Kamis, 26 Juli 2012

Puasa Tapi Tidak Sholat Gimana Ya!

Nasihat Syaikh Muhammad bin Shâlih al Utsaimîn rahimahullâh tentang ORANG YANG MENGERJAKAN IBADAH PUASA NAMUN MENINGGALKAN SHALAT:

Hendaklah mereka menyadari bahwa shalat termasuk rukun Islam yang terpenting setelah dua kalimat syahadat. Orang yang meninggalkan shalat karena menganggap remeh, maka menurut pendapat yang râjih (lebih kuat) yang didukung dengan dalil dari al-Qur’ân dan Sunnah dan perkataan para Sahabat, orang itu telah kafir, keluar dari agama Islam. Jadi masalah ini bukan masalah sepele.


Dan orang kafir, keluar dari agama Islam tidak akan diterima puasanya, shadaqah atau amalan-amalan lainnya, berdasarkan firman Allâh Ta'ala :

"Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan." (Qs at-Taubah/9:54) 

Ayat ini menjelaskan bahwa sedekah mereka tidak akan diterima jika mereka kafir, padahal sedekah yang mereka lakukan ini dirasakan manfaatnya oleh orang lain. 

Allah Ta'ala juga berfirman :

"Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan." (Qs al-Furqân/25:23) 

Orang-orang berpuasa, namun tidak mengerjakan shalat, maka ibadah puasa mereka tidak akan diterima. Sebaliknya, apa yang mereka lakukan akan dikembalikan kepada mereka, karena mereka sudah kafir.

Nasihat saya kepada mereka, hendaklah mereka bertakwa kepada Allâh Ta'ala, menjaga shalat, melaksanakannya tepat pada waktunya dengan cara berjama’ah bersama kaum Muslimin. Dengan memohon pertolongan kepada Allâh Ta'ala, saya menjamin jika mereka mengerjakan ini, maka mereka akan memperoleh motivasi kuat dalam hati mereka untuk melaksanakan shalat dengan cara berjama’ah tepat pada waktunya, baik saat bulan Ramadhan atau di luar Ramadhan. 

Karena seorang manusia, jika sudah bertaubat kepada Allah Ta'ala dengan taubat nasuha, terkadang kondisinya lebih baik daripada kondisi sebelumnya. Sebagaimana Allah Ta'ala menceritakan tentang Nabi Adam 'alaihissalam, setelah apa yang beliau lakukan yaitu menyantap buah pohon (yang dilarang itu), Allah Ta'ala berfirman :

"Kemudian Rabbnya memilihnya, menerima taubatnya dan memberinya petunjuk." (Qs Thâha/20:122)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution