Rabu, 03 September 2014

Pekerjaan Ladang Pengalaman


Pentingnya Mengawali Karir Sebagai Pekerja Kantoran


Menjadi freelancer memang menyenangkan, namun Anda butuh pengalaman Pengalaman sebagai pegawai kantoran memiliki beberapa benefit bagi masa depan Anda sebagai calon entrepreneur.

Apapun profesi yang Anda tekuni, Anda pasti memiliki bisikan hati paling dalam yang mengungkapkan bahwa bekerja sebagai bawahan dan diperintah secara continue adalah hal yang tidak menyenangkan. Pilihan lain tentu saja adalah menjadi freelancer atau bahkan membangun bisnis independent yang benar-benar dimulai dari nol. The benefits? You are your own boss. Tidak akan ada teriakan dari atasan tentang deadline yang tidak kunjung selesai, atau some kind of report yang tidak pernah sampai ke meja sang bos. Namun apakah menjadi seorang pekerja kantoran benar-benar seburuk itu? Pikirkan lagi. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang pekerja kantoran, entah Anda akan bertahan selamanya atau menggunakan status tersebut sebagai langkah awal untuk membangun bisnis Anda sendiri.

College doesn't help you that much

Sure, Anda menerima banyak teori yang mungkin akan membantu Anda ketika menjadi seorang entrepreneur. Namun ingatlah bahwa menjadi mahasiswa dengan nilai stabil, bahkan dengan rekor straight A’s sekalipun, tidak menjamin terbentuknya diri Anda sebagai seorang yang profesional di dunia kerja. Anda harus merasakan segala jenis step yang ada dalam dunia kerja, mulai dari interview hingga pengalaman menulis resign letter yang sesungguhnya.

Being a professional

Menjadi mahasiswa adalah hal mudah. No seriously, it is. Kita tidak berbicara tentang rentetan tugas dan rumitnya skripsi, namun tentang culture yang ada dalam dunia perkuliahan. Anda bisa saja masuk kelas menggunakan pakaian sesuka hati, bolos dari kelas tanpa ada yang menyadari, atau mengerjakan tugas ekstra untuk menutupi jeleknya grade yang Anda dapatkan. Dalam dunia kerja, semuanya harus dilakukan dengan rapi. Mulai dari cara menulis email yang benar demi keperluan kantor, apapun jenisnya, hingga aturan berpakaian sehari-hari. First impression to your clients is a very important thing, maka segalanya harus dilakukan dengan baik. Di kampus, Anda tidak mempelajari hal-hal seperti itu.

Understanding the real business

Apa pekerjaan seorang account executive? Apa saja tugas seorang art director? Semua pertanyaan semacam itu adalah sesuatu yang perlu Anda temukan sendiri jawabannya. Meskipun apa yang Anda lakukan tidak berhubungan dengan profesi yang menjadi pertanyaan Anda selama ini, namun cukup penting untuk mengetahui struktural secara keseluruhan. Karena jika tiba saatnya ketika Anda menjalankan bisnis secara independen, semua tugas akan Anda eksekusi sendiri.

Networking

This is one of those things that you have to reach on your own. Networking adalah hal yang sangat penting. Tidak hanya untuk pekerjaan yang Anda lakukan di kantor saat ini saja, namun juga untuk masa depan Anda sebagai seorang entrepreneur. Semakin luas koneksi yang Anda miliki maka semakin aman posisi Anda. Jadilah pribadi yang menyenangkan. Hey, bahkan tidak jarang klien bisa menjadi teman baik Anda di masa depan. Dan memperluas koneksi adalah hal yang harus Anda lakukan sendiri, tidak ada yang bisa membantu.

Whatever you're doing, be grateful

Semua pekerjaan adalah ladang pengalaman yang penting. Apapun itu. Jika Anda berpikir bahwa profesi Anda saat ini adalah sebuah dead-end job, you're wrong. Anda telah mendengar kalimat ini berkali-kali, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan lagi: experience is the best teacher.


 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution