Jumat, 18 September 2015

Kok Ga Sabar Sih!


Teman, Sabar merupakan masalah hati, Bersabar itu bukan hanya dilakukan ketika kita mengalami kesusahan  saja, karena itu beratnya melaksanakan sabar sehingga sabar itu menjadi sifat istimewa bagi orang yang khusu’  dan memiliki keyakinan yang kuat menjalaninya. Makanya sabar merupakan sebuah perjuangan  ya teman!.



Belajar  menjadi diri yang sabar  itu, di mulai dengan melakukan suatu amalan kebaikan akan membentuk kekuatan dan ketenangan hati sehingga timbul dengan sendirinya Kesabaran dalam diri kita yaitu;

1. Sholat itu suatu kebutuhan hidup yang tidak boleh ditinggalkan alias wajib.  

2. Mengerjakan amalan sunnah rutin, walau amalannya sedikit, tapi baik daripada amalannya banyak tetapi tidak rutin. 

3. Baca Quran, Berzikir yang sangat mempengaruhi pembentukan kekuatan dan ketenangan hati . kan ada tuh arti Surat yang bunyinya "Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang".Q-S Ar-Ra'd ayat 28.   tidaklah mudah memang perlu usaha sih untuk mendapatkan kesabaran tersebut.


Dan otomatis lo!  jika kita makin banyak amalan sunnah yang dilakukan, maka hati akan semakin sabar. Tapi sebaliknya makin sedikit amalan sunnahnya, pastinya sedikit juga tuh kesabaran yang kita didapat.


Trus gimana kalau kita tidak pernah melakukan amalan sunnah ya?... Ya jauhlah kesabaran itu pada diri kita!  akibatnya syetan senang ! membuat diri kita sering emosi! Mau tau ga kalau emosi itu sifat syetan!  Belum lagi timbul penyakit hati seperti benci; dendam; buruk sangka; putus asa; tidak semangat; ujungnya adalah stress (karena di dalam hati kita ada syetan)…..


Jika seperti itu akan merugikan diri kita pastinya dan juga aktifitas harian kita! Apalagi buat seorang pembisnis atau orang yang berkarir , pasti rugi banget tuh! Oleh karena itu kita disuruh  terus belajar untuk meperbaiki diri dan mengikuti amalan sunnah Rosulullah saw. Karena Beliau adalah contoh manusia yang paling sabar. Sepantasnya kita inipun mengikuti contoh sunnah Beliau Rosulullah saw.  menjadi orang yang selalu menjaga kesabaran.


Kadang Amalan sunnah yang terasa berat dalam diri kita untuk memulainya ….


-    Umpama, aku biasa selesai sholat fardhu tidak pernah zikir! Langsung aja tuh pergi!, nah mulai deh coba berzikir untuk dirutinin. Tapi kalo aku sudah terbiasa melakukannya, coba lagi lebih ditingkatkan! misal waktu berzikirnya bisa ditambah  sebelumnya biasa lima menit kemudian tambahlah  menjadi sepuluh menit dan seterusnya. Ada lagi nih....


-   Umpama aku sering telat shalat atau di entar-entarin coba mulailah gerak ikut shalat berjamaah!


-    Umpama aku belum pernah mengerjakan seperti sholat malam, baca Quran dan lain-lain, atau sudah lama meninggalkannya!  coba deh biasakan kembali untuk  mulai mengerjakan, jangan sampai meninggalkannya  apalagi  sholat itu suatu kebutuhan hidup





Demikian coretan singkat mengenai kesabaran agar kita selalu menjaga sifat sabar menjadi bagian dari kehidupan kita ….  Semua coretan ini sebatas yang pernah kubaca dan dengar, dan ku coba ditulis untuk introspeksi diri sendiri yang masih jauh dari sabar, syukur-syukur bermanfaat buat teman-teman ya…Aamiin.




Wassalam.








0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution