Kamis, 10 April 2014

Senyum Aja Kok Susah

Sedekahnya Orang Miskin 

Miskin dan fakir merupakan dua golongan, namun masih satu jenis. Yakni sama-sama kekurangan dan membutuhkan bantuan.Namun semiskin apapun kita, rosul tetap menganjurkan kepada umatnya untuk bersedekah.

Namun…. Ini ada namunnya, seringkali manusia enggan mengeluarkan sedekah dengan alasan miskin dan tidak punya uang. Padahal banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan sedekah. Kuncinya hanya satu, yakni kemauan. Jadi hanya berbatas antara mau dan tidak. Sebab orang kaya sekalipun banyak yang tidak mau sedekah, dengan berbagai alasan dan dalih. 

Kunci untuk melakukan sedekah, itu gampang sekali. Beberapa waktu lalu sudah saya tuliskan dalam artikel dengan judul, masuk surga murahnya. Dalam artikel tersebut saya mempunyai tips sedekah lebih banyak dari biasanya. Caranya gampang banget, kita pasti bisa dan mampu melakukannya. Nabung perhari Rp 2 ribu, dalam sepekan berarti sudah terkumpul Rp 14 ribu. Kebangetan kalau gak bisa nabung satu hari Rp 2 ribu, jajan anak saja kadang lebih dari Rp 5 ribu. Itu anak TK, belum SD, SMP dan SMA. 

Coba bandingkan, kalau anda tidak nabung Rp 2 ribu perhari, paling banter duit yang masuk ke kotak amal masjid tiap jumat hanya Rp 5 ribu atau Rp 10 ribu, tapi kalau kita nabungnya Rp 2 ribu berarti kita dapat masukin Rp 14 ribu, lumayan kan lebih banyak. Nah kalau satu hari bisa nabung Rp 3 ribu, atau Rp 4 ribu, berarti akan lebih banyak duit yang bisa kita masukin kotak amal.

Namun tentu saja ini kembali pada niat, sekecil apapun itu kalau tidak pernah kita niatkan juga tidak akan pernah terwujud. Ibarat mimpi ingin mempunyai istri namun takut ngelamar anak orang, ingin mempunyai uang namun tidak mau bekerja. Ya gak mungkin… Sebab Allah sendiri yang nyuruh kita untuk usaha. Bukan berpangku tangan.

Namun, kalau belum mampu sedekah Rp 2 ribu perhari, ada tips murah meriah yang disarankan oleh rasulullah, SAW melalui sabdanya. Yang artinya, “Jagalah kalian dari neraka meski hanya dengan separuh buah kurma” dalam hadis lain rosulullah juga bersabda.

“Barangsiapa mampu menghindar dari apai neraka meski hanya dengan separuh biji kurma maka hendaklah ia melakukannya” 

Tu coba bayangin aja, Cuma dengan separuh biji kurma saja bisa menjadi penyelamat kita. Tapikan susah cari kurma” Hmmm cari makanan apa saja deh yang bisa disedekahin, bisa air, bahkan hanya dengan senyum saja sudah dihitung sedekah. 

Sangat murah meriah, gak perlu pakai modal.. Masih gak mampu karena anda tidak bisa senyum. Berarti anda masuk kategori orang yang perlu disedekahin, perlu dimandikan, perlu disalatkan, dikafankan dan dimakamkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution