Rabu, 27 Juli 2016

Ucapan “Barakallah Fii Umrik”

Arti dan Penjelasan dari Ucapan “Barakallah Fii Umrik”
Ketika ada teman, sahabat sesama muslim atau keluarga kamu yang sedang milad pasti yang akan terbenak dalam diri kamu adalah mengucapkan kalimat barakallah fi umrik. Ketika umur seseorang bertambah bukanlah saatnya untuk bersenang-senang, tetapi seharusnya kamu bersedih. Karena pada hakikatnya umur seseorang bukannya bertambah tetapi berkurang.


Seiring berjalannya waktu, biasanya orang akan menganggap bahwa umur telah bertambah ketika seseorang memasuki tanggal lahirnya itu merupakan pemikiran yang kurang tepat. sebenarnya ketika seseorang memasuki tanggal lahirnya lagi maka umurnya akan berkurang.

Maka dari itu, agar seluruh hidupnya mendapatkan barakah dari Allah SWT sepatutnya kita mendoakan mereka yang milad dengan mengucapkan barakallah fii umrik.

Apa Arti Barakallah Fii Umrik
Barakallah memiliki arti yaitu “semoga mendapatkan berkah dari Allah”, ada juga yang mengartikan “semoga diberkahi Allah”.

Berarti barakallah fii umrik artinya adalah “semoga mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu”. Bisa juga diartikan “semoga diberkahi Allah di usiamu saat ini”.

Intinya diucapkannya kalimat barakallah merupakan bacaan doa kepada seseorang agar mendapatkan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT dalam segala aspek kehidupan.
Maksud Diucapkannya Barakallah Fii Umrik.
Barakallah fii umrik merupakan kata-kata yang tepat untuk diucapkan ketika ada yang milad.

Setiap manusia memiliki jalan kehidupannya masing-masing. Ada yang baik dan ada juga yang buruk. Ada yang perjalanan hidupnya lancar tanpa hambatan dan ada juga yang perjalanan hidupnya yang penuh dengan ujian. Memang seperti itulah hidup, mungkin kamu beranggapa bahwa ada seseorang yang memiliki hidup yang lancar tanpa hambatan.

Sesungguhnya orang yang menyatakan hal tersebut belum mengerti arti kehidupan sesungguhnya. Karena kehidupan seseorang tidak akan pernah luput dari ujian. Tetapi karena orang tersebut menjalaninya dengan sabar dan tawakkal kepada Allah SWT, maka ujian-ujian tersebut dibuat Allah menjadi mudah.

Jika kamu ingin mendapatkan hidup yang nyaman tentu saja harus ada campur tangan dari Allah SWT. Mendoakan seseorang dengan mengucapkan barakallah itu sudahlah cukup agar kehidupan orang lain menjadi baik. Tetapi ingatlah janganlah kamu terus berharap untuk minta doa kepada orang lain, minta doalah kepada Allah SWT karena Dialah yang Maha Pemberi Kemudahan.

Jawaban Jika Diberi Doa Barakallah Fii Umrik
Terkadang orang lupa ketika sudah diberikan doa untuk membalas doa tersebut kepada teman, sahabat atau keluarga yang sudah mendoakannya. Seperti menjawab salam, ketika ada orang yang memberikan salam kepada kamu atau kepada orang lain maka kewajiban kamu adalah menjawab salam tersebut. Karena salam yang dibaca “Assalamu ‘alaikum” merupakan doa agar mendapatkan keselamatan.

Ketika ada orang yang mengucapkan kata doa barakallah kepada kamu, maka kamu harus menjawab doa tersebut dengan mengucapkan “wa fiikum barakallah”, yang artinya “dan kepadamu juga berkah Allah”. Hal ini yang membuat setiap orang muslim menjadi semakin kuat, yaitu dengan saling mendoakan.

Intisari
Jika ada teman kamu yang sedang milad, maka doakanlah dia dengan mengucapkan barakallah fii umrik karena itu merupakan doa agar dalam kehidupan teman kamu menjadi lebih baik. Yakinlah dengan doa tersebut teman kamu akan bahagia selama menjalani hidupnya.

Begitu juga ketika kamu sedang milad, pastinya teman-teman sekitarmu akan mengucapkan barakallah fii umrik. Karena teman-teman kamu ingin kamu hidup bahagia dan bisa menyebarkan kebahagiaan tersebut kepada orang lain.

barakallah fi umrik adalah kata yang tepat untuk diucapkan kepada teman kamu yang lagi milad Mungkin sah-sah saja dengan merayakannya dengan makan bersama keluarga atau bersama teman-teman dan melakukan pesta kecil-kecilan (yang pastinya pesta tersebut tidak boleh dengan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam islam) dan tidak berlebihan. Hal itu mungkin bisa menjadi tanda bahwa kamu masih diberikan kehidupan oleh Allah SWT maka disyukuri dengan makan bersama.

Tetapi ingatlah, dengan datangnya milad berarti umur kamu sebenarnya bukan bertambah tetapi berkurang. Perbanyaklah aktivitas yang bersangkutan dengan Allah SWT maka Allah SWT akan memudahkan segala pekerjaan kamu.

Semoga kamu bisa beristiqomah dalam mendoakan orang lain dengan mengucapkan barakallah kepada orang yang sedang milad.





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution