan angkatlah diantara hamba-hamba-Mu yang lemah dan berlumuran dosa ini seorang pemimpin yang senantiasa membimbing kami kepada kebaikan Aamiin ya Rabb.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution