Kamis, 26 Februari 2015

Catatan Perjalanan Umroh

Berita Perjalanan Umroh Group-A

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dear Jamaah Umroh Group Batan, Alhamdulillah Hirobbil Alamin, jamaah berangkat dari Komplek Batan Indah (Masjid) tepatnya 17/01/2015 jam 1.30 dini hari dengan menggunakn Bis Aerotrans dan bekumpul di Blue Sky Lounge terminal 1B - 1C untuk pengarahan, penyerahan pasport, penyerahan tiket oleh petugas First Travel kemudian makan bersama dan pengarahan serta doa oleh team pengurus Umroh koordinator Batan.
Kemudian jam 5.00 dini hari semua jamaah dipindahkan ke terminal internasional (terminal 2 F) diangkut oleh Bis Travel, sesampai di terminal 2F semua jamaah masuk dengan pemeriksaan Imigrasi setelah itu menunggu diruang bording. Tepatnya jam 7.45 Jamaah diberangkatkan menuju Dubai bersama Pesawat Emirate Air Line dan sampai di Dubai jam 13.20 waktu Dubai, Alhamdulillah semua jamaah selamat dan bahagia. 

Dengan kesempatan waktu yang cukup panjang sekitar 3 jam transit di Dubai semua jamaah bisa menghilangkan rasa penatnya karena semalam mereka tidak tidur, Alhamdulillah dengan kesempatan waktu tersebut terutama Jamaah Pria bisa leluasa atau tidak terburu-buru untuk mengenakan kain Ihrom dan semua Jamaah bisa melaksanakan sholat sunah ihrom 2 rekaat, dan sholat jamak Duhur dan Ashar di Musholah Bandara Dubai disekitar ruang tunggu transit. 

Kemudian tepatnya jam 16.30 waktu Dubai Jamaah kembali diberangkatkan dengan pesawat Emirate Air Line menuju Jeddah, setelah 2 jam pesawat take off Pilot mengumumkan bahwa sebentar lagi (sekitar 5 menit kemudian) kita akan memasuki Miqot (Qornul Manajil) dengan bahasa Inggris (Approaching to Miqot) dan Bahasa Arab, semua Jamaah bersiap-siap dan berniat untuk melaksanakan Umroh dengan doa Description: DOA-UMROH ,

Alhamdulillah tepatnya Hari Sabtu pukul 18.30 Waktu Jeddah pesawat Landing dan semua Jamaah memasuki ruang imigrasi di Jeddah, dengan dipimpin oleh Tour Leader (TL) saudara Fajar dan dibantu ketua regu masing-2 semua jamaah telah melewati pemeriksaan petugas Imigrasi dan sekitar 21.00 semua jamaah memasuki Bis yang dipimpin oleh TL dan Muthawif, setelah pasport ditrima kembali dari Muasasah dan kopor sdh lengkap masuk dalam Bis dan makan malam di dalam Bis dengan nasih kotakan yang disiapkan oleh Travel, kemudian Jamaah diberangkat ke Tanah Suci Mekkah dan berdasarkan info Bu Hj. Elly bis sampai ke Hotel Saraya Iman Hari Sabtu pukul 23.15 waktu Mekkah atau Minggu jam 01.15 WIB dan setalah masuk Hotel dan merapikan kopor, semuah jamaah diminta oleh Muthawif untuk berwudhu dan langsung melaksanakan Umroh wajib tepatnya hari minggu pukul 02.00 dan selesai menjelang subuh setalah sholat Subuh berjamaah di Masjidil Haram semua jamaah kembali ke Hotel, sarapan pagi yang sudah disiapkan oleh petugas katering First Travel setelah pembagian kamar oleh TL dan dibantu oleh Hj. Elly, Alhamdulillah semua Lancar dan tertib. 

Hari minggu setelah proces Umroh selesai semua jamaah dibrikan waktu bebas, boleh istirahat di kamar hotel, belanja atau beribadah di dalam Masjidil Haram. Pada hari senin jam 7.00 pagi jamaah diberagkatkan ziarah di sekitar Mekkah tepatnya di Jabal Nur, Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Padang Arafah, Muzdalifah, Mina dan kemabli mengambil Miqot Masjid Ja'ronah bagi jamaah yang ingin melaksakan Umroh Sunnah semua kegiatan Ziaran dan Umroh dipandu oleh Muthawif, Alhamdulillah jamaah kembali ke hotel setelah niat dari Masjid Ja'ronah dan makan siang sebelum melaksanakan Umroh sunnah, setelah makan siang oleh Muthawif jamaah diantar kembali ke Masjidil Haram untuk melaksakan Umroh dan selesai hingga Ashar, setelah sholat Ashar ada sebagian jamaah tetap tinggal di masjid untuk berdoa ada sebagian lagi pulang ke hotel untuk istirahat. Makanan yang disediakan oleh Travel menurut laporan yang kami dapatkan dari Bu Hj. Elly lebih dari cukup, menu sesuai dengan lidah kita dan makanan disiapkan 3x sehari, Alhamdulillah semua jamaah merasa puas. 

Laporan terahir yang kami dapatkan pada hari ini Selasa 20/01/2105 jamaah semua baik-baik saja tetapi ada salah satu jamaah yang sakit kena batuk, flu dan demam yaitu Pak Ustad Saleh Baaseng, mari kita doakan semoga beliau diberikan kesembuhan dan sehat kembali. Dan nanti jam 14.00 waktu Mekkah atau jam 18.00 waktu Jakarta (WIB) semua jamaah diajak tour kembali di Peternakan Onta, Masjid Hudaibiyah untuk mengambil Miqot kembali untuk melaksanakan Umroh Sunnah yang kedua bagi jamaah yang ingin melaksanakannya.


Mari kita doakan kembali semoga semua jamaah diberikan keihlasan, ketabahan dan diampuni segala dosanya, aamiin Ya Robbal Alamin. Insya Allah esok hari jamaah melaksanakan Thawaf Wada untuk perpisahan dengan Ka'bah dan Masjidil Haram kemudian sore hari menuju Madinah untuk Mabid di sana tepatnya di Hotel Fayroz Season hingga tangal 24 Januari 2015. Dan berita selengkapnya akan diemailkan kembali setelah ada informasi dari Jamaah yang sedang menjalankan Umroh di sana. 

Perlu diinformasikan berkaitan dengan temperature di Mekkah saat ini : 

Pagi Hari : 22 derajat 

Siang Hari : 27 derajat 
Angin : kencang

Dianjurkan : Jamaah membawa Jaket 

Kondisi Masjid saat ini : 

1. Masih ada perbaikan dan banyak pintu yang ditutup atau hanya ada tiga pintu yang dibuka yaitu pintu 89, 90 dan 91 searah dengan Rukun Yamani 
 2. Jamaah berjubel karena penyempitan area Masjid 
3. Jamaah dianjurkan memasuki masjid 2 jam sebelum adzan 

Anjuran untuk Jamaah yang akan berangkat Januari-Februari 2015 

1. Membawa Jaket 
2. Membawa sarung tangan dan kaos kaki 
3. Membawa obat-2an yang biasa diminum jika sakit 
4. Gunakan Masker selama di Tanah Suci untuk menghindari debu 
5. Hindari minuman kemasan karena gulanya sangat gampang mebuat kita batuk 
6. Jangan sampai ribut dengan pasangan atau sesama jamaah gara-gara tempat duduk, kamar hotel dan makanan atau hal-hal yang sepele. 

Demikian informasi ini disampaikan semoga bermanfaat buat jamaah semua, aamiin 

Salam, 
Chamsudi
--------------------------------------


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati para jamaah umroh teruta yang akan berangkat dan panitia umroh.


Alhamdulillah saya telah melaksanakan ibadah umroh bersama kelompok A dan sekarang telah kembali ke tanah air dengan selamat. Pertama saya mengucapkan syukur kepada Allah S.W.T karena saya telah diberi kesempatan mengunjungi tanah suci dan melaksanakan ibadah umroh. 

Kepada panitia umroh Batan Indah kami mengacungi 2 jempol, biaya umroh di tempat kita jauh lebih murah dibandingkan biaya umroh lain yang dikelola pihak lain walaupun sesama first travel tanpa ada perbedaan fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Yang kedua kepada para pemimpin rombongan Mas Fajar, bu Elly dan p. Agus yang dengan sabar meminpin rombongan sehingga kami dapat melaksanakan umroh dengan baik. 

Namun demikian demi kelancaran dan keselamatan bersama dalam melaksanakan ibadah umroh dimasa yang akan datang ada beberapa catatan kecil namun cukup penting yang saya ingin sampaikan semoga bermanfaat: 

1. Kepada yang sudah sepuh, perlu ditekankan kembali agar ada anggota keluarga yang senantiasa mendampinginya terutama pada saat di bandara maupun pada saat tawaf dan sai mengingat jamaah umroh disana sangat padat 

2. Karena latar belakang pendidikan dan pengalaman, perlu ada sosialisasi non teknis ibadah yang perlu disampaikan pada jamaah misal keselamatan di dalam pesawat, penggunaan toilet di pesawat dan pintu boarding yang harus dituju apabila sudah mendapat boarding pass. 

3. Walaupun telah disampaikan via email tentang acara kegiatan selama umroh dan pemberitahuan tentang nomor bis, kenyataannya tidak semua membuka email atau mengetahuinya. Ada baiknya bila para jamah mendapat hard copy dari acara dan rekan-rakan sebisnya sehingga akan menambah kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan. 

4. Pemimpin rombongan agar mensosialisasikan tentang waktu sholat di pesawat, ada baiknya jamaah diberi pembekalan bertayamum yang benar. ketika pulang kel A ada 4 kali waktu sholat di pesawat yaitu subuh, duhur, ashar dan magrib. 

5. Bagi jamaah yang senang belanja, kota Madinah lebih cocok untuk itu. 

6. Bagi jamaah yang akan berangkat dalam waktu dekat masker, jaket, kaus kaki, tutup kepala, sarung tangan sangat melindungi kita dari debu dan cuaca dingin. 

7. Untuk umroh sunah (ke tiga) tidak di sertai mutowif atau sendiri sendiri, saat itu kondisi kita sudah lelah. Sebaiknya pemimpin rombongan meminta jadwal pagi-pagi (negosiasiasi ulang karena hubungannya dengan jadwal bis) untuk miqot di hudaibiyah agar umrohya tidak pada jam padat. Saat ini kondisi di Mekkah sangat padat terutama pada waktu sholat yang berdekatan seperti duhur-ashar, magrib - isa. 

8. Perlu diingat kembali bahwa kita berangkat umroh untuk ibadah dan senantiasa sabar apabila mendapat hal yang kurang berkenan. 

Semoga catatan kecil ini ada manfaatnya sehingga para jamaah dapat melaksanakan ibadah umroh dengan khusu. Aamiin. 


Salam 
Saeful Yusuf 
----------------------

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dear Pa H. Saeful, 

Kami sangat senang sekali atas infomasi dan sarannya, Alhamdulillah semua jamaah pulang dalam kedaan selamat dan diberikan kesehatan semoga amal dan keihlasan semua jamaah dalam menjalankan ibdah Umroh Ke Tanah Suci mendapatkan balasan kebaikan yang setimpal dan diampuni dosanya oleh Allah SWT, aamiin. 

Kami selaku panitia pelaksanaan Umroh Goup Batan juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama dari semua jamaah untuk mewujudkan perjalanan umroh dalam kenyamanan, juga kami sangat bersyukur sekali dengan masukan-masukannya untuk evaluasi apa yang pernah kami lakukan agar dikemudian hari kami bisa memperbaikinya, in shaa Allah.

Kami juga haturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua jamaah, memang kami adalah manusia biasa yang tak luput akan salah dan hilaf, pastinya dengan banyak ragam keadaan dan kondisi jamaah akan ditemukan permasalahan di lapangan tetapi kami sangat bersyukur kepada Allah SWT semua kejadian dapat kita lalui dan semua jamaah diberikan kesabaran, aamiin. 

Kami selaku koordinator juga tidak lupa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua team Batan yang telah meluangkan waktunya dengan tanpa pamrih untuk membantu kami dalam mewujudkan umroh mahbruro, terutama kepada Tour Leader di Group-A (Pak Fajar), dan semua kepala regunya yang telah membimbing jamaah dari pemberangkatan sampai kembali ke Tanah Air, semoga segala jerih payahnya selalu mendapatkan Ridho Allah SWT dan mendapatkan SurgaNya, Aamiin Ya Robbal Alamin. 



Salam, 
Chamsudi  

by. lenteradankehidupan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution