Selasa, 11 November 2014

Otak Kanan Dan Otak Kiri

Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia 
Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri. Otak adalah pusat kendali pada tubuh. Dan fungsi otak manusia adalah mengendalikan dan mengatur semua bagian tubuh dan pemikiran manusia. Termasuk diantara fungsi otak adalah mengendalikan dan mengatur setiap gerakan, perilaku dan fungsi tubuh yang konstan dan dinamis seperti pada detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.


Didalam otak terdapat ratusan juta sel saraf atau neuron. Sel-sel saraf ini seperti tubuh kita yang lain membutuhkan nutrisi yang cukup supaya bisa lebih berenergi. Nutrisi yang baik untuk kualitas sel-sel saraf diantaranya adalah Omega 3.

Bagian-bagian Otak Manusia
 
Otak manusia memiliki beberapa bagian diantaranya adalah otak besar dan otak kecil. Dalam hal ini saya berusaha menggambarkan ringkasan singkat mengenai otak besar kita. Otak besar manusia berada di atas batang otak. Otak besar ini merupakan bagian terbesar dari otak kita. Tugas bagian otak yang paling besar ini adalah mengendalikan semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, berimajinasi, mengingat atau menghafal, menjabarkan serta merencanakan sesuatu.

Otak Kanan Dan Otak Kiri
 
Pada otak besar terbagi menjadi 2 sisi belahan, yaitu : belahan kanan dan kiri. Tiap sisi belahan mempunyai fungsi yang berbeda.

Mana Yang Lebih Baik Antara Otak Kanan Dan Otak Kiri?

Kedua belahan otak kanan dan otak kiri kita adalah anugerah dari Sang Maha Kuasa. Masing-masing bagian otak kanan dan otak kiri manusia mempunyai  fungsi yang berbeda. Hal ini bergantung kepada situasi dan kondisi yang ada. Jika kita mau memahaminya, Insya Allah kita bisa memanfaatkan keduanya dengan sangat efektif.

Ketika anda sedang menciptakan atau membuat satu terobosan atau inovasi, disana anda sedang memanfaatkan otak kanan. Dan ketika anda sudah mendapatkan konsepnya, pelaksanaannya dikerjakan dengan mengandalkan otak kiri supaya bisa dikerjakan lebih cepat dan rapi.

Cara Memanfaatkan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri

Otak Kanan
 
Otak kanan identik dengan imajinasi yang kreatif. Otak kanan digunakan ketika kita sedang mencari informasi. Otak kanan diandalkan untuk mencari tahu tentang sesuatu yang belum ada atau sesuatu yang belum masuk akal. Otak kanan sangat baik digunakan ketika merancang sesuatu. Anda yang menyukai tantangan biasanya lebih mengandalkan otak kanan.

Cara-cara mendapatkan informasi bisa didapat dari banyak sumber, sebagai contoh adalah dengan bertanya kepada orang lain, Menjelajah internet, membaca buku dan lain-lain. Tetapi, bagaimana jika sumber-sumber tersebut tidak memberikan informasi yang diperlukan?   Ada satu cara yang efektif untuk mendapatkan jawaban itu, adalah dengan berdo'a.

Berdo'a adalah berkomunikasi dengan sang maha pencipta, untuk mendapatkan intelegensi yang lebih cerdas. Ketika berdo'a, otak kanan kita sedang bekerja mendapatkan solusi dan jawaban atas segala sesuatu yang kita tidak tahu sebelumnya.

Jika kegiatan berdo'a dilakukan secara terus menerus setiap hari, Maka Insya Allah kita akan menemukan satu konsep baru yang orang lain belum tentu mengetahuinya. Ketika mencari informasi atau solusi, kita sedang memanfaatkan otak kanan. Setelah mendapatkan solusi, Secara logis pelaksanaannya diambil alih oleh otak kiri untuk segera diselesaikan dengan rapi dan cepat.

Otak Kiri
 
Fungsi otak kiri adalah menuntun kita untuk selalu bertindak berdasarkan logika atau melaksanakan aturan yang sudah ada. Mengarahkan kita untuk selalu menggunakan metode pasti yang sudah menjadi prosedur. Mengandalkan otak kiri adalah sangat baik untuk melaksanakan prosedur dalam pekerjaan sehari-hari. Seseorang yang sedang menggunakan otak kiri cenderung rapi dalam bekerja.

Cara Meningkatkan Kinerja Otak
 
Cara meningkatkan kinerja otak adalah dengan melatih atau mengasah kemampuan otak kita setiap hari, dibantu dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat dan cukup untuk menambah energi sel-sel saraf pada otak. Maka dari itu, Adalah perlu bagi kita untuk mengkonsumsi nutrisi jenis omega 3.

Nutrisi Untuk Otak
 
Otak kita memerlukan energi untuk kualitas daya ingat dan proses pengembangan kreatifitas. Maka itu, selain mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk pertumbuhan badan, Kita juga perlu memerhatikan nutrisi untuk perkembangan otak.

Omega 3 sebagai nutrisi untuk otak
 
Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, tubuh kita tidak dapat menghasilkan sendiri jenis lemak ini. Kebutuhan akan lemak jenis ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsinya. Para ahli gizi menyatakan bahwa setiap hari tubuh kita membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3.

Omega 3 bisa ditemukan pada beberapa jenis ikan, Diantaranya: ikan salmon, ikan tuna, ikan air tawar, ikan tenggiri, dan ikan sarden. Omega 3 juga bisa ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan, Diantaranya: Kacang kedelai, Alpukat dan Bayam.

Mekanisme Kerja Omega 3 Pada Otak
 
Nutrisi seperti omega 3 sangat diperlukan untuk perkembangan kualitas otak yang lebih baik terutama bagi anak yang dalam masa pertumbuhan. Namun, orang yang sudah dewasa juga tetap memerlukan nutrisi seperti omega 3 ini.

Jika tubuh kita kekurangan nutrisi jenis ini, Maka sel saraf pada otak akan kekurangan energi dan ini tidak baik untuk proses perkembangan otak, karena ketika sel saraf kekurangan energi akan berdampak pada terganggunya kerja dan fungsi otak seperti halnya penurunan daya ingat dan berkurangnya kreatifitas dan imajinasi.


http://www.ruslani.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution