Senin, 14 November 2016

Memiliki EQ yang Tinggi

15 Tanda Kalau Kita Memiliki EQ yang Tinggi

Emotional intelligence (EQ) adalah kemampuan untuk mengatur perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain. Hal ini secara enggak langsung menyatakan kalau EQ lebih penting sebagai faktor kesuksesan dibandingkan dengan IQ. Alasannya adalah kemampuan untuk mengatur perasaan seseorang lebih penting daripada hanya menjadi seseorang yang sangat pintar secara akademis.


Menurut penelitian dari seseorang bernama Tony Robbins, ada 15 tanda utama kalau seseorang memiliki EQ yang tinggi. Apa saja sih 15 tanda kalau kita memiliki EQ yang tinggi ini?


1. Kita punya kamus emosi perasaan yang kuat.

Semakin spesifik kita menggunakan sebuah kata untuk menamakan atau menjelaskan emosi perasaan kita, semakin mudah kita mengerti hal yang kita rasakan, yang menyebabkan kondisi emosi kita dan apa yang harus kita lakukan dengan hal itu.


2. Kita penasaran dengan orang yang enggak kita kenal.

Orang yang memiliki EQ tinggi biasanya penasaran dengan semua orang di sekitar mereka. Faktanya, orang yang biasanya menanyakan banyak hal setelah mereka dikenalkan dengan seseorang, adalah orang yang penyayang dan peka terhadap kebutuhan orang lain dibandingkan dengan orang yang enggak ingin tau banyak hal tentang orang lain.

3. Kita enggak takut dengan perubahan.

Salah satu keunggulan lain bagi orang yang memiliki EQ tinggi adalah kemampuannya untuk beradaptasi dan menanggapi perubahan dengan cepat. Kalau kamu mengekspektasi sebuah perubahan dan sudah memiliki rencana tentang apa yang akan kamu lakukan setelah perubahan itu terjadi, itu salah satu tanda kalau kamu memiliki EQ yang tinggi.


4. Mengetahui dan mengakui kelebihan serta kekurangan mereka.
Orang dengan EQ yang tinggi mengetahui kemampuan mereka, mereka tau hal hal yang mereka bisa dan yang mereka enggak ahli. Mereka enggak begitu saja menerima hal ini tapi memelajari hal hal yang membuat mereka sukses. Mereka menggunakan keunggulannya secara maksimal untuk membuat kekurangannya terlihat sebagai hal yang enggak begitu berarti.


5. Mengerti perasaan orang lain

Orang yang memiliki tingkat EQ yang tinggi selalu mengerti apa yang orang lain mungkin rasakan dan pikirkan. Jadi kalau kamu bisa membaca orang seperti buku yang terbuka, kamu mungkin salah satunya.

6. Kita sulit dijatuhkan tapi enggak mendendam.

Bisa menanggapi hal hal negatif dalam hidup dengan positif adalah bagian penting dari memiliki tingkat EQ yang baik. Orang dengan EQ yang tinggi bahkan bisa menertawai dirinya sendiri dan enggak membiarkan situasi sulit menjatuhkan mental mereka.

7. Mampu mengontrol diri.

Kalau kamu bisa meyimpan pemikiranmu untuk dirimu sendiri demi menghindari argumen dan enggak sembarangan mengambil langkah, kamu menunjukkan sikap sikap yang dimiliki oleh mereka yang memiliki EQ tinggi. Orang dengan EQ yang tinggi selalu tau waktu yang tepat untuk mengatakan “tidak” dan jarang beralasan dengan mengatakan “aku rasa aku enggak bisa” atau “aku enggak yakin bisa”.

Mengubah Hal Negatif Menjadi Positif


8. Enggak khawatir atau takut akan membuat kesalahan dan membuang jauh pikiran negatif.

Orang dengan tingkat EQ yang tinggi enggak terjebak kesalahan masa lalu dan enggak membiarkan kesalahan mereka memengaruhi mereka dengan negatif. Mereka melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk berkembang dan mengubah kegagalan menjadi pembelajaran positif untuk masa depan.



9. Memberi dan enggak mengharapkan balasan.

Orang orang ber EQ tinggi menghargai hubungan yang kuat dan melakukan yang terbaik untuk membuat orang yang mereka cintai, bahagia. Itulah alasan mereka senang memberikan hadian dan enggak mengharapkan balasan.



10. Hindari orang orang negatif.

Kalau kamu bisa mengatur interaksi kamu dengan orang orang yang menyulitkan, kamu mungkin adalah orang dengan EQ yang tinggi. Mereka enggak membiarkan diri merek frustasi atau marah saat mereka berurusan dengan orang yang enggak baik. Mereka selalu menjaga perasaan mereka dan menolong orang dalam situasi sulit dan genting.



11. Enggak mencari kesempurnaan.

Orang dengan EQ yang tinggi enggak mengharapkan kesempurnaan sebagai tujuan mereka, karena mereka sadar kalau kesempurnaan itu enggak ada. Mereka enggak menyerah kalau ada hal yang salah dan enggak pernah berpikir kalau mereka enggak bisa meraih sesuatu.



12. Menghargai dan mensyukuri setiap hal.

Orang orang dengan EQ yang tinggi tau kalau banyak hal yang perlu disyukuri setiap saatnya dan mereka enggak lupa untuk berterimakasih kepada sang pencipta. Kebiasaan ini meningkatkan semangat, mood, serta energi dan kesehatan.



13. Tahu bagaimana untuk santai.

Membuat tubuh bekerja tanpa beristirahat hanya akan membuat kita jadi kurang produktif dan lebih stres. Jadi, pastikan kamu menyempatkan diri untuk beristirahat di setiap saat sedang belajar atau mengerjakan sesuatu, enggak peduli betapa sibuknya kamu.



14. Kita membatasi jumlah kafein yang dikonsumsi dan tidur dengan cukup.

Orang dengan EQ yang tinggi tau kalau kurang tidur dan kebanyakan minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dapat meningkatkan kegugupan, kelelahan, dan membuat kita jadi lebih mudah marah. Karena itulah mereka enggak pernah meragui kebutuhan tidur cukup pada malam hari. Karena tidur adalah cara bagi tubuh untuk menyegarkan pikiran dan menyiapkan kita untuk pengalaman, memori dan tantangan baru esok hari.



15. Enggak membiarkan siapapun merusak hari kita.

Orang dengan tingkat EQ yang tinggi memiliki kontrol utama atas kebahagiaan mereka. Kalau mereka menyukai yang mereka lakukan, mereka enggak akan membiarkan pendapat atau kritik siapapun membuat mereka merasa sebaliknya. Orang dengan tingkat EQ yang tinggi memiliki rasa percaya diri tapi enggak menempatkan diri mereka di atas orang lain. Mereka memertimbangkan pendapat orang lain, mencoba untuk lebih mendisiplinkan diri dan sukses.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution