Kamis, 29 September 2016

Kita Hidup di Dunia ini Hanya Singgah Sebentar

Dua Tempat Pulang

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Adil lagi Maha Bijaksana menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selamat di dunia dan akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.


Saudaraku, kita hidup di dunia ini hanya singgah sebentar saja dalam perjalanan pulang. Pulang dalam maknanya yang sejati yaitu pulang ke akhirat. Di akhirat kelak ada dua tempat pulang, yaitu surga dan neraka. Surga adalah tempat pulang yang penuh kebahagiaan dan kenikmatan, sedangkan neraka adalah tempat pulang yang penuh dengan kepedihan dan penderitaan. Nah, jangan sampai kita salah tempat pulang.

Alloh Swt. berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkannya.” (QS. At Tahriim [66] : 6)

Oleh karena itu, hidup di dunia ini kita harus memahami tujuan kita hendak kemana. Jangan sampai seperti penumpang bis yang ketika ditanya oleh kondekturnya tentang tujuannya ia tidak tahu. Jika seseorang melakukan perjalanan tanpa tahu tujuan, maka ia akan sangat mudah terombang-ambing dan tersesat. Sedangkan orang yang memahami akan tujuannya dan fokus pada rute menuju tempat tujuannya itu, maka ia akan mudah sampai dengan keselamatan.

Dan, tujuan perjalanan hidup kita adalah untuk sampai dengan selamat di kampung halaman kita yang sejati yaitu surga Alloh Swt. Bagaimana agar kita selamat sampai di sana? Timbangan yang paling berat adalah “Laa ilaaha illallaah”, jangan mempersekutukan Alloh dengan sesuatu apapun. Hanya Alloh yang disembah, bukan harta, pangkat, jabatan, pujian makhluk.

Semoga Alloh Swt. senantiasa memberi hidayah kepada kita sehingga kita bisa pulang ke tempat terbaik di sisi Alloh Swt. Aamiin ya Robbal ‘aalamiin.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution