Rabu, 23 Mei 2012

Sehat Saat Berpuasa


Tips Saat Berpuasa Agar Tetap Segar & Bugar

Buat kalian yang gemar berpuasa, baik itu puasa senin kamis atau malah puasa daud. Tips berikut juga berguna saat besok kita ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. coba kita intip tips dari beberapa sumber yangmengulas tentang bagaimana kita tetap bugar saat berpuasa.

Saat Sahur :

*.Akhirkan saat sahur. Dan sahurlah dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Contoh karbohidrat komplek yang mudah kita temui adalah : Jagung, gandum, singkong, kacang, sereal, kentang, makaroni. Dan masih ada beberapa contoh lagi yang lain, yang agak susah ditemukan di Indonesi, Misalnya : Spagheti, Weethabix, Ryvita crispbread, Oatcake, Muesl. Kenapa harus karbohidrat kompleks?? karena karbohidrat kompleks terdiri dari tiga atau lebih unit gula terikat bersama-sama dalam satu rantai. Sedangkan karbohidrat sederhana terdiri atas satu unit gula (monosakarida) atau dua unit gula (disakarida). Dalam kasus yang kompleks karbohidrat, enzim pencernaan harus bekerja lebih lama untuk memutuskan rantai menjadi gula tunggal untuk diserap oleh usus. Oleh karena itu mereka diserap secara bertahap dan mereka mampu memberikan aliran energi untuk waktu yanglebih panjang. Itu sebabnya mereka bisa membantu menjaga kadar gula darah.

*.Kurangi gorengan. Karena gorengan akan membuat sel darah merah mudah menggumpal, sehingga hantaran oksigen dalam darah bisa berkurang hingga 20%. Inilah salah satu penyebab ngantuk disiang hari.

*.Selain sahur dengan nasi dan lauk, konsumsi juga sayur, buah-buahan dan minum segelas susu. Hindari minum kopikarena kandungan dalam kopi menyebabkan cairan dalam tubuh seringkeluar. Perbanyak minum air putih agar tubuh kelak tidak kekurangan cairan.

Saat Puasa :

*.Stabilkan emosi, supaya energi tidak keluar secara berlebihan.
*.Jangan segan mandi ditengah hari. Mandi mampu menyegarkan badan kita kembali.
*.Tetaplah beraktifitas selama puasa, namun tidak berlebihan. Selalu tidur justru akan menjadikan badan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Saat Buka :

*.Segera berbuka dengan yang manis alami, misalnya dengan kurma atau madu. Atau juga bisa dengan gula aren, karena gula aren lebih alami ketimbang gula pasir.

*.Minum air putih biasa lebih baik ketimbang minum air dingin atau air es. Karena air putih biasa lebih mudah diserap oleh tubuh.

*.Berhentilah makan sebelum kenyang. Seperti yang dikatakan Rasulullah, porsi perut kita untuk menampung makanan adalah sepertiga angin, sepertiga air, dan sepertiganya berupa makanan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution