Senin, 07 April 2014

Membahagiakan Orang Tua

 
Cara Membahagiakan Orang Tua

Siapa sih yang tidak mau melihat orang tua kita bahagia? Kalau pun ada yang tidak ingin orang tuanya bahagia, saya yakin orang itu sudah ditutup pintu hati nuraninya oleh syetan. Semua orang pasti sangat ingin membahagiakan kedua orangtuanya.

Pertanyaannya sekarang adalah, apa yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan kedua orangtua kita? Apakah harus menunggu kita menyelesaikan sekolah? Bekerja dan mendapat uang banyak? Jawabannya TIDAK. Saya yakin sebagian besar orang tua tidak menilai dan menghargakan jasanya dengan materi. 

Lalu bagaimana?

Sebagai seorang anak sekaligus seorang pelajar, kita memiliki dua tanggung jawab pokok sekarang ini. Pertama, belajar dengan baik dan kedua, menjaga amanah orang tua yang telah menyekolahkan kita. Sepertinya sudah sedikit terjawab. Yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar dan berbagai hal yang bisa mendukung kita memaksimalkan usaha kita untuk belajar dengan baik. Saya sangat yakin, orang tua sudah bisa tersenyum bangga melihat deretan angka-angka mencukupi di lembar rapor kita. Saya yakin, orang tua cukup bosa tersenyum jika malam hari melihat anaknya sedang asik berkutat dengan buku-buku pelajaran. Saya yakin, orang tua cukup bisa tersenyum melihat anaknya sibuk melakukan pekerjaan rumahnya. Saya yakin, orang tua akan tersenyum melihat anaknya sampai dirumah tepat waktu. Lalu apa yang kita tunggu? Kita bisa melukiskan senyum di wajah mereka dengan melakukan hal-hal yang sebenarnya memang sudah tanggung jawab kita.

Dengan menjalankan kewajiban secara konsisten, akan banyak hal-hal besat yang bisa kita raih. Setelah melaksanakan kewajiban dan kebutuhan kita di bangku sekolah. Banyak hal lain yang bisa kita lakukan. Asal saja pondasi pada saat kita di bangku sekolah dibangun dengan baik. Tidak sulitkan pulang ke rumah tepat waktu? Tidak sulitkan bermain-main dengan buku pelajaran jika bayarannya adalah senyuman bangga di wajah orang tua kita.

Selain dari bangku sekolah, hal lain yang bisa kita lakukan untuk membahagiakan orang tua adalah bersikap manis pada mereka. Saya rasa tidak sulit berbicara dengan sedikit senyum pada orang tua.

Tidak sulit jika harus bermain dengan adik saat orang tua kita sibuk. Yang sulit mungkin adalah membagi waktu untuk orang tua, belajar dan teman. Manajemen waktu bisa kita mulai dengan mendisiplinkan diri dari hal-hal yang terkecil. Mengerjakan tugas tepat waktu, akan membuat waktu luang kita setelah itu bisa digunakan untuk hal-hal lain.

Intinya, manajemen waktu, memperhatikan hal kecil akan membuat kita dapat meraih hal-hal besar yang mungkin, bukan hanya bisa membuat orang tua kita tersenyum. Bahkan, sangat memungkinkan membuat mereka menitikkan air mata bahagia. Beruntungnya kita jika mampu melakukan hal tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan kita adalah orang-orang yang dapat meraih kebahagiaan itu.


amdani.blogdetik.com


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution