Selasa, 17 Juli 2012

Kerendahan Hati

Berikut Kisah-kisah Inspiratif dari Hajaz Semoga Bermanfaat. Selamat menikmati.


Presiden Amerika dan Tong Sampah 
By Jansen Sinamo 23 April 2012 

Suatu ketika, seorang kolonel Angkatan Darat Amerika Serikat sedang melintasi stasiun kerata api. Di sana ia berjumpa dengan perempuan tua petugas kebersihan.


Perempuan tua itu meminta tolong kepada si kolonel untuk memindahkan isi tong sampah kecil ke tong sampah besar. Perempuan tua itu sedang tidak begitu sehat, sehingga meminta pertolongan. Namun kolonel muda itu berkacak pinggang dan berkata, “Saya mengangkat tong sampah? Kamu tidak kenal saya? Seharusnya dari penampilan saya kamu mengenali saya, dan saya tidak bertugas mengangkat tong sampah”, hardiknya. 

Pada saat yang sama, melintas seorang pria dengan seragam yang tidak kalah megah. Perempuan tua itu lalu minta tolong kepadanya. Tanpa banyak bicara, pria berseragam itu langsung melakukannya. Perempuan tua itu berkata, “Terima kasih Tuan, tapi siapakah Tuan?”. Laki-laki itu menjawab, “Itu tidak penting, yang penting tong sampah itu sudah terangkat”. Tapi perempuan tua itu memaksa. Akhirnya pria berseragam itu berkata, “Saya Goerge Washington”. Cerita ini sudah lama beredar. 

Cerita tentang kerendahan hati seorang jendral, yang mau mengulurkan tangannya kepada seorang perempuan tua. Sangat kontras dengan kolonel yang angkuh. Cerita ini mengingatkan bahwa spirit membantu dan melayani tidak seharusnya dikaitkan dengan derajat. Justru makin tinggi derajat, seharusnya kita makin rendah hati dan bersedia melakukan hal-hal untuk sekitar kita. 

Hari ini ketika memasuki ruang kerja Anda, mungkin Anda akan menemui situasi yang tidak direncanakan tapi memerlukan respon seketika. Jangan terlalu memandang pangkat dan derajat. Lakukanlah hal yang mungkin dan bisa dilakukan agar segala sesuatu berlangsung dengan baik. 

Dengan demikian orang-orang disekitar yang mengenal Anda tergerak untuk melakukan hal yang sama. Ini juga akan mengundang respect kepada Anda. Tetaplah rendah hati dan ringan tangan terhadap sekitar. (am)

Terimakasih. Mohon maaf bila sudah pernah membaca/mendengarnya atau tidak berkenan. 

Wassalam,

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution