Kamis, 08 September 2016

Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Manfaat Berkurban

Hari Raya Kurban, umat Muslim sedunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. bagi yang mampu sudah menjadi sebuah keharusan dan kewajiban untuk berkurban. karena manfaat berkurban adalah tabungan amalan kita kelak, tetapi jika dari kacamata umum atau sisi psikologinya mungkin 5 manfaat di bawah ini bisa memancing kita semakin termotivasi untuk berkurban ya... (fahrurahmad (2128) 


1. Memupuk Rasa Empati


Hikmah di balik berkurban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Kita yang selama ini memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak dan kemudian dagingnya akan dikonsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.


2. Melatih Diri untuk Menjadi Dermawan


Seseorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih terus menerus hingga terbiasa melakukannya. Menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya. Untuk bisa menjadi dermawan tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja melainkan terus dilakukan hingga menjadi sebuah kebiasaan. Jika kita sudah sering bersedekah harta mungkin bisa ditingkatkan dengan berkurban di waktu hari raya Idul Adha.


3. Membangun Sikap Solidaritas


Saat berkurban, sebaiknya juga membaur dengan orang lain dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan kurban. Ada hikmah lain yang bisa didapat dalam kegiatan kurban ini. Manfaat hidup rukun saat kegiatan kurban akan membuat kita saling bekerjasama, setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan baik. Oleh karena itu akan membuat kita lebih mudah bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain.


4. Rezeki Kita Menjadi Berkah


Saat kita berkurban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miliki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. Bahkan manfaat kurban, akan membahagiakan orang lain.


5. Menjauhkan Diri dari Sikap Tamak


Berkurban membutuhkan banyak syarat yang harus dipenuhi, mulai dari orang tersebut harus mampu, hingga mau melakukannya adalah hal yang tidak mudah. Sebagian dari kita mungkin ada yang mampu namun tidak mau. Oleh karena itu ketika kita mau untuk berkurban, itu sudah membuktikan kita tidak terlalu tergila-gila dengan harta dan susah untuk mengeluarkannya. 
Manfaat agama terutama Islam akan membuang sifat serakah yang ada di dalam diri dengan ikhlas dalam berkurban.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution