Selasa, 20 Maret 2012

Senjata Jika Kita di Fitnah

Kiat Menghadapi Fitnah.

Hikmah Qolbu ; Bukan hal yang mustahil dan meragukan dalam kehidupan ini bila kita atau orang-orang disekitar kita baik dilingkungan kerja maupun di rumah tangga dan masyarakat menjadi sasaran fitnah. Jika hal seperti itu terjadi maka ada beberapa kita untuk menghadapinya sesuai syari’at agama:
1. Selalu Bertakwa kepada Allah

Senjatah yang paling baik dalam menlawan dan menghadapi fitnah adalah dengan cara mendekatkan diri pada Sang Pencipta, Allah swt.
Dalam Al-Qur’an Allah berfirman:
“Barangsiapa yang bertakwa kepada allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.”(QS. 65: 2, 4)

2. Banyak beristiqhfar dan merendahkan diri kepada Allah

Dalam Al-Qura’an Allah berfirman,”Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat yang sebelum kamu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka bermohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras dan syaitan pun menampakkan kepada mereka baiknya apa yang selalu mereka kerjakan.”(QS. 6: 42-43)

3. Memperbanyak Shalat, do’a dan berbuat kebajikan


Dari Ummu Salamah rha, dia berkata, Rasulullah saw bangun tidur dalam keadaan tersentak, beliau berkata,”Subhanallah, apa yang telah diturunkan Allah berupa kekayaan (sebagai cobaan), apa pula yang telah diturunkan Allah dari fitnah? Adakah suami yang membangunkan penghuni-penghuni kamar – yaitu istri-istrinya – untuk shalat? Berapa banyak wanita yang berpakaian di dunia namun telanjang di akhirat.” (HR. Bukhari)

4. Menjauhi tempat-tempat fitnah

Rasulullah saw bersabda,” Orang yang beruntung adalah yang menjauhi fitnah, orang yang beruntung adalah yang menjauhi fitnah. Sungguh orang yang beruntung adalah yang menjauhi fitnah. Sedangkan orang-orang yang diuji dengannya, lalu mau bersabar, maka itulah kesabaran yang menakjubkan.”(HR. Abu Dawud)

5. Mencegah kezhaliman

Allah swt berfirman,”Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zhalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah, bahwa Allah amat keras siksa-Nya.”(QS. 8:25)
Orang-orang yang selalu beramar ma’ruf nahi mungkar akan mendapatkan keselamatan dari Allah di saat menusia tertimpa bencana dan azab.


oleh: emnoer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution