Rabu, 11 Mei 2016

Berhijrah Dari Kejahatan

Hikmah Meninggalkan Bohong
 
Pada satu hari ada seseorang yang datang menjumpai Rasulullah untuk memeluk agama Islam. Sesudah mengucapkan dua kalimat syahadat, lelaki itu berkata, "Ya Rasulullah, sebenarnya aku sekali berbuat dosa dan sangat sulit meninggalkannya."


Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Maukah engkau berjanji bahwa engkau sanggup meninggalkan perkataan bohong?"

"Ya, saya berjanji." Jawab lelaki itu singkat. Setelah itu, dia pun Pulang ke rumah nya."

Menurut cerita bahwa sebelum lelaki itu memeluk agama Islam, dia sangat terkenal sebagai seorang yang jahat. Kegemarannya hanyalah mencuri, berjudi, Dan meminum minuman keras. 

Kemudian setelah dia memeluk agama Islam, dia berusaha keras untuk meninggalkan segala keburukan itu. Oleh karena itu, dia meminta nasihat kepada Rasulullah.

Dalam perjalanan pulang, lelaki itu berkata di dalam hati nya, "Sulit bagiku jika aku harus mengikuti nasihat Rasulullah."

Akibatnya, setiap kali hatinya terdorong untuk berbuat jahat, hati kecilnya terus mengejek, "Berani engkau berbuat jahat. Apa nanti yang kamu katakan jika ditanya oleh Rasulullah? Sanggupkah engkau berbohong kepadanya?"

Setiap kali dia berniat hendak berbuat jahat, dia teringat segala pesan Rasulullah dan setiap kali itu juga hatinya berkata, "Kalau aku berbohong kepada Rasulullah, berarti aku telah mengkhianati janjiku kepadanya. Sebaliknya, jika aku berkata benar, berarti aku akan menerima hukuman sebagai orang Islam. Ya Tuhan, sesungguhnya di dalam pesan Rasulullah itu terkandung sebuah hikmah yang sangat berharga."

Setelah dia berjuang keras untuk mengendalikan hawa nafsunya, akhirnya lelaki itu berhasil menentang keinginannya untuk berbuat jahat. Sejak itulah awal kisah dalam hidupnya untuk menjadi orang baik. Dia telah berhijrah dari kejahatan pada kemuliaan seperti yang dicontohkan Rasulullah. Dia telah berubah menjadi mukmin yang saleh dan mulia.

Hikmah Cerita

Sekecil apapun perbuatan buruk yang kita tinggalkan, insya Allah akan mendatangkan kebaikan.

Nah yuk mulai sekarang kita berusaha meninggalkan perbuatan buruk yang sering kita lakukan. Salah satunya adalah dengan cara tidak berkata bohong.

Sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam:

"Sesungguhnya jujur itu menunjukkan kebaikan, sedangkan kebaikan itu menuntun menuju syurga. Sungguh seseorang yang membiasakan jujur niscaya dicatat di sisi Allah sebagai orang jujur. Dan sesungguhnya dusta itu menunjukkan kemunkaran, sedangkan kemunkaran itu menjerumuskan ke neraka. Sungguh, orang yang selalu berdusta akan dicatat sebagai pendusta." (HR. Bukhari dan Muslim)



Semoga bermanfaat yaa.. 
-------------
Sumber: buku "We Love Rasulullah: Sang Pemimpin Umat". Penulis: Kak Mirna & Kak Wafa. Penerbit: Inti Medina
Diteruskan Oleh: Fanpage Dongeng Anak Islami

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution