Jumat, 11 September 2015

Punya Hutang ?


Hidup Bersilaturahim Adalah Jalan Bagi Kelapangan Rizki Dan Kedamaian.

Heeee…itulah pikiran manusia yang cenderung negatifnya dulu di tempatkan paling depan, padahal Allah Swt. itu maha baik merencanakan pertemuan ku dengan teman yang bisa dibilang sudah lama ga ketemu …
Singkat cerita nih…

Pada hari kamis teman ku yang bisa dibilang udah lama ga’ ketemu itu kirim pesan bahwa beliau ingin bertemu aku di hari sabtu ato minggu…

Nih bunyinya tulisan pesan ….

Teman ; Assalamualaikum mbak Han. Bagaimana kabarnya? 

Teman; Hari sabtu atau minggu ada di rumah BI atau Parung mbak?

Aku ; wah aku blm tau nih...ada apakah gerangan heee...oh ya Alhamdulillah baik sekali....oh ya maunya dimana di serpong ato di parung ayo....

Teman; ikut mbak Han  aja

Aku ; Insyaallah minggu di parung ya .....

Teman; Ok mbak Insya Allah aku ke sana hari minggu.

Aku ; Kl boleh tau ad apa ya ....sepertinya penting banget ya....no tlp ak masih adakan...ok ditunggu insyaallah ya..nanti ku kabarin juga teman kita si HR  deh biar tambah rame...

Teman; Silaturrahim supaya menambah rezeki Mbak.

Aku ; Oh gitu! tumben aja dah lama ga' ada kabarnya kirain dah lupa...heee...ya syukurlah...ditunggu semoga lancar...JK, no hpnya masih yang lamakan...ok!

Teman; Mohon dimaklumi ya mbak. Manusia seperti ku sering sekali berbuat salah dan alpha…

Nah gitu janjian teman aku ….

Aku masih kepikiran sih... ada apa? dan mulailah hati aku menari-nari dengan banyak menduga-duga!  ya‘ namanya juga manusia suka menduga-duga,  Dan dugaan itu pasti udah biasa bunyinya,  ada apa ya?... Mau apa ya?.... Sama siapa ya?...  apa  Dia mau ajak bisnis?,  ajak makan?,  apa mau ngutang! haaa ….dasar pikiran negatif dipelihara! 


Minggu pagi itu tiba ceritanya nih janjian untuk ketemuan Alhamdulillah lancar dengan   sampailah teman-teman ketempat ku …eeeehhhh dia turun dari mobil nongol sendiri yang kukira sama keluarga.  Istri dan dua anaknya ga’ ikut!  kutanya beliau bilang mereka ikut acara arisan keluarga! ya sudah... akhirnya aku bisa ketemuan lagi dengan 3 teman  yang dulu memang selalu bersama-sama kemana-mana Alhamdulillahlah jika Allah berkehendak apapun bisa terjadi, demikian pula dengan kita yang saat ini kondisi kita sama-sama sulit untuk mendapatkan waktu luang bisa semua ketemuan seperti saat ini, terimakasih Ya Allah.

Apakah yang selanjutnya terjadi…. haaa...mau tau?

Minggu pagi yang cerah  di rumahku  kita kumpul santai-santai  akupun bersama  suami ku, anak ku, kita  semua asik ceritacerita masa lalu  ingat  dimana waktu dulu kita masih sering bersamasama  dalam susah dan senang, cerita lucu yang mengangenkan …. dan dari cerita ngalor ngidul itu  timbul pula ide-ide yang  sebelumnya ga' kepikir  sama kita pastinya  bukan gossip loh! tapi dalam hal peluang-peluang usaha dan lain-lain, yang dulupun selalu kita kumpul dan selalu pula membicarakan ide- ide yang  positif  tersebut. 

Teman ku itu programmer hebat loh! jago pula dalam mencari peluang usaha  dan menjadi motivasi kita sehingga buat kita semangat! pokoke kalo kita udah ngobrol-ngobrol begini asik buanget deh! Candaan; tawa dan ceplas-ceplos menggema menjadi satu sampai- sampai ga' kerasa kalau waktu yang berjalan mulus itu cepat sekali berlalu....


Kemudian di sela  waktu,  Dia pun mengungkapkan niat dan keinginannya berkunjung atau bertemu …Tibatiba dia mengeluarkan uang yang lumayan sih! jangan disebut ya hee …. soalnya pas lagi nipis nih dompet jadi lumayan kalo itu rezeki untuk aku….Aamiin.


Dan dia bilang bahwa niatnya kesini untuk membayar hutang yang lama sekali belum bisa di tepati…... Ya walaupun itu juga belum semua terbayar… tapi aku bersyukur Alhamdulillah karena dari niat dan ingat bahwa beliau berhutang itu wajib dibayar buat aku sudah seneng dan memang aku akui, temanku itu orang yang kuat dalam agamanya… heee... pengalaman aku sih! jarang loh orang yang sadar jika dirinya berhutang! atau mungkin lupa, atau bisa juga belum ada rezeki yang leluasa untuk melunasinya, kita belajar yuk jangan ada yang pur-pura lupa ya..…. kan ga enak juga kalo pas ketemu orang yang menghutangi kita!  

Ayo…siapa yang berhutang ingat, ingatlah! 

Karena sekecil apapun hutang itu di tagih sampai akherat loh…makanyakan kita semua pastinya tau deh.....  setiap ada kematian seringkan kita menyaksikan sambutan permohon ma'afan dari sanak family mewakili Almarhum/Almarhumah meminta maaf  dan juga mengingatkan kepada para pelayat yang mungkin Almarhum/Almarhumah ada sangkutan hutang! agar menghubungi pihak keluarga….

Nah artinya hutang itu pentingkan sobat …

Kemudian  dari situ aku tersadarkan bahwa aku salah dalam menebak fikiran aku, padahal pertemuan yang Allah rencanakan buat aku dan teman itu dijalan yang baik untuk kita, yaitu memperpanjang bersilaturahmi... meringankan beliau dalam menggugurkan hutang dan pastinya rizki juga buat aku hari itu..... Apa lagi pas aku lagi membutuhkannya. heee...jadi 
inget arti Surat Ar-Rahman:  

"FABIAYYI ALAA 'IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN (maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan)".

Terimakasih Ya Allah Ampuni hamba yang banyak kekurangan, tidak sempurna dalam hal berprasangka dan kurang sekali untuk bersyukur atas nikmatMu... . 


Akhirnya begitulah cerita aku…yang menjadi tambah pelajaran dan pengalaman buat aku lebih baik dan terus belajar baik....Aamiin.


Ok kawan! sambung bersilaturahim dengan siapapun yang jauh dan yang dekat agar rezeki kita bertambah.  

Bagaimana dengan cerita mu? ... jika teman punya pengalaman yang mirip-mirip ato mau komen! silahkan dengan senang hati…. Semoga kita pun bisa sambung silaturahim yang bermanfaat ..... Maafkan aku jika tulisan ini pasti banyak kekurangan dan salah pastinya dari aku...



Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution