Senin, 20 Februari 2012

Jangan Jadi Orang Pendengki! Jadi Orang Pemaaf Aja

Bagaimana Agar Mudah Memaafkan Orang lain. Jikalau kita larut dalam kebencian dan tenggelam dalam kedendaman, sehingga waktu kita habis hanya untuk mendramatisir sebuah masalah yang menimpa kita. Andaikata, kita membenci seseorang berarti kita telah siap untuk mewakafkan hidup kita dan pikiran kita untuk terus memikirkan dia. Kebahagiaan kita akan tersita bahkan kita tidak bisa makan dan tidur karena memikirkan dia sedangkan dia mungkin sudah tertidur pulas.
Akankah, kita gadaikan kehidupan kita dengan perasaan dendam dengan penuh kebencian. Kalau saja kebencian itu membahagiakan dan menjadi solusi, silahkan untuk benci!, tapi yang terjadi kebencian yang melanda kita justru hanya akan menghancurkan cara berpikir kita, melumatkan raut wajah kita, membuat kotor tutur kata kita, membuat gelisah batin kita, membuat tidak sehat kehidupan kita, akhlak kita melorot menjadi hina buah dari kebusukan hati yang melanda diri ini.

Oleh karena itu jangan sia-siakan hidup kita hanya dengan menjadi seorang pendengki dan pendendam, jadilah seorang yang pemaaf, percayalah seorang pemaaf Insya Allah hidupnya lebih ringan. Bukankah kita ingin menikmati hidup ini? Saudaraku, kenikmatan hidup tidak akan dimiliki oleh orang yang hatinya diselimuti kebencian dan perasaan dendam. Memaafkan orang lain itu indah, sehingga kita Insya Allah akan merasa lapang, itulah derajat orang-orang yang mulia. Wallahu a’lam
Oleh : KH Abdullah Gymnastiar

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution