Rabu, 12 Desember 2012

Muslimah itu Tidak Sombong

Wanita Muslimah itu Tidak Bersifat Sombong

Salah satu Ciri Wanita Muslimah selanjutnya yaitu "Tidak Bersifat Sombong". Sombong merupakan sifat manusia yang menganggap dirinya lebih berharga, lebih mulia, lebih terhormat lebih kuat, lebih gagah, lebih pandai dari orang lain lebih tinggi kedudukannya dari yang lain dan lain sebagainya yang berkaitan dengan hal tersebut. Dan akibat yang di timnulkan dari sifat ini adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.

Sombong adalah suatu sifat yang sangat tercela dan dapat menjauhkan dirinya dengan Allah. Bagi wanita muslimah yang jujur lagi sadar tidak akan pernah sombong dan menganggap bahwa sombong itu suatu sifat yang harus di musnahkan dalam hatinya. Karena wanita muslimah yang sentiasa mendapat pancaran sinar petunjuk agamanya, ia mengetahui bahwa sombong  dan tinggi hati itu akan menjadikannya diharamkan dari ni'mat Allah di akhirat kelak, dan keni'matan itu hanya di berikan kepada orang-orang yang senantiasa merendahkan diri (tidak sombong). Hal tersebut telah di terangkan dalam Al-Quran Surat Al-Qashash ayat 83. Yang artinya sebagai berikut :

"Negeri akherat itu, kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di muka bumi dan kemudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertaqwa".

Akibat sifat sombong, merasa diri paling hebat dari orang lain, maka timbullah berbagai macam kejahatan yang menurut anggapannya orang lain tidak akan berani melarangnya, sebab orang lain di anggap hina dan lemah. Sebagaimana yang di sabdakan Rasulullah saw, berikut di bawah ini :

"Sombong itu ialah menolak kebenaran dan menghinakan orang lain". (HR.Imam Muslim).

Orang-orang yang merenungi serta memperhatikan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, akan merasa heran atas  kesungguhan Rasulullah saw, untuk mencabut akar-akar kesombongan dari dalam jiwa manusia, yaitu dengan melalui larangan serta memberikan peringatan kepada mereka agar jiwanya tidak di masuki oleh benih-benih kesombongan meskipun hanya sebesar biji sawi yang di tiupkan oleh syaitan, sebagaimana yang telah dialami oleh orang-orang sombong yang mereka haramkan oleh Allah untuk masuk surga. Sebagaimana yang diterangkan dalam sabda Rasulullah saw, berikut ini :

"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji dzarrah kesembongan. Lalu seseorang berkata: "Sesungguhnya orang-orang laki senang agar pakaian dan sandalnya bagus. Maka beliaupun bersabda: "Sesungguhnya Allah indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu menolak kebenaran dan menghinakan orang lain". (HR.Imam Muslim).

Di lihat dari segi sasarannya, orang yang sombong itu terdapat tiga sasaran yaitu sombong kepada Allah dengan arti bahwa dia tidak pernah memperhatikan sama sekali ancaman-ancaman Allah, peraturan-peraturan Allah di anggap suatu hal yang remeh (enteng) dan tidak di amalkan sama sekali. Yang kedua yaitu sombong kepada Rasul, dengan artian tidak mengindahkan sama sekali terhadap aturan dan ajaran Rasulullah saw, bahkan menganggap bahwa Rasulullah saw itu sebagai manusia biasa yang tidak perlu diperhatikan ucapan maupun tindakannya. Dan untuk yang ketiga, sombong kepada sesama manusia, yaitu manusia yang lain di anggap hina dan rendah tidak perlu di hormati dan bila perlu harus menghormati terhadap dirinya.

Cukuplah bagi wanita-wanita yang sombong atau membanggakan diri sendiri atas wanita yang lain di hari akhir kelak dia akan mendapatkan kesengsaraan da kehinaan, di haramkan dari pandangan Allah serta tidak di sucikan. Sesungguhnya yang demikian itu merupakan kehinaan yang paling hina. Hal tersebut di terangkan dalam sabda Rasulullah saw berikut ini :

Yang artinya :
"Ada tiga orang yang tidak akan di ajak bicara oleh Allah pada hari kiamat kelak, tidak di sucikan dan tidak di pandang, dan bagi mereka siksa yang amat pedih, yaitu : kakek-kakek yang berbuat zina, raja yang suka dusta, dan orang miskin yang sombong". (HR.Imam Muslim).

Yang demikian itu karena sifat sombong itu hanya pantas di miliki oleh Allah dan ju sifat itu merupakan kepunyaan-Nya, dan bukan milik umat manusia, sosok mahluk yang lemah. Oleh karena itu apabila pada diri manusia memiliki sifat sombong berarti dia telah menginjak-injak maqam Uluhiyah dan menandingi salah satu sifat sang Pencipta yang Maha Agung.

Untuk menghapus sifat sombong itu bukan hanya di tujukan pada wanita saja melainkan juga di tekankan pada kaum laki-laki, khusus untuk seluruh mahluk Allah, karena dengan tertanamnya sifat tersebutpada diri manusia sering menimbulkan permusuhan di antara sesamanya.

Oleh karena itu, kalau diri kita masing-masing tidak tertanamkan iman yang kuat serta keyakinan yang mendalam, mustahil kita dapat menghapuskan sifat tersebut pada diri kita masing-masing. Dalam sebuah hadits di ceritakan, dari Haritsah bin Wahab berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, "Maukah aku berikan kabar padamu tentang penghuni neraka? yaitu setiap orang yang keras, kasar dan sombong". (HR.Muttafaq Alaihi).

Demikian pembahasan "Wanita Muslimah Itu Tidak Bersifat Sombong", mohon maaf atas kekurangan.

Semoga Bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution