Senin, 29 April 2013

Dimatikan Dalam Kebiasaannya

Mati dalam keadaan yang sesuai dengan kebiasaannya.

Kawan,
Seseorang itu akan dimatikan dalam keadaan yang sesuai dengan kebiasaannya. Ada sebuah kisah yang shahih, bahwasanya terdapat seorang imam ahli hadits, yang gemar meriwayatkan hadits.

Suatu kali ditengah-tengah majelisnya, beliau dalam sakaratul maut, Tidak ada dari murid-muridnya yang berani mentalqin beliau karena hebatnya ilmu dan tingginya kedudukan beliau di hadapan mereka. Namun mereka tidak kehabisan akal.


Muridnya yang pertama kemudian meriwayatkan hadits tentang keutamaan Laa ilaaha illallaah disamping beliau, namun sayang sanadnya terputus, tidak sampai pada Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam, begitu juga muridnya yang kedua dan ketiga.

Hingga akhirnya imam ahli hadits yang sedang sekarat itu lantas melanjutkan sanad dan matan hadits tersebut secara lengkap sampai Rasulullaah shallallaahu a'laihi wasallam, "Barangsiapa yang akhir ucapannya Laa ilaaha illallaah, maka ia akan masuk surga" Setelah itu, ruhnya melayang dan Allaah tabaaroka wa ta'aalaa menjemput jiwa yang dicintaiNya dalam istirahat yang panjang.

Maa syaa Allaah.
Begitulah kiranya Allaah ta'aalaa kelak mencabut nyawa hamba-hambaNya, yakni dalam keadaan bagaimana ia terbiasa di dalamnya. Begitu banyak kisah orang-orang salih yang meninggal dalam keadaan sujud, membaca alquran dan lain sebagainya. Dan tidak sedikit pula mereka yang meninggal dalam keadaan minum-minuman keras, menyenandungkan nyanyian-nyanyian dan dalam dekapan wanita-wanita jalang. Wa na'uudzubillaahi min dzaalik.

Dan ketahuilah,
bahwasanya kebiasaan itu bukanlah amalan yang terlihat oleh manusia, tapi kebiasaan itu adalah amalan-amalan yang kita lakukan saat sendiri, amalan-amalan yang hanya Allaah dan kita yang tahu.

Maka, perhatikanlah:
Apa yang biasa kau lakukan saat sendiri?!

Allohumma innii as aluka min khusnul khotimah wa a'uudzubika min su'ul khotimah. Aamiin. dari Mutiara Sunnah via Fee Trea

Semoga bermanfaat,silakan share semoga bermanfaat dan menginspirasi dan menjadi renungan bagi sahabat yang lainnya.

Inspirasi Islami

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution