Selasa, 30 April 2013

Manfaatkanlah Setiap Waktu Dalam Kebaikan

Memanfaatkan Waktu Dalam Kebaikan

Bismillahirrahmaanirrahiim

Sahabat saudaraku fillah..Waktu memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam kehidupan umat manusia,hidup ini tidak lepas dari ruang dan waktu.

Dengan waktu yang ada dan tersedia kita bisa melakukan berbagai aktvitas. Hanya saja satu hal yang perlu digaris bawahi,bahwa setiap detik waktu yang berlalu,

Setiap inci wilayah yang kita tempati dan setiap apapun yang kita gunakan kelak di hari kiamat akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :”Tidaklah melangkah kaki seorang Anak Adam di hari kiamat sebelum dievaluasi (ditanya) tentang empat hal :

“Tentang umurnya untuk apa dihabiskan,tentang masa mudanya untuk apa digunakan,tentang hartanya dari mana diperoleh dan kemana dihabiskan,dan tentang ilmunya untuk apa dimanfaatkan.”(HR.At Tirmidzi).

Oleh karena itu sejatinya seorang Muslim senantiasa mempergunakan dan memanfaatkan setiap waktu untuk melakukan berbagai amal kebaikan.

Selalu mempertimbangkan segala sesuatu yang akan dilakukannya,dan tidak pernah melakukan sesuatu bila tidak yakin ada nilai manfaat akibat perbuatannya tersebut.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :”Sebagian dari tanda Kebaikan (kesempurnaan) Islamnya seseorang ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.”(HR.At Tirmdizi).

Berdasakan waktu manusia digolongkan kedalam tiga golongan yaitu’Orang yang Beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin,

Orang yang Merugi adalah orang yang hari ini sama dengan hari kemarin,dan Orang yang Celaka adalah orang yang hari ini lebih jelek dari pada hari kemarin.

Dengan demikian orang yang sukses bukanlah orang yang terus-menerus bekerja sepanjang waktu,Tapi orang yang sukses adalah orang yang terhindar dari pekerjaan dan perbuatan yang sia-sia.

Waktu itu cepat berlalu,waktu yang berlalu tidak akan mungkin kembali lagi,dan sesungguhnya waktu adalah harta yang paling mahal bagi seorang Muslim.

Jika demikian tentulah kita benar-benar memanfaatkan dan mengisi waktu itu dalam kebaikan dan menghindari hal yang menyia-nyiakan waktu.

Karena ada beberapa amalan yang bisa membuat kita di Cintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala satu diantaranya adalah tidak menyia-nyiakan waktu.

Semoga bermanfaat,silakan share semoga bermanfaat dan menginspirasi dan menjadi renungan bagi sahabat yang lainnya. Jazzakumullahu khayran wa Barakallahu fiikum

Salam Santun Erat SiLaturrahim & Ukhuwah Fillah
Hikmah dari Ummu Fahrian Ida
Via Langkah menuju kebahagiaan



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution