Rabu, 12 Desember 2012

Muslimah Sederhanalah Dalam Berpenampilan

Sederhana Dalam Berpakaian Dan Berpenampilan

Wanita Muslimah yang benar-benar sadar, cerdas dan senantiasa memperhatikan petunjuk serta ajaran-ajaran akan selalu memperhatikan kesederhanaan dalam segala hal, khususnya dalam berpakaian dan berpenampilan. Dimana dia berusaha untuk berpenampilan baik, tidak berlebih-lebihan dan tidak menunjukkan kesombongan.

Dia tidak mau mengikuti orang-orang yang mengajak untuk berlebih-lebihan dalam berpakaian dan berpenampilan dengan mengikuti mode yang tidak mengenal batasan, seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita pemboros dan bodoh. Dia juga tidak meremehkan penampilan dan pakaian yang sederhana dan menyenangkan.

Dalam hal itu, dia senantiasa berada dalam batas-batas kesederhaan yang telah dijelaskan dalam firman ALLAH SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Furqan ayat 67. yang artinya: "Dan orang-orang yang apabila dalam membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak pula kikir, Dan adalah pemberian itu di tengah-tengah antara yang demikian (sederhana)". (Al-Qur'an Surat Al-Furqan ayat 67).

Wanita Muslimah benar-benar berhati-hati agar tidak terperangkap pada perbudakkan mode yang di atur oleh toko-toko busana, dan orang-orang yang berdiri di belakangnya, yang tidak percaya kepada kebesaran Allah, dan yang tidak menghendaki kebaikan bagi kaum wanita, terutama wanita muslimah. Karena pada zaman sekarang ini banyak toko-toko busana yang mengikuti mode-mode dunia berat, yang serta minim dan buka-bukaan yang kesemuanya itu tidak pantas bila dikenakan oleh wanita muslim.

Dia akan menghindari hal seperti itu, sebagaimana yang di peringatkan oleh Rasulullah saw, dan menganggapnya sebagai sumber kerusakan, bencana dan kerugian, sebagai berikut:

"Celakalah hamba dinar, hamba dirham, ham kain sutra, hamba beludru. Apabila di beri dia ridha dan jika tidak di beri dia tidak ridha".

Yang demikian itu karena, wanita muslimah memiliki petunjuk agama yang senantiasa melindunginya dari keterperosokan ke jurang kesombongan, kebanggan dan kekaguman pada penampilan dan hal-hal lainnya yang menjadi sumber kerusakan, sebagaimana yang telah di terangkan Rasulullah saw dalam sabdanya:

"Ketika ada orang yang melenggang dengan penuh kecongkakkan, yang kagum pada dirinya sendiri, maka Allah akan mengucapkannya ke bumi, dan dia masih terus tenggelam di dalamnya sampai hari kiamat kelak".

Sesungguhnya wanita muslimah akan menghiasi diri dengan perhiasan yang di halalkan dan keindahan yang telah di syari'atkan. Dia juga akan mngenakan pakaian bagus dan menarik, dengan tidak menyimpang dan berlebih-lebihan. Semuanya itu adalah kebaikan yang di halalkan oleh Allah, dan itu pula yang disebut sebagai kesedderhanaan yang di serukan dan di perintahkan oleh Islam.

Yang demikian itulah yang menjadikan perbedaan yang nyata serta menjadikan tampil beda antara wanita yang senantiasa di selimuti dengan kesederhanaan lagi bijak denga wanita yang berlebih-lebihan dan tidak bisa menggunakan akalnyakaren telah di perbudak oleh dunia modeyang ala kebarat-baratan dan kemewahan.

wanita Muslimah yang sadar akan berpakaian dan berpenampilan sederhana, tidak berlebih-lebihan dalam berhias, berpakaian dan berpenampilan. Sebaliknya, tidak terlalu kikir atau pelit untuk membeli pakaian atau untuk membeli hal-hal yang mendukung terhadap penampilannya atau bahkan sama sekali tidak mau berhias atau berpenampilan baik, dengan anggapan bahwa dengan sikapnya itu dia telah mengabdi kepada Allah dan mendapat Ridha-Nya.

Yang demikian itu karena wanita yang memakai pakaian bagus yang dilandasi kesombongan dan kemewahan serta kecongkakkan atas teman-teman wanitanya yang lain merupakanperbuatan dosa, karena Allah tidak menyukai setiap perbuatan yang sombong lagi membanggakan diri. Sedangkan wanita yang mengenakan pakaian karena untuk mensyukuri ni'mat Allah dan menunjukkan ketaatannya merupakan ketaatan yang akan mendapatkan Ridha-Nya.

Sedangkan wanita yang tidak mau mengenakan pakaian karena sifat kikirnya, maka dia tidak akan mendapatkan tempat dan penghormatan di dalam jiwa oran lain serta tidak akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Akan tetapi bagi wanita yang menolak pakaian bagus yang semata-mata hanya mengharap ridha-Nya, maka dia akan tetap mendapat pahala dari Allah, karena kesederhanaannya itu.

Demikian itulah sikap wanita muslimah yang senantiasa menyadari dan memperhatikan petunjuk agamanya serta berpegang teguh pada hukum-hukum agamanya yang penuh toleransi antara sesamanya. Dimana pakaiannya bersih, bagus, menarik, rapi dan wajar yang di kenakan dengan tujuan untuk memperlihatkan dan mensyukuri ni'mat Allah dengan tidak berlebih-lebihan dan sombong serta senantiasa menonjolkan kesederhaannya.

Oleh karena itu setiap wanita muslimah di tuntut untuk senantiasa menghiasi dirinya dengan kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan, karena Allah sendiri sangat membenci orang-orang yang suka berlebih-lebihan.

Semoga bermanfaat.   

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution