Senin, 04 Juni 2012

Waktu Pagi Itu Bisa Merubah Hidupmu


Pagi Keberkahan yang Tak Pernah Pudar.

Pagi adalah bagian dari waktu-waktu Allah yang terus berputar. Ia juga ungkapan yang sangat lekat dengan makna kesegaran, keceriaan, semangat, dan hidup baru. Begitu banyak makna positif yang memberi spirit dan optimisme dalam hidup, yang datang m-nyertai pagi. Mungkin masih banyak lagi hikmah dan keistimewaan di balik pujian Allah terhadapnya, 

“Dan demi Subuh apabila fajar-nya mulai menyingsing.” (QS At Takwir: 18)

 
yang mungkin belum dapat kita singkap karena keterbatasan ilmu kita. Bertemu pagi adalah sebuah keniscayaan. Tetapi mengambil manfaat dari keistimewaanya adalah sesuatu yang harus diupayakan. Jalannya hanya satu, bangun lebih pagi. Lalu mengintip apa saja kebaikan-kebaikan yang dapat kita petik di pagi itu.

Karena Suatu Pagi Bisa Merubah Hidupmu

Waktu adalah wadah pembentukan. Di sanalah garis edar hidup kita, tumbuh dan menjadi dewasa, dari lahir hingga kembali ke hadirat-Nya.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,  

“Waktu memiliki tiga makna dan dilandaskan pada tiga derajat. Di antara makna-makna itu adalah saat mampu dan benar, karena melihat cahaya karunia yang ditarik kebersihan harapan, atau karena ada perlindungan yang ditarik kebenaran ketakutan, atau karena kobaran rindu yang ditarik cinta.” (Madarijus Salikin)

Satu di antara bagian-bagian waktu yang menghimpun makna-makna itu, yang memiliki urgensi pembentukan adalah pagi. Pagi adalah simbol permulaan dan perubahan, kepada dan terhadap apa saja, termasuk babak-babak kehidupan kita.

Kisah seorang wanita Nasrani yang bersahabat dan hidup serumah dengan seorang wanita Muslimah, adalah contoh perubahan yang di bawa oleh pagi. Sahabat Muslimah si wanita tadi, sering terbangun di penghujung malam untuk melaksanakan qiyamul lail, bermunajat dan berdoa kepada Allah SWT. Terkadang, selesai berdoa ia teruskan lagi dengan tilawah Al Qur’an hingga menjelang shalat Shubuh.

Awalnya, si wanita nashrani sering merasa terganggu dengan suara temannya yang kerap menangis tersedu-sedu dalam shalat malamnya, atau saat melantunkan ayat-ayat suci Al Qur’an, yang begitu asing di telinganya. Suara “berisik” itulah yang sering memangkas jatah tidurnya.

Tetapi lama-kelamaan, dalam diamnya ia mulai menyimpan rasa cemburu dan kagum kepada sahabatnya ini. Betapa tidak, sebagai seorang yang beragama ia merasa tidak begitu akrab dengan tuhannya. Jauh berbeda dengan sahabatnya yang selalu rajin menyapa Sang Penciptanya di kala orang-orang masih terlelap dalam tidurnya. Ia kagum karena sahabatnya begitu mudah terbangun di waktu pagi dan menyelesaikan sebagian tugas-tugasnya, sementara dia sendiri terkadang baru beranjak dari kasur empuknya saat matahari sudah meninggi.

Di sinilah awal mula hidayah itu datang, di gelapan subuh, di tengah dinginnya udara pagi, rasa cemburunya menyeruak. Si wanita Nasrani mulai tertarik, menanti lantunan kalimat-kalimat “asing” dari mulut sahabatnya. Karena seperti ada ketenteraman batin yang datang bersamanya.

Suatu ketika, sahabatnya sedang tidak di rumah. Saat itu rasa penasarannya menggodanya untuk mengetahui isi Al Qur’an. Ia lalu beranikan diri membuka lembaran-lembaran Al Qur’an, bacaan favorit sahabatnya itu. Ketika ia buka, yang tampak hanya garis-garis hitam yang entah apa arti dan maksudnya. Tetapi ketika ia membaca terjemahannya, di situlah ia menemukan petunjuk yang luar biasa. Ayat-ayat dalam surat Al Ikhlas seakan menghentak batinnya untuk mengakui kebenaran konsep ketuhanan yang diajarkan kitab di tangannya.

Di suatu pagi berikutnya, di saat sahabatnya baru saja usai menjalankan shalat Shubuh-nya, si wanita Nashrani datang menghampiri. la duduk bersimpuh di dekat sahabatnya dan mendekapnya, seraya memohon agar ditun-tun untuk mengucapkan syahadat. Sahabatnya kaget bukan kepalang. Begitu cepat dan begitu mudah hidayah itu datang. Suasana menjelang pagi telah merubah semuanya.

Karena Kehidupan Pagi adalah Ciri Orang-Orang Shalih

Tidur, bagi manusia adalah sifat kesempurnaan. Orang yang tidak bisa tidur berarti memiliki kekurangan; kesehatan fisiknya sedang terganggu. Tetapi, memperpanjang jatah tidur juga bukan ciri manusia yang baik. Tidur berlama-lama akan membuat badan terasa berat, membuang waktu secara percuma, membentuk jiwa yang lalai dan malas, serta banyak hal negatif lainnya. Karena itu, hidup ini perlu keseimbangan.

Manusia terbaik di bumi ini adalah mereka yang beriman kepada Allah. Mereka yang mendisiplinkan waktunya, mengatur antara hak dan kewajibannya. Ketika malam tiba, mereka bersegera tidur supaya di penghujung malam bisa terbangun dan bercengkerama dengan keindahan dan kedamaian pagi.

Muawiyah bin Qurrah menirukan nasehat bapaknya ketika mereka sekeluarga telah melaksanakan shala Isya,  

“Wahai anak-anakku, tidurlah sekarang. Semoga Allah menganugerahkan kepada kalian kebaikan malam ini.”

Ada banyak hal yang dilakukan orang-orang shalih di kala pagi. Setelah mereka mendirikan shalat malam, mereka duduk berdoa dan bermunajat “menagih” janji-janji Allah, membaca dan mentadabburi Al Qur’an.

Fudhail bin Iyad pernah menceritakan,  

“Aku menjumpai suatu kaum yang malu kepada Allah di kegelapan malam karena kelamaan tidur. Pasalnya, mereka terbiasa hanya rebahan dan jika terjaga mereka berkata, “Ini bukanlah untukmu, maka bangkitlah untuk mengambil bagianmu di akhirat.”

Tidur bagi mereka hanyalah sisa waktu yang sangat dibatasi dan melakukan amal-amal ketaatan di pagi hari adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Kehilangan pagi, bagi mereka adalah kerugian yang bisa memunculkan banyak sekali dugaan kebu-rukan. Sampai-sampai Ibnu Umar mengatakan,  

“Jika kami kehilangan seseorang pada shalat Shubuh dan Isya (di masjid), kami mempunyai prasangka buruk kepadanya.”

Karena Ilmu-Ilmu Allah Turun pada Waktu Pagi

Setiap fase waktu, antara siang dan malam yang telah dibentangkan Allah SWT untuk kita, memiliki klasifikasi dan keistimewaan yang tak tergantikan dengan fase-fase waktu yang lain. Antara mencari nafkah, ibadah, belajar, dan beristirahat semua telah diatur oleh Allah. Hanya saja, kita terkadang tidak memahami hikmah di balik ketentuan-ketentuan itu, atau bahkan sengaja tidak memperdulikannya dengan bermacam alasan, sehingga seringkali kita melakukan sesuatu yang tidak medatangkan hasil maksimal, yang tentu saja hal itu akan merugikan diri kita sendiri.

Rasulullah saw yang selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan shalat sunnah dan shalat Shubuh berjamaah, bukan tanpa alasan. Di sana, di balik heningnya suasana pagi, ada banyak hikmah yg mendalam. Diantaranya; berlimpahnya pahala dari Allah, kesegaran udara subuh yang menyegarkan fisik, konsentrasi pikiran dan daya ingat yang kuat untuk menyambut datangnya hikmah dan ilmu-ilmu Allah SWT.
Konsentrasi dan kemampuan memahami di waktu subuh yang tenang, adalah suasana yang tidak pernah dilewatkan oleh para ulama. Mereka mendalami suatu ilmu, menggali dan merenungi hikmah dari banyak peristiwa yang mereka saksikan, sehingga benar-benar paham dan menguasai banyak ilmu.

Ibnu Jarir Ath Thabari, misalnya, seperti diceritakan Al Khatib Al Baghdadi, selama empat puluh tahun dari usianya yang terakhir, ia mampu menulis sebanyak empat puluh halaman setiap hari. Yang istimewa dari prestasi Ibnu Jarir ini, meskipun ia menulis artikelnya selepas zhuhur hingga waktu ashar tiba. Tetapi, murajaahnya akan ilmu serta ide-ide yang akan ia tuangkan dalam tulisannya, ia dapatkan di awal-awal subuh, setelah menanuaikan qiyamul lail.

Salah seorang murid Ibnu Jarir, Abu Bakar Asy Syajari mengisahkan,  

“Setelah selesai sarapan pagi, Ibnu Jarir Ath Thabari tidur sebentar dengan pakaian berlengan pendek. Setelah bangun, ia mengerjakan shalat Dhuhur. Lalu menulis hingga waktu Ashar tiba, kemudian keluar untuk shalat Ashar. Selanjutnya, ia duduk di majelis bersama orang-orang untuk mengajar sampai datang waktu maghrib. Setelah itu, mengajar fiqh serta pelajaran-pelajaran lain sampai masuk shalat Isya. Kemudian pulang ke rumah dan istirahat. Tengah malam ia bangun shalat malam dan menadalami ilmu-ilmunya.”

Kemuliaan pagi serta mudahnya akal menyerap ilmu di saat itu, pernah pula diingatkan Lukman Al Hakim kepada putranya, 

“Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas daripada dirimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit.” (Tafsir AlQ urthubi)

Karena Pagi Tidak Berubah, yang Berubah adalah Kita

Pagi seperti tak pernah bosan menyapa kita. Kala kita sakit, bersedih, berduka, atau sedang bersuka cita, pagi selalu datang dengan berjuta optimisme dan harapan.

Hingga sekarang mungkin tak terhitung lagi, sudah berapa kali pagi menyambangi kita. Suasananya tak pernah berubah, pagi yang dulu tetap pagi yang sekarang, penuh dengan kesejukan dan kesegaran. Tetapi, itulah karakter waktu. Ia tidak akan pernah berubah kecuali Allah menentukan takdirnya yang lain, atau masa yang telah ditentukan telah tiba, yang berarti keberlangsungan dunia ini akan segera berakhir.

Tanpa kita sadari, temyata pagi telah mengantarkan kita pada usia yang sekarang. Usia yang barangkali tidak lagi bisa dikatakan muda, karena kekuatan fisik yang dulu kita banggakan kini mulai melemah, ketampanan dan kecantikan muiai memudar, ketajaman mata mulai berkurang, rambut mungkin juga sudah mulai berganti warna, dan anak-anak di sekitar kita pun sudah semakin besar. Itu semua menjadi pertanda bahwa kita semakin tua, meskipun belum tentu dewasa.

Waktu memang terkadang menggilas kita. Tetapi, tentu karena ulah kita sendiri yang sering lupa, sering hilang kesadaran, bahwa kita harus berubah; lebih dewasa, lebih berilmu, lebih beriman, dan lebih dekat kepada Allah SWT karena kulitas ibadah yang terus mening-kat. Karena itu, Rasulullah mengingatkan kita,  

“Jangan sekali-kali mencela waktu, karena sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman, “Akulah waktu itu.”” (HR Ahmad)

Seorang salafu shalih memberi nasehat,  

“Beramallah untuk diri kalian di malam yang gelap gulita ini. Karena, sesungguhnya orang yang tertipu adalah orang yang tertipu oleh kebaikan siang dan malam. Orang yang terhalangi adalah orang yang tidak mampu untuk memperoleh kebaikan yang ada pada keduannya. Ia merupakan jalan kebaikan yang ada pada keduanya. Ia merupakan jalan kebaikan bagi kaum Muslimin untuk mentaati Rabbnya, dan bencana bagi mereka yang melalaikan dirinya. Maka, hidupkanlah diri kalian dengan selalu mengingat Allah.”

Tidak ada jalan lain memang, bahwa kita haru berani melihat pagi. Karena bisa jadi pagi ini adalah pagi yang terakhir untuk kita, sebelum sempat memperbaiki diri.

Karena Pagi adalah Sumber Keberkahan

Kesegaran subuh tidak hanya menemani kekhusyukan ibadah kita, atau mengiringi terkabulnya untaian doa dan munajat kita, atau mengasah ketajaman akal dan kemam-puan berpikir kita. Tetapi kesegaran subuh juga membuka pintu-pintu rezki yang telah Allah hamparkan di hari itu. Karena itu, Islam mengajak kita untuk berlomba menyambut dan mendapatkan rezki Allah dengan bersegera bangun pagi.

Fatimah ra, putri Rasulullah saw pernah bercerita, 

“Ayahku lewat di sampingku, sedang aku masih berbaring di waktu pagi. Lalu beliau menggerakkan badanku dengan kakinya dan berkata, “Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah membagikan rezki kepada hamba-Nya, antara terbi tfajar dengan terbit matahari.”” (HR Ahmad dan Baihaqi)

Ini pula yang dilakukan Nabi Daud as. Ia membagi waktu hidupnya sehari untuk urusan dunia dan sehari lagi untuk akhiratnya, dengan berpuasa dan beribadah. Ketika harus memenuhi urusan dunianya, pagi-pagi sekali Nabi Daud sudah bangun, ia bersiap, lalu ia berangkat mencari nafkah. Rasulullah saw memujinya dengan sabdanya,  

“Tidaklah seseorang itu makan sesuatu makanan yang lebih baik daripada hasil usahanya sendiri dan sesungguhnya Nabi Daud adalah makan dari hasil usahanya sendiri.”

Keberkahan subuh bukan hanya pada rezki. Rasulullah saw jika ingin mengirimkan tentaranya ke medan perang, dilepaskannya pada waktu pagi. Ketika berhijrah ke Madinah pun, beliau berangkat pada waktu pagi.

Shakhar, salah seorang sahabat beliau yang meriwayatkan hadits di atas, adalah seorang saudagar. Jika dia ingin mengirimkan barang-barang dagangannya, selalu dia lakukan pada pagi hari, dan itulah puncaknya Allah memberikan banyak kekayaan kepadanya.

Aisyah ra berkata,  

“Rasulullah bersabda, “Berpagi-pagilah mencari rezeki karena sesungguhnya berpagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan.”

Kunci keberkahan dimulai dari membiasakan diri mendirikan shalat Shubuh berjamaah di masjid. Dan bisa dibayangkan, jika setiap Muslim di negeri ini melakukan shalat Shubuh berjamaah di masjid dan mereka rajin melakukan zikir, keberkahan akan muncul di mana-mana. Karena itu, carilah keberkahan dan kemenangan di waktu pagi, dan hindarilah tidur di saat itu, karena sebenarnya kebiasaan itu hanya akan menjauhkan kita dari rezki Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution