Kamis, 07 November 2013

Contoh Sikap Seorang Pemimpin Sejati

Pemimpin Sejati
 

Suatu ketika di musim dingin yang panjang, Jenderal George Washington (USA) meninjau pasukannya di perbatasan yang jauh dari pusat.

Ketika sampai di daerah tersebut, Washington melihat di dekat benteng, di pinggir parit, sekelompok tentara sedang berusaha menarik keluar kereta yang berisi kayu-kayu berat yang terperosok ke dalam parit. Ia melihat sang Kopral berteriak dengan lantangnya, "Tarik...! Ayo tarik ke atas, mana tenaga kalian?? Ayo tarik lebih kuat lagi!" Kopral itu berteriak-teriak dengan keras, tanpa memberikan bantuan kepada anak buahnya.

Kereta berulang kali hampir keluar, tapi kemudian terperosok kembali. Si kopral dengan nada kecewa berteriak, "AYO! Jangan loyo!! Cepaat..! Satu, dua, tiga! Ayo dorong yang kuat!!"

Melihat kondisi tersebut, Washington segera berlari membantu dan berjuang sekuat tenaga sampai akhirnya kereta bisa dikeluarkan dari parit. Kemudian ia berkata kepada Kopral tersebut, "Mengapa Anda tidak menolong mereka, padahal Anda tahu mereka sangat membutuhkan bantuan tenaga?"

Kaget dihardik oleh orang yang tidak dikenalnya, sang Kopral menjawab ketus, "Mengapa saya harus membantu mereka?! Tidak tahukah Anda, bahwa Anda sedang berbicara dengan seorang Kopral?"

Washington menjawab, "Tentu saya mengetahui Anda seorang kopral (sambil membuka mantel, terlihat seragam jenderalnya) dan saya hanyalah pimpinan tertinggi di negara ini. Nah, jika lain kali Anda membutuhkan pertolongan saya untuk mendorong kereta berat keluar dari parit, saya dengan senang hati akan menolong."
 
Si Kopral langsung pucat pasi dan dengan segera memohon maaf kepada sang jenderal bijak tersebut.

Pembaca. Washington memberikan contoh bahwa 

seorang pemimpin haruslah seorang yang siap memberikan PENGORBANAN yang tertinggi, ia selalu berada di garis terdepan MEMBELA pengikutnya, menanggung RISIKO yang paling berat, selalu mengupayakan SOLUSI bukan PERINTAH dan caci maki. Ketika mendapat penghargaan, ia memberikan kreditnya kepada para pengikutnya dan bukan kepada dirinya sendiri.

Ini adalah contoh sikap PEMIMPIN SEJATI!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution