Senin, 22 Oktober 2012

Memohon Dijauhkan Dari Teman Yang zalim


Doa Berlindung dari Teman yang Jahat


اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ

Allaahumma Innii A'uudzubika Min Yaumis Su', Wa Min Lailatis Su', Wa Min Saa-atis Su', Wa Min Shaahibis Su', Wa Min Jaaris Su' Fii Daaril Muqamah


" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk, teman yang jahat, dan tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku."

Sumber Hadits
Diriwayatkan dari 'Uqbah bin Amir, ia berkata; Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda:

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk, teman yang jahat, dan tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku." (HR. Al-Thabrani dalam al-Kabir-nya (14227) dengan isnad yang shahih. al-Hafidz Al-Haitsami menyebutkannya dalam Majma' al-Zawaa-id (10/144) dan mengatakan: Diriwayatkan al-Thabrani dan Rijalnya rijal shahih kecuali Bisyr bin Tsabit al-Bazzar, beliau tsiqat. Lihat juga Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah no. 1443)

Keterangan
Banyak ayat dan hadits memerintahkan untuk berteman dengan orang-orang baik dan shalih. Karena teman seperti itu akan membantu dan mendorong kita berbuat baik. Berbeda dengan teman buruk, akibat buruk paling rendah mereka akan membuat waktu kita habis sia-sia tanpa berguna. Bahayanya terbesarnya, berteman dengan mereka bisa merusak iman dan agama kita, sehingga akan bersama mereka di akhirat kelak. Karena itu Al-Qur'an dan Sunnah sangat-sangat melarang berteman dengan mereka.  

Allah Ta'ala berfirman,

وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا

"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas." (QS. Al-Kahfi: 28)

Ini merupakan perkara penting dalam hidup, karena setiap insan itu harus berteman. Ia harus memiliki kawan dan sahabat. Ia harus hidup bersama orang lain untuk berinteraksi dan bahu membahu.
Jika demikian, di mana kita bisa temukan teman-teman yang baik? Siapa yang ingin mendapatkan teman-teman yang shalih hendaknya ia mencarinya di masjid-masjid. Karena orang shalih banyak ditemukan di sana. Di sana ditegakkan ibadah kepada Allah, disuarakan zikir, dikaji petunjuk-Nya, ditegakkan nasehat agama dan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Sungguh para ulama salaf menilai orang berdasarkan ilmu, akhlak, pengamalannya terhadap sunnah, dan kiprahnya untuk dien ini.

. . . Siapa yang ingin mendapatkan teman-teman yang shalih hendaknya ia mencarinya di masjid-masjid. Karena orang shalih banyak ditemukan di sana. . .

Bahaya Memiliki Teman Jahat
Beberapa hari lalu kita dibuat sedih dengan pemberitaan yang mengangkat tawuran para pelajar. Bahkan ada beberapa pelajar tewas karenanya. Umumnya, tawuran dilakukan tidak sendirian. Tawuran dilakukan secara berkelompok oleh beberapa orang. Umumnya, mereka terikat dengan hubungan pertemanan, entah satu sekolah atau selainnya.
Tawuran seolah sudah menjadi hiburan. Bahkan dijadikan sarana untuk memperkuat ikatan persahabatan. Satu emosi bisa terbentuk saat ada lawan yang harus sama-sama disasar. Solidaritas buruk juga akan terbangun saat ada salah seorang mereka yang manjadi korban.
Keberanian dan kenekatan untuk menyakiti orang, bahkan sampai membunuh, tidak lepas dari pengaruh group tersebut. Seorang anak yang penakut bisa menjadi sangat kejam karena adanya kawan yang mensupport dan mempengaruhinya. Ini adalah fakta. Tak bisa diabaikan. Akibat salah pertemanan, banyak orang, -di antaranya remaja- menjadi rusak, nakal, dan kejam.
Maka tepatlah sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam sebagai peringatan bagi kita, "Janganlah engkau berkawan kecuali dengan orang beriman dan janganlah memakan makananmu kecuali orang bertakwa." HR. Abu Dawud dan al-Tirmidzi dengan sanad yang tak bermasalah)
Dalam hadits lain, "Seseorang bersama orang yang dicintainya." (HR. Muttafaq 'Alaih)
Dan dalam hadits lain lagi disebutkan, "Seseorang berada di atas agama teman dekatnya, maka hendaknya ssalah seorang kamu memperhatikan dengan siapa ia berkawan." (HR. Abu Dawud dan al-Tirmidzi dengan sanad shahih)
Benar, seseorang akan terpengaruh dalam agama dan akhlak sesuai dengan orang yang diakrabinya. Maka hendaknya ia memilih siapa yang akan menjadi teman akrabnya. Jika ia orang baik, ia akan menjadi bagian dari pelaku kebaikan. Jika sebaliknya, maka ia akan menjadi seperti mereka. Intinya, bahwa hadits di atas mengarahkan kepada kita agar memilih teman atau sahabat yang baik.
. . . Akibat salah pertemanan, banyak orang, -di antaranya remaja- menjadi rusak, nakal, dan kejam. . .
Peringatan Al-Qur'an dari Teman Jahat
Sesungguhnya Allah telah memperingatkan hamba-Nya dari orang-orang buruk lagi jahat. Tujuannya, agar mereka tidak berteman karib dan berkawan akrab dengan mereka.
Allah Ta'ala berfirman,

وَإِذَا رَأَيْتَ الَّذِينَ يَخُوضُونَ فِي آيَاتِنَا فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ حَتَّى يَخُوضُوا فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ وَإِمَّا يُنْسِيَنَّكَ الشَّيْطَانُ فَلَا تَقْعُدْ بَعْدَ الذِّكْرَى مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

"Dan apabila kamu melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan pembicaraan yang lain. Dan jika setan menjadikan kamu lupa (akan larangan ini), maka janganlah kamu duduk bersama orang-orang yang lalim itu sesudah teringat (akan larangan itu)." (QS. Al-An'am: 68)

Peringatan keras kepada orang yang masih berteman dengan orang jahat dan berperilaku buruk, "Maka janganlah kamu duduk bersama orang-orang yang zalim itu sesudah teringat (akan larangan itu)." (QS. Al-An'am: 68)
Janganlah duduk-duduk dan nongkrong bersama orang-orang zalim (pendosa), karena Allah telah melarangnya. Jika tidak, maka diakhirat mereka akan saling belepas diri dan menyalahkan. Salah seorang mereka berkata, "Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan itu teman akrab (ku)." (QS. Al-Furqan: 28)
. . . Janganlah duduk-duduk dan nongkrong bersama orang-orang zalim (pendosa), karena Allah telah melarangnya. . .
Doa Berlindung dari Teman Jahat
Jelaslah, berteman dengan orang jahat sangat berbahaya. Kita harus khawatir terhadapanya dan berusaha menghindarinya. Selain usaha, doa tak boleh ditinggalkan. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah mencontohkan kepada kita doa berlindng dari kawan yang buruk.

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, malam yang buruk, waktu yang buruk, teman yang jahat, dan tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku."
Berlindung dari teman yang jahat adalah teman yang tidak membuat aman -baik pada kehormatan, harta, rahasia-, tidak menolong dalam kebaikan, mengajak kepada kemaksiatan, dan mendorong kepada keburukan. Maka pilah-pilihlah teman. Bertemanlah dengan orang baik. Karena seorang teman akan terpengaruh oleh siapa yang ia berteman dengannya. Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]

Oleh: Badrul Tamam

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution