Jumat, 17 Juni 2016

Ketika Rasulullah Bangun Tidur

Lima Sunnah Rasulullah Ketika Bangun Tidur

Bangun tidur merupakan nikmat yang tidak ada bandingnya. Bagaimana tidak, kita masih diperbolehkan untuk kembali menghirup udara dan menjalani aktivitas seperti biasa. Pagi hari menjadi momentum yang tepat mengucapkan banyak syukur karena kesempatan hidup yang diberikan Allah kepada kita.

Ketika pagi hari, banyak orang yang bermalas-malasan untuk bangun dari tidurnya. Padahal, selain mendapatkan kesegaran, bangun tidur juga bisa menjadi lahan mencari ridho Allah SWT. Ketika bangun, banyak amalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala.


Lima hal ini senantiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW setiap kali bangun tidur. Selain bernilai ibadah, sunnah ini juga dapat menyehatkan tubuh. Lantas apa saja yang dilakukan Nabi Muhammad SAW terjaga saat pagi hari? Berikut ringkasannya.

1. Mengusap Wajah Dengan Tangan Agar Hilang Kantuk
 
Hal pertama yang harus kita ikuti dari Nabi ketika bangun tidur adalah mengusap wajah dengan tangan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa kantuk. Setelah mengusapkan tangannya ke wajah, lalu Nabu membaca 10 ayat yang terakhir sari surat Ali-Imran. Menurut Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar, hal ini dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam”

“Saat Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam bangun dari tidur, beliau duduk dan mengusap wajahnya dengan tangannya untuk menghilangkan kantuk,” (HR. Imam Muslim).

2. Membaca Do’a Bangun Tidur
 
Membaca doa merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum atau sesudah melakukan sesuatu. Membaca doa setelah bangun tidur juga menjadi salah satu sunnah dari Nabi SAW. Membaca doa tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat usia yang telah diberi. Adapun doa yang harus diucapkan memiliki arti sebagai berikut:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan,” (HR. Al-Bukhari)

3. Bersiwak
 
Sunnah selanjutnya yang dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur adalah bersiwak. Siwan merupakan nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Jika pada zaman sekarang ini, bersiwak berarti menggosok/membersihkan gigi untuk menghilangkan kotoran pada gigi dan juga untuk menjaga kebersihan mulut.

“Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulallah shallallahu `alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Ada banyak manfaat yang diperoleh apabila menggosok gigi ketika bangun tidur. Terlebih lagi bagi mereka yang hendak sholat malam. Tidak hanya dapat menyegarkan, gosok gigi juga akan menghilangkan bau mulut sehinggan tidak membuat malaikat yang turut dari dalam sholat malam terganggu.

4. Mendenguskan Angin Dari Lubang Hidung
 
Sunnah selanjutnya adalag mendenguskan angin dari lubang hidung. Caranya adalah ketika bangun tidur, masukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot dan lakukan sebanyak tiga kali. Tujuannya adalah untuk membersihkan rongga hidung, sebab ternyata selama manusia tidur setan menginap di dalam lubang hidungnnya. Seperti sabda Rasulullah SAW:

Memasukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot dalam bahasa arab disebut istinsyaq dan mengeluarkannya disebut istintsar.

“Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, hendaknya ia mendenguskan angin melalui lubang hidungnya sebanyak 3 kali. Karena syetan biasanya mendekam di lubang hidung,” (HR. Muttafaq `Alaih)

5. Membasuh Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali
 
Sunnah Rasulullah yang terakhir ketika bangun tidur adalah membasuh kedua tangan menggunakan air sebanyak tiga kali. 

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:  “Apabila salah seorang diantara kalian bangun tidur, jangan langsung mencelupkan tangannya ke dalam bejana wudhu sebelum membasuhnya sebanyak 3 kali,” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Itulah lima sunnah Rasulullah yang harus ditiru ketika bangun tidur. Biasanya, apabila Rasulullah Bangundari tidurnya, Beliau terus membaca ayat suci Al-quran serta memuju kebesaran Allah SWT. 

Kehidupan Rasulullah SAW telah membuktikan bahwa setiap amalan yang dilakukan dalam sehari semalam adalag bentuk ibadah. Untuk itu, jadilah hamba Allah yang senantian menaati perintah-Nya dan anjuran dari Rasul-Nya. Semoga kita senantiasa selalu berada dalam perlindungan Allah.

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution