Rabu, 18 Juli 2012

Ramadhan Menjadi Barometer

 

Tema: "Menjaga istiqomah pasca Ramadhan" 

Ramadhan, bulan ibadah dimana aktivitas ibadah kita meningkat. Namun tidak sedikit dari kita dimana bulan Ramadhan berlalu, maka berlalu pula kebiasaan/amal2an kita dalam bulan Kenapa ya?padahal seharusnya Ramadhan menjadi barometer kita dalam menjalani ibadah2 kita di bulan2selanjutnya.. Ramadhan boleh berlalu, namun semangat dan moralitas dari shaum ramadhan tidakboleh ikut berlalu.. Kita tentu menginginkan setiap hari kita dalam kebaikan, dalam rahmat Allah, tidakhanya dalam bulan ramadhan sajapoin2 penting dalam mempertahankan keistiqomahan kita dalam bulan ramadhan:
 
Kejujuran, "Hai orang2 yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tetaplah bersama orang2yang jujur" (Attaubah: 119). Ketika kita berpuasa, tak ada yang tau apakah kita berpuasa dengan jujur.. hanya Allah yang tau. Inilah salah satu moralitas ramadhan yang harus kita pertahankan..Allah tetap melihat amal ibadah kita.2.
 
Al tatohhur, membersihkan diri. Diharapkan setelah Ramadhan kita menjadi orang2 yagn bersihdan suci. Sehingga amal2 kita diterima doa2 kita dikabulkan. Meluruskan niat dan amalanibadah kita dan tetap dipertahankan. Jangan kotori lagi dengan sikap kita yang tidak baik.Semangat untuk selalu membersihkan diri harus selalu ada.3.
 
Al Ijabiyah, selalu bersikap positif. Selektif memilih lingkungan, dalam mengambil langkah,kebijakan, mata pencaharian. Melakukan hal2 yang baik. Menjauhi perbuatan2 yang sia-sia.Perkataan yang sia2. Yang tidak pantas.4.
 
Al Mujahadah. Bersungguh-sungguh. Membanting tulang. Ketika Ramadhan kita bersungguh-sungguh beribadah, menahan kantuk utnuk beribadah. Tahun kedua hijriyah, perang Badar kitamenang. Ke-6 Hijriyah,futhul mekkah, hijrah, kemudian kaum muslim bisa kemabali lagi keMekkah ketika Mekkah dibebaskan dari kaum kafir. Ketika tahun .mengalahkan pasukan Romawi zaman bizantium. Mungkin kita sekarang tidak mengalami perang secara fisik, namunsesungguhnya kita bertarung dengan diri kita sendiri, dengan nafsu kita sendiri. Indonesiamerdeka ketika bulan Ramadhan.5.
 
Terus mempertahankan kelebihan-kelebihan surplus semangat moralitas Ramadhan itu sendri. Kita telah melatih diri kita menjadi orang yang berlapang dada, bersabar. berusaha menjadi orang yangsabar dalam menghadapi segala cobaan. Semangat untuk melakukan kebaikan , harussenantiasa ada dalam bulan2 berikutnya. 

Kita harus selalu istiqomah dalam melakukan kebaikansetelah bulan Ramadhan. Iman bisa naik, turun, bertambah, berkurang. Emang wajar kalau ada seseuatu yang terjadi dengan keimanan kita. Istiqomah itu adalah hal yang sulit.Suatu hari rambut Rasulullah beruban. Kenapa? Kata sahabat. Rasul menjawab ayat 112 dari surat Hud membuat Rasul beruban.

Istiqomah tidak dapat dilakukan dengan bersantai2. kemauan seseorang itusendiri dalam beristiqomah akan membuat seseorang menjadi kuat.  "amalan sholih yang paling dicintai Allah adalah amalan yang dilakukan terus-menerus walaupun sediki".


by.http://www.scribd.com

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution