Rabu, 01 Februari 2012

Berzikir Atau Mengingat Allah SWT.

Berzikir atau mengingat Allah adalah salah satu cara beribadah kepada Allah agar manusia selalu mengingat kehidupannya di muka bumi ini. Dan dengan Berzikir  maka hati akan tenang dan sesungguhnya dengan ketenangan hatilah maka akan menjauhkan kita  dari berbagai macam penyakit lahir dan bathin. Pastinya Berzikir dilakukan dengan tata cara yang baik dan diiringi denga tulus dan ikhlas mengharap ridha Allah.

Ada beberapa tata cara zikir yang benar yaitu

 1. Melembutkan suara, sebagai penghormatan kita Kepada Allah SWT, dan juga menentramkan hati kita agar mudah diresapi ( Al-quran surat Al-A’raf ayat  55 )“Berdoalah kepada Tuhan kamu dengan merendah diri dan dengan suara yang lembut “

2.  Ditempat yang suci, baik tempat maupun pakaian karena Allah menyukai tempat-tempat yang suci/nyaman, berzikir bisa dilakukan dimana saja dikamar, dikendaraan, kantor dll asal jangan di kamar mandi.

3.   Dengan Hati yang Tulus dan Ikhlas mengharap ridha Allah maka hati akan menjadi damai, sehingga ibadah yang kita lakukan berdampak dan membuat kita selalu bergantung hanya kepada-Nya, tidak meminta bantuan selain kepada Allah.

Ada banyak lafadz zikir yang kita ucapkan untuk selalu mengingat Allah, kalau yang saya rutin lakukan setiap selesai  sholat baik wajib maupun sunnah adalah sebagai berikut urutaannya;

Astaghfirullahal’adjim aladzila ilaha ilahual hayyul qoyum wa atubu ilaihi (3x). Min jami il ma’ashi wal dzunub, lahaula wala quwwata ila bilahil’aliyil adzim.

La ilahaillah wahdahula syarikalah, lahul mulku walahulhamdu yuhyi wayumitu wahua’ala syain qodir (5x)
Allahumma ajirna minannar (5X) Allahumma ajirna minannari salimin.

Allahumma antassalam waminkasalam wailaikaya’udussalam fahayina robbana bissalam waadkhilnajannata Darussalam tabaroktarobana wata’alaita yaa dzaljalali walikrom.

Baca Surat Al-Fatihah

Allahumma’aini ala dzikrika wasyukrika wahusni ibadatika

Allahumma laa mani’a lima’athoita wala mu’tiya lima mana’ta wala rodda lima qhodoita wala yanfa’ui jaddu minkai jadd.

Ilahiya robbi anta maulana subhanallah, subhanallah (33x)

Subhanallah wabihi qoiman abadan, alhamdulillah (33x)

Alhamdulillahi robbil’alami’ala kulli halin wani’matillahi akbar, allahu akbar (33x)

Allahu akbar kabiro walhamdulillahi katsiro wasubhanallahi bukrota waashila laa ilahaillallahu wahdahula syarikalah, lahul mualku walahul hamdu yuhyi wayumitu wahuwa’ala kulli saiin qhodor, laa haula wala quwwata illa billahil ‘aliyil’adzim.

Baca Asmaul husna (salah satu saja dari Nama-nama Indah Allah) misal; Ar-Rahim (Maha Penyayang) Ar-Rahman (Maha Pemurah), Atau Nama2 yang lainnya (11x)

Baca Shalawat Nabi Allahumma shalli ‘alaa sayyidina muhammadin wa’alaa aali sayyidina muhammadin” (10x s/d (100x biasa saya baca waktu sholat dhuha & sholat tahajud)

Kemudian Berdo’a sesuai dengan hati dan permohonan kita kepada Allah SWT.

Demikian salah satu dari banyaknya cara berzikir yang digunakan, semoga dengan berzikir membuat perubahan-perubahan pada diri kita ke arah yang lebih baik untuk kehidupan dunia dan bekal di Akhirat pastinya. Amiin.

Mohon maaf Jika ada kesalahan datangnya dari diri saya,  jika kebenaran pasti datangnya dari Allah SWT. Dan tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution