Selasa, 15 April 2014

Membiasakan Perilaku Zuhud

Akhlak Terpuji : Zuhud dan Tawakal

Dalam menjalani kehidupan di dunia seorang muslim harus rajin bekerja, dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Walaupun demikian dalam menjalankan pekerjaan tersebut haruslah diikuti dengan perbuatan zuhud, dalam arti melakukan perbuatan atau pekerjaan yang terpuji. Perbuatan yang tidak melanggar ketentuan ajaran agama.


Sudah tahukah kalian tentang pengertian sifat zuhud dan tawakal? Untuk itu agar kamu dapat mengetahui lebih jauh mengenai akhlak terpuji tersebut serta mempraktikkannya dalam keseharianmu, ikutilah bahasan berikut dengan seksama!


A.Zuhud





1.Pengertian Zuhud

Zuhud secara bahasa artinya meninggalkan sesuatu. Secara istilah ialah meninggalkan kelezatan hidup duniawi yang sementara dan fana karena menginginkan kelezatan ukhrawi yang lebih baik dan kekal, jika yang ditinggalkan itu adalah sesuatu yang tidak disukai sama sekali karena tidak ada harganya.

وَمَا هَذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah
kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.” (Q.S. Al-‘Ankabut/ 29:64)

2.Contoh Perilaku Zuhud

Perhatikan contoh perilaku zuhud berikut ini! Pak Hindun terkenal sebagai orang kaya di kampungnya. Ia mempunyai bermacam-macam usaha yang sukses. Pak Hindun mempunyai tiga anak. Anak pertama perempuan, saat ini duduk di bangku SMA kelas X, bernama Aulia. Anak kedua laki-laki, saat ini duduk di bangku SMP kelas VIII, bernama Fadila. Anak ketiga laki-laki, saat ini duduk di bangku SD kelas V, Hamdi. Ketiga anak Pak Hindun bersekolah di sekolah swasta, sebuah yayasan Islam, yang tidak jauh dari rumah mereka.

Meskipun orang tua mereka kaya raya dan mempunyai beberapa buah mobil, mereka pergi ke sekolah selalu naik sepeda. Pertimbangannya, jarak antara sekolah dan rumah sangat dekat. Selain itu, mereka memang dididik oleh Pak Hindun untuk hidup sederhana dan tidak boleh menyombongkan harta dunia yang dimilikinya. Semua harta tersebut adalah milik Allah.

Selain kaya raya, Pak Hindun juga terkenal sebagai orang yang ringan tangan membantu warga di kampungnya yang mengalami kesusahan. Pak Hindun senang mendermakan hartanya untuk kaum miskin. Sifat-sifat itulah yang ditanamkan pada ketiga anaknya. Itulah bentuk sifat zuhud Pak Hindun.

Refleksi : Bagaimana dengan perilaku anda?

3.Membiasakan Perilaku Zuhud

Zahid adalah sebutan bagi orang yang berperilaku zuhud. Seorang zahid atau yang berperilaku zuhud memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

a.Hidup sederhana.
b.Tidak menumpuk-numpuk harta.
c.Menghindari hidup berfoya-foya dan bermegah-megah.
e.Senantiasa mengedepankan kepentingan akhirat.
f.Sangat berhati-hati dalam memperoleh atau mencari nafkah.


Berperilaku zuhud bukan berarti meninggalkan dunia, tidak mau berusaha, hanya beribadah salat, zikir, berdoa, mengaji, dan sebagainya, tetapi menjadikan dunia ini sekedar sarana untuk menuju akhirat, dia bekerja tetapi tidak sampai melalaikan kewajibannya sebagai seorang hamba yaitu beribadah. Karena orang yang berperilaku zuhud tidak menjadikan kehidupan dunia sebagai tujuan akhirnya, tetapi hanya sementara sebagai jembatan menuju kehidupan yang sebenarnya yakni akhirat. Orang yang berperilaku zuhud yakin bahwa semakin haus akan kenikmatan dunia maka hidupnya akan sengsara di dunia dan akhirat.

Sabda Rasulullah saw.

Artinya Dari Abu Hurairah radaiallahu ‘anhu, dia berkata: “Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Sebagian tanda dari baiknya keislaman seseorang ialah ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadits Hasan, diriwayatkan Tirmizi dan lainnya, Hadits Arbain An-Nawawiyah:12)

Betapa agungnya bila dalam diri kita tertanam perilaku zuhud ini dalam keseharian kita hidup, karena dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik, baik di mata manusia apalagi di hadapan Allah swt. Orang yang terbiasa berperilaku zuhud akan dapat menikmati lezatnya hidup yang senantiasa dekat dengan Allah swt. Membiasakan perilaku zuhud termasuk berakhlak mahmudah.

Beberapa manfaat yang diperoleh bagi seseorang yang berperilaku zuhud antara lain sebagai berikut.

1.Senantiasa membersihkan diri dari hal-hal yang tidak terpuji

2.Memelihara diri dari perilaku yang tidak manfaat


3.Senang kepada kesederhanaan, hidup bersahaja


4.Menjauhkan diri dari sifat rakus dan menumpuk harta


5.Berperilaku suka bersadaqah dan berbuat kebaikan


6.Senantiasa rendah hati dan sabar dalam menjalani kehidupan



B.Tawakal

1.Pengertian Tawakal

Tawakal menurut bahasa adalah menyerahkan. Menurut istilah adalah menyerahkan diri kepada Allah swt. setelah berusaha. Setelah berusaha dan berikhtiar untuk mencapai tujuan yang kita harapkan kemudian kita menyerahkan apa yang akan terjadi kepada Allah swt. Di dalam kita menyerahkan diri kepada Allah swt., maka tertanam pula dalam diri kita perilaku untuk berpegang teguh kepada Allah swt. Karena itu, orang yang bertawakal senantiasa berserah diri dan berpegang teguh kepada Allah swt.

Firman Allah swt.

وَيَقُولُونَ طَاعَةٌۭ فَإِذَا بَرَزُوا۟ مِنْ عِندِكَ بَيَّتَ طَآئِفَةٌۭ مِّنْهُمْ غَيْرَ ٱلَّذِى تَقُولُ ۖ وَٱللَّهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ ۖ فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ وَكِيلًا

Artinya Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: “(Kewajiban Kami hanyalah) taat” tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung. (Q.S. An-Nisa’/4:81)

Bertawakal itu merupakan tumpuan terakhir dalam suatu usaha atau dalam perjuanganBanyak orang yang telah berusaha dengan perhitungan yang matang, persiapan yang maksimal tetapi kehendak Allah swt. lain. Akan tetapi, ia tetap tidak bisa meraih apa yang direncanakan. Sebagai seorang muslim harus mempunyai perilaku tawakal. Dengan tawakal kita tidak mudah berperilaku putus asa.

Firman Allah swt.

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Artinya: ”Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa Kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung Kami, dan hanya kepada Allah orang- orang yang beriman harus bertawakal.” (QS. At Taubah/ 9 : 51)

2.Contoh Perilaku Tawakal

Perhatikan contoh perilaku tawakal berikut ini! Pak Ahmad, ayah Zaki, sudah lama sakit-sakitan. Suatu hari pernah dibawa berobat ke dokter Puskesmas dan disarankan untuk opname di rumah sakit besar karena peralatannya lebih lengkap. Pak Ahmad pun menuruti saran dokter di Puskesmas itu. Setelah diopname seminggu lamanya, tidak ada perubahan yang berarti pada penyakit Pak Ahmad. Dengan pertimbangan biaya yang semakin banyak, akhirnya keluarga memutuskan untuk membawa Pak Ahmad pulang dan dirawat seadanya.

Melihat kondisi ayahnya yang semakin hari semakin lemah, Zaki tidak tega. Ia hanya bisa berdoa kepada Allah swt. agar ayahnya segera diberi kesembuhan. Zaki dan keluarga hanya bisa berpasrah diri dengan sepenuh hati akan kehendak  Allah swt. Itulah contoh sikap tawakal.

Refleksi :Bagaimana jika hal yang demikian menimpa keluarga anda?

3.Membiasakan Perilaku Tawakal

Bertawakal merupakan tumpuan terakhir dalam suatu usaha. Apabila menghadapi bahaya, kita harus bersabar. Kita berani menghadapi untuk mempertahankan kehormatan diri. Bila mempertahankan diri tidak sanggup, kita harus mengelak dan inilah yang dinamakan tawakal. Apabila bahaya itu kita serahkan begitu saja kepada Allah swt. tanpa berusaha untuk mengelak, maka yang demikian bukan dinamakan tawakal. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita harus berusaha kerja keras mencari rezeki. Apabila telah mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki, barulah kita berserah diri kepada Allah swt. Allah swt. sendiri yang membagi rezeki kepada kita.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya “Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka- sangkanya. Dan Barang-siapa yang bertawakkal kepada Allah swt. niscaya Allah swt. akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah swt. melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”. (Q.S. At- Talaq/65:3)

Orang berperilaku tawakal berjiwa optimis. Ia hanya menggantungkan harapannya kepada Allah swt. Apabila berhasil ia tidak sombong. Bila gagal ia tak akan berputus asa. Jadi, sikap tawakal memiliki banyak manfaat bagi yang melakukan, jika disertai niat yang ikhlas dan cara yang benar.

Hikmah tawakal, antara lain sebagai berikut:

1.Mendorong seseorang untuk bersikap optimis dan percaya diri.

2.Tidak mudah berputus asa dalam berusaha.


3.Membuat seseorang akan mensyukuri nikmat Allah swt. yang
diterimanya.


4.Tidak bersikap sombong jika berhasil meraih yang diinginkan.


5.Menjadikan hati merasa tenang dan tenteram.


6.Meningkatkan iman seseorang dengan mematuhi apa yang
diperintah Allah swt.


7.Mendidik seseorang untuk berhati-hati dan mawas diri, bahwa
segala kegiatan dan perbuatan kita diawasi dan diberi balasan
sesuai nilai baik dan buruknya.


8.Menjadikan hidup bersih, jauh dari hal-hal yang subhat dan
haram.


9.Menghindarkan seseorang dari sifat tamak, rakus, dan
ambisius.


10.Menghindarkan seseorang dari perbudakan dunia.

11.Menjadikan hidup sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan
hidup.



Rangkuman

1.Zuhud secara istilah ialah meninggalkan keinginan kepada sesuatu karena
mengikuti keinginan lain kepada yang lebih baik, artinya meninggalkan
kelezatan hidup duniawi yang sementara dan fana karena menginginkan
kelezatan ukhrawi

2.Tawakal menurut istilah adalah menyerahkan kepada Allah swt. setelah
berusaha, serta berpegang teguh kepada syari’at-Nya.


Friends Learning Together

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution