Selasa, 31 Juli 2012

Priksa Diri Sudah Sampai Dimanakah Kita

Catatan kecil Oki Setiana Dewi
Semoga Bermanfaat buat kita semua Amiin.
 
Rasulullah naik mimbar lalu bersabda

‘Amin, Amin, Amin’. Para sahabat bertanya, “Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?” Kemudian beliau bersabda, “Baru saja Jibril berkata kepadaku: ‘Allah melaknat seorang hamba yang melewati Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan’, maka kukatakan, ‘Amin’, kemudian Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada orang tuanya)’, maka aku berkata: ‘Amin’. Kemudian Jibril berkata lagi. ‘Allah melaknat seorang hamba yang tidak bershalawat ketika disebut namamu’, maka kukatakan, ‘Amin”.” (HR. Ibnu Khuzaimah & Imam Ahmad).

Rasulullah bersabda, 

“Sesungguhnya di Jannah ada sebuah pintu yang dinamakan Ar Rayyan yang masuk melaluinya pada Hari Kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa. Tidak akan masuk seorangpun melaluinya selain mereka, kemudian diserukan, “Manakah orang-oranga berpuasa?” maka merekapun berdiri. Tidak ada seorgpun yang akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan kecuali mereka. Setelah mereka masuk semua, maka pintu itupun ditutup, sehingga tidak ada lagi yang bisa masuk melaluinya.” [Muttafaqun ‘Alaih].

Dari 12 bulan, Allah ciptakan Ramadhan bulan yg amat spesial, hari demi hari, jam demi jam bahkan detik demi detiknya amat spesial, penuh berkah, melimpah rahmat dan maghfirah-NYA Rindukanlah SORGA dan di bulan Ramadhan ini gerbangnya begitu terbuka terbentang lebar..
Subhanallah ...

Rasul SAW bersabda ...
 
"Jika seandainya umatku tahu akan keutamaan bulan Ramadhan maka niscaya mereka akan memohon kepada Allah agar setiap bulan adalah bulan Ramadhan”.

 
Mari kita periksa hati, lisan, pikiran, sikap serta amal-amal kita..
Apakah ada perubahan ? Kita lebih bersungguh-sungguh untuk mengisinya dengan spesial beda dengan bulan-bulan yang lain ?
Atau sama saja ?
Bila memang TAK ADA YANG BERUBAH, sama saja seperti 11 bulan sebelumnya...
Kita harus sangat berhati-hati...
Kita belum tentu jumpa dengan ramadhan yang akan datang
Bahkan kitapun belum tentu bisa jumpa dengan idul fitri,
Bila ajal tiba-tiba menjeput..
Manusia paling rugi adalah yang tak mendapat ampunan-NYA di bulan pengampunan ini.. Karena meremehkannya..


 
Assalamu’alaikum sahabat...tak terasa hari ini kita melaksanakan shaum yg ke 11..semoga kita masih di beri umur dan kesempatan untuk melaksankan ibadah-ibadah di bulan ramdhan ini..sahabat waktu yang tersisa mari kita manfaatkan dengan sebaik-baik untuk beribadah dan lebih mendekatkan diri kepda allah SWT.. masih ada setengah perjalanan lagi meningkatkan kualitas ibadah kita.

Masih ada sepuluh malam terakhir untuk kita mohon ampunan kepada-Nya. Masih ada kesempatan menyisihkan harta untuk berzakat di akhir bulan Ramadhan. Semoga Allah memberi kekuatan dan kesabaran untuk meningkatkan amal ibadah kita. Semoga Allah memanjangkan umur dan mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun depan dan semoga kelak kita mendapatkan surga Ar-Rayyan, yaitu surga untuk orang-orang yang berpuasa. Amin.. 

Sahabat, Beruntunglah yang Ramadhan ini masih ada orang tuan, bisa mencium tangannya, meminta do'anya, meminta maafnya, memuliakannya, memeluknya. Kita harus bersyukur .. jangan sia-siakan keberadaan mereka, sayangilah mereka selalu tanpa pamrih, tanpa mengharapkan apapun , seperti yang telah mereka lakukan selama ini. Bersyukurlah karena mereka masih diberikan kesehatan sampai detik ini, jagalah mereka selalu dan berikanlah yang terbaik untuk mereka, jadilah anak yang berbakti..

Allah Subhaanahu Wata'ala befirman :

".Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(Qs Al Isro : 23)..

"Ya Allah bimbinglah hamba agar puasa hamba meraih ridhoMu, Ya Allah berilah hamba kesempatan berbuat terbaik untuk kedua orangtua hamba hingga orangtua hamba ridho, Ya Allah ingatkan hamba untuk selalu bersholawat kepada Nabi Muhammad hingga kelak di akhirat Engkau pertemukan dengan beliau...aamiin".


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution