Senin, 14 Mei 2012

SubhanAllah Indahnya Ajaran Islam

Menguap
Assalaamu alaikum warahmatullaahi wa barkaatuhu.

Dari Abu Said Al Khudri ra, Rasulullah bersabda, "Apabila salah seorang diantaramu menguap, hendaklah ia menutup mulutnya karena syetan dapat masuk lewat mulutnya" (HR Muslim),  juga dari Abu Said Al Khudri ra, Rasulullah bersabda, "Bila salah seorang menguap saat sholat, hendaklah sekuatnya ia menahannya karena syetan ingin masuk" (HR Muslim).

Adab Tidur

SubhanAllah, indahnya ajaran Islam semua diajarkan untuk persiapan kehidupan akhirat yang panjang, tidurpun ada adab dan ibadahnya, sahabatku.

1. Muhasabah diri terutama adakah dosa yang diperbuat hari ini, adakah oarag yang disakiti hari ini, istigfar dan mohon maaflah, karena tidur itu seakan menuju kematian, tidak sedikit orang meninggal saat tidur, doanyapun seakan doa mau mati. "Dengan nama-Mu yang menghidupkan hamba dan dengan nama-Mu yang mematikan hamba"... Jadi tidur adalah gladi resik kematian, selalu siap sebelum kematian benar-benar tiba, niat tidur agar bisa istirahat untuk mengumpulkan semangat tenaga amal ibadah lagi demi ridho Allah dan keselamatan akhirat,

2. Pastikan sebelum tidur dalam keadaan berwudhu kecuali wanita haid, Rasulullah bersabda, "Jika kamu hendak merebahkan diri kepembaringanmu, berwudhulah sebagaimana engkau berwudhu untuk sholat" (HR Mutafaqun alaihi)...

3. Menghadap qiblat dengan kepala dibagian utara dan kaki di Selatan, tubuh miring kanan persis seperti mayat dalam kuburan, Rasulullah bersabda, "Kemudian berbaringlah diatas pinggang sebelah kanan"(HR Muttafaqun alaihi)

4. Jangan tidur tengkurap

5. Teruslah berzikir sampai tertidur dan usahakan akhir zikir sebelum tidur adalah kalimat tauhid, La ilaaha illAllah, seakan kalimat terakhir menuju gerbang kematian, Rasulullah bersabda, "Siapa yang diakhir hayatnya mengucapkan La ilaaha illAllah maka ia masuk Syurga (HR Muslim)

5. Sebelumnya membaca al Ikhlas, al Falaq dan an Nas, lalu tiupkan ketelapak tangan, lalu usaplah semampu jangkauan tangan dimulai dari wajah sebanyak 3 kali (HR Bukhori) dan sangat utama bagi yang hafal membaca ayat kursi...


Doa Untuk Semua

Bismillaahirohmaanirrohiim, Alhamdulillaahirobbil alamin, Allahumma sholli wa sallim ala Rasulillahi shollolloohu alaihi wassalam, wa ala aalihi wa ashhaabihi ajmaiin.

Ya Allah, tiada sesuatu yang tersembunyi dimata-Mu, Engkau tahu betapa banyaknya dosa yang telah kami perbuat kepada-Mu, Ya Rohmaan ya Rohiim, kami mohon ampunan seluruh dosa-dosa kami, dosa besar dan kecil, sengaja dan tidak sengaja, terang-terangan maupun yang kami sembunyikan selama ini, yang lalu bahkan yang akan datang, dari mulai aqil baligh hingga akhir hayat kami...

Ya Rohmaan ya Rohiim, ampunilah dosa-dosa ayah ibu kami, sayangilah ayah ibu kami dengan rahmat-Mu sebagaimana ayah ibu kami menyayangi kami, demikian pula guru-guru kami yang telah membimbing kami mengenal-Mu, kakek nenek kami, suami kami, istri kami, kakak adik kami, anak cucu keturunan kami, Ya Allah ampuni pula semua jamaah zikir, pembaca rubrik ini, dan seluruh orang-orang yang kami cintai kaum muslimiin muslimaat baik yang hidup apalagi yang telah wafat... aamiin ya Rabbal aalaamiin.


Berdoalah Sendiri

Sahabatku fillah insya Allah dipenghujung malam nanti kita berdoa mohon ampunan lagi ya.....
Sahabatku jangan langsung berkomentar "aamiin", tetapi baca dulu dengan kesungguhan penghayatan, bukan Arifin yang berdoa tetapi  sahabatku sendiri yang berhajat dalam doa itu, karena Arifin juga banyak dosa sahabatku.

Jadi doa kita tidak sekedarnya, Allah sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa "almulihhiina" sungguh-sungguh dengan rasa harap dan rasa takut yang penuh, disertai dengan keyakinan diijabah.

Sahabatku jangan pernah bosan minta ampun pada Allah, tahukah kalian Rasul yang mulia mengabarkan, "Sungguh di akhirat nanti hamba Allah yang paling beruntung adalah hamba Allah yang paling banyak catatan amalnya, dan istigfarnya kepada Allah",

Subhanallah, sampai nanti malam ya...

by.  Pojok Arifin Ilham

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution