Rabu, 03 April 2013

Siapa yang Mau Sakit

 Sakit Jadi Penghapus Dosa

Tidak enak rasanya sakit, segala aktivitas yang kita lakukan menjadi terhenti. Segala keinginan tidak akan tercapai. Kenyaman beribadah jadi sedikit terganggu, keinginan selera makan tiada bernafsu. Semua menjadi hambar dan pahit di lidah. Semua manusia pasti tidak mau merasakan sakit, apalagi sampai di rawat di rumah sakit yang akan merasakan ” cubitan kecil” yang semakin menakutkan. Namun adakah kita sadar segala kejadian itu pasti ada hikmah dan pelajarannya.

 Kita menjadi semakin disiplin dalam kebutuhan hidup dan teratur dalam pola kehidupan. Seperti makan, tidur dan berolahraga. Sebaik mungkin akan menjadikan hidup ini menjadi teratur.

Namun dalam kontek keimanan bila kita mau menghayati apa yang terkandung dari sakit adalah sebuah penghapusan terhadap dosa-dosa kecil yang telah banyak kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. janganlah sakit menjadi penghalang kita untuk selalu dekat dengan-Nya. Terutama ibadah sholat, itu tidak bisa tergantikan karena dalam kondisi bagaimanapun sholat harus tetap di jalankan. Dalam ilmu fiqih tentang sholat telah di paparkan secara mudah dan enak dilakukan. Tidak bisa berdiri, kita disuruh duduk. Tidak bisa duduk kita di suruh tidur, tidak bisa tidur kita di suruh memakai isyarat dan lain sebagainya. Pokoknya masalah Sholat Allah SWT telah memerintah untuk mudah mengerjakannya melalui Rasulullah saw. Adakah yang memberatkan?.

Sakit memang sungguh tidak enak dan merasa kita menjadi semakin tidak berdaya. Seakan hidup kita tidak akan lama lagi, itu bagi siapa saja yang melihat sakit sebagai jalan yang terakhir dalam menuju kematian. Namun apabila kita mau mensyukuri nikmat sakit itu niscaya kita akan mendapatkan kebahagiaan dalam sakit. Sebagai contoh mungkin diantara kita satu dengan yang lain tidak pernah berjumpa atau bertegur sapa, akan tetapi ketika seseorang sakit banyak yang mau membesuknya dengan membawa segala makanan yang selama ini mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Di meja ruangan sakit kita banyak aneka macam makanan dan semua itu merupakan anugerah yang tidak dapat kita elakkan, belum lagi do’a-do’a yang mereka berikan kepada kita agar kita cepat sembuh atau dengan kata-kata yang selalu menghibur diri agar kita selalu kuat menjalani cobaan yang Allah berikan. Bukankah itu suatu penghapus dosa apabila kita mau menghayati arti dari sebuah sakit?

Sakit dimanapun dan siapapun tidak akan ada yang mau meraskannya karena dengan sakit kita tidak dapat berkumpul secara utuh baik dengan tetangga, saudara bahkan dengan keluarga kita yang telah memberikan semangat dalam segala aktivitas kita dalam kesehariannya. Sebaiknya apapun jenis kegiatan kita dan keperluan kita hendaklah di barengi dengan kedisiplinan yang kuat agar dapat terhidar dari segala penyakit dan selalu mengatur dan mengolah pola hidup yang lebih bermanfaat, jangan lupa selalu sempatkan diri untuk selalu bersujud dan mendekatkan diri dalam keadaan lapang atau sempit kepada Allah SWT agar hidup yang kita jalani menjadi semakin sehat dan berarti baik secara duniawi dan akhirat. Semoga untuk saudara-saudara kita yang sedang mengalami sakit pada hari ini semoga segera di sembuhkan dari penyakitnya dan dapat menjadi pelebur dosa yang  terbaik bagi dirinya. 

Wallahuallam wassaabab .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution