Selasa, 01 September 2015

Jenis Kanker Dan Penyebabnya

Mengenal Jenis Kanker Dan Penyebabnya

Kanker adalah tumor yang sangat ganas yang disebabkan oleh ketidak teraturan perjalanan hormon sehingga mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal.  Terjadinya kanker akibat dari pertumbuhan sel yang rusak yang bersifat imortal dan terus menerus membelah diri. Pada umumnya, sel normal yang rusak dan tua akan segera mengalami kematian. 


Namun pada kondisi tertentu dan karena keadaan tertentu, sel yang rusak ini tidak mati tapi malah tumbuh dan berkembang, dan semakin lama akan menjadi kanker. Sel -sel kanker yang akan berkembang akan terus menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar meskipun tubuh tidak memerlukan melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya.

  • Jenis- Jenis Kanker Yang Kita Kenal

- Karsinoma
Karsinoma merupakan jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi atau menutupi organ internal (sel epitel) dipermukaan tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, paru-paru, lambung, usus besar, pankreas, papiloma, adenoma, esofagus dan lain-lain.

- Karsinoma in situ
Karsinoma in situ artinya adalah kanker yang masih berada pada tempatnya, merupakan kanker dini yang belum menyebar atau menyusup keluar dari tempat asalnya.

- Leukemia
Leukemia merupakan jenis kanker yang berasal dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan produksi sejumlah sel darah yang abnormal. Kanker jenis ini bisa disebut juga kanker darah yang mengakibatkan fungsi sel darah normal diantaranya : Leukemia Lymphoblastic Akut, Leukemia Myelogenous, Leukemia T-Cell, dan Hairy- Cell Leukemia.

- Limfoma dan Myeloma
Kanker Limfoma dan MyelomaYaitu jenis kanker yang berasal dari sel- sel sistem kekebalan tubuh atau sistem limfatik, misalnya jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang. Limfoma spesifik antara lain adalah Limfoma Sel-T, Limfoma Sel-B, Limfoma Hodgkin, Limfoma Non Hodgkin, dan Limfoma Lymphoproliferative.

- Sarkoma
Sarkoma merupakan jenis kanker yang berasal dari mesotel (jaringan tengah atau jaringan ikat) yakni jaringan tula, tulang rawan, lemak, oto, pembuluh darah, jaringan ikat atau penyokong lainnya. Contoh sarkoma diantaranya : Kanker tulang, Osteosarcoma, Synovialsarcoma, Kanker Jaringan Lemak, Liposarcoma, Angiosarcoma, Rhabdosarcoma, dan Fibrosarcoma.

- Glioma
Glioma yaitu kanker susunan syaraf dan tumor primer otak paling banyak. Tumor ini bisa terjadi pada segala usia dan dapat mengenai otak maupun sumsum tulang belakang. Ada tiga jenis glioma : astrositoma, oligodendroglioma dan ependimoma.

  • Faktor – faktor penyebab kanker

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker, sebagai berikut :
  • Keturunan, penyakit kanker bisa terjadi karena faktor keturunan atau gen jika di dalam keluarga anda ada yang pernah mengalami penyakit kanker maka anda berpotensi juga mengidap penyakit kanker atau resiko untuk terkena penyakit kanker akan lebih besar tapi anda bisa menghindari terjadinya penyakit kanker dalam tubuh anda dengan selalu menjalankan pola hidup sehat.
  • Bakteri dan virus, saat kita menjalani kehidupan rutinitas sehari-hari kita akan selalu bersentuhan dengan yang namanya bakteri dan juga virus apalagi jika daya tahan tubuh kita lemah dan kurang menjaga kebersihan tubuh maka tubuh akan rentan sakit, dengan beragamnya bakteri dan virus yang berkembang maka dapat memicu meningkatnya resiko seseorang terkena kanker seperti kanker serviks, kanker perut dan juga kanker hati.
  • HormonHormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. – Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria dan jika anda mengalami ketidakseimbangan hormon bisa juga disebabkan oleh pengaruh usia.
  • Bahan kimia,  maraknya berbagai macam produk dengan bahan kimia misal obat anti serangga, pestisida, obat pembersih dan masih banyak produk dengan bahan kimia lainnya sehingga makanan serta udara menjadi tercemar oleh bahan kimia tersebut dan dapat memicu terjadinya kanker seperti kanker perut, kanker paru-paru dan juga kanker nasofaring yaitu kanker yang tumbuh  di belakang langit-langit rongga mulut serta di rongga belakang hidung.
  • Gaya hidup tidak sehat, semakin hari kita selalu dimanjakan dengan adanya makanan yang serba cepat dan enak seperti junk food serta teknologi yang semakin maju membuat kita menjadi malas untuk berolahraga yang menimbulkan tubuh menjadi gemuk sehingga tubuh tidak sehat dan ini dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker rahim, kanker ginjal dan juga kanker esofagus yaitu kanker yang terjadi pada kerongkongan.
  • Radiasi, sebaiknya anda berhati-hati jika sering menggunakan handphone dan bahan-bahan kimia yang memiliki efek radiasi tinggi dari bahan-bahan kimia. Bahan kimia tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker perut dan kanker tiroid.
  • Alkohol, mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu berlebihan dan dilakukan secara terus menerus untuk jangka panjang dapat memicu terjadinya penyakit kanker seperti kanker kerongkongan, kanker tenggorokan, kanker hati, kanker laring serta kanker mulut.
  • Kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran, makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran merupakan makanan terbaik yang ada di dunia bahkan beberapa buah-buahan seperti buah berry dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker, jadi sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran.
  • Rokok, penggunaan tembakau untuk merokok seringkali menimbulkan berbagai macam penyakit yang seringkali membawa pada kematian tapi karena lambatnya proses sampai terjadinya penyakit membuat kita tidak terlalu mempedulikan efek buruk dari merokok tersebut sampai akhirnya divonis mengidap penyakit tertentu baru berhenti untuk merokok, seperti kita tahu banyak penyakit yang disebabkan oleh merokok salah satunya adalah penyakit kanker seperti kanker serviks, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker mulut, kanker laring dan kanker kandung kemih.
Selain dari poin-poin yang disebutkan di atas sebenarnya masih ada lagi pemicu terjadinya penyakit kanker namun anda tak perlu khawatir karena dengan menjalankan pola hidup sehat dan menghindari faktor-faktor pemicunya paling tidak kita dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker tersebut banyaklah mengkonsumsi makanan sehat alami seperti sayuran dan buah-buahan agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.


by  
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution