Kriteria Pemimpin yang Baik dalam Islam
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
Terdapat keterangan yang bagus yang dijelaskan Syaikhul Islam dalam
karyanya as-Siyasah as-Syar’iyah tentang kriteria pemimpin yang baik.
Beliau menjelaskan,
وينبغي أن يعرف الأصلح في كل منصب فإن الولاية لها ركنان : القوة والأمانة
”Selayaknya untuk diketahui siapakah orang yang paling layak
untuk posisi setiap jabatan. Karena kepemimpinan yang ideal, itu
memilikidua sifat dasar: kuat (mampu) dan amanah.”
Kemudian beliau menyitir beberapa firman Allah,
إِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْأَمِينُ
Sesungguhnya manusia terbaik yang anda tunjuk untuk bekerja adalah orang yang kuat dan amanah.” (QS. Al-Qashas: 26).
Dalil lainnya, pujian yang diberikan oleh penguasa Mesir kepada Nabi Yusuf,
إِنَّكَ الْيَوْمَ لَدَيْنَا مَكِينٌ أَمِينٌ
“Sesungguhnya kamu (mulai) hari ini menjadi seorang yang
berkedudukan tinggi (kuat secara posisi) lagi dipercayai pada sisi
kami”. (QS. Yusuf: 54).
Demikian pula karakter Jibril yang Allah amanahi menyampaikan wahyu
kepada para rasul-Nya, karakter Jibril yang Allah puji dalam al-Quran,
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ ( ) ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي الْعَرْشِ مَكِينٍ ( ) مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ
Sesungguhnya Al Qur’aan itu benar-benar firman (Allah yang
dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), ( ) yang mempunyai kekuatan,
yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, ( )
yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi amanah. (QS. At-Takwir: 19 – 21).
Demikianlah kriteria pemimpin ideal yang Allah sebutkan dalam al-Quran. Kuat dalam arti mampu secara profesional dan amanah.
Kemudian, Syaikhul Islam menjelaskan batasan kuat (mampu) dan batasan amanah,
والقوة في كل ولاية بحسبها فالقوة في إمارة الحرب ترجع
إلى شجاعة القلب وإلى الخبرة بالحروب والمخادعة فيها فإن الحرب خدعة وإلى
القدرة على أنواع القتال… والقوة في الحكم بين الناس ترجع إلى العلم
بالعدل الذي دل عليه الكتاب والسنة وإلى القدرة على تنفيذ الأحكام
Sifat ‘kuat’ (profesional) untuk setiap pemimpin, tergantung dari
medannya. Kuat dalam memimpin perang kembali kepada keberanian jiwa dan
kelihaian dalam berperang dan mengatur strategi. Karena inti perang
adalah strategi. Demikian pula kembali kepada kemampuan dalam
menggunakan senjata perang…
Sementara kuat dalam menetapkan hukum di tengah masyarakat kembali
kepada tingkat keilmuannya memahami keadaan yang diajarkan al-Quran dan
sunah, sekaligus kemampuan untuk menerapkan hukum itu.
Selanjutnya, beliau menjelaskan kriteria amanah
والأمانة ترجع إلى خشية الله، وألا يشتري بآياته ثمنا
قليلا، وترك خشية الناس؛ وهذه الخصال الثلاث التي أخذها الله على كل من
حكم على الناس
Sifat amanah, itu kembali kepada kesungguhan orang untuk takut
kepada Allah, tidak memperjual belikan ayat Allah untuk kepentingan
dunia, dan tidak takut dengan ancaman manusia. Tiga kriteria inilah
yang Allah jadikan standar bagi setiap orang yang menjadi penentu hukum
bagi masyarakat.
Kemudian beliau mengutip firman Allah,
فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوا
بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا وَمَنْ لَمْ يَحْكُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ
فَأُولَئِكَ هُمُ الْكَافِرُونَ
Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah
kepada-Ku. dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang
sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan
Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. (QS. Al-Maidah:
44)
Mampu (Profesional) dan Amanah, Mana Prioritas?
Anda semua tentu menyadari, untuk mendapatkan pemimpin yang memiliki
dua kriteria ini sekaligus, sangat sulit untuk ditemukan. Hingga
Syaikhul Islam di halaman lain dalam buku itu menyatakan,
اجتماع القوة والأمانة في الناس قليل، ولهذا كان عمر بن الخطاب -رضي الله عنه- يقول: اللهم أشكو إليك جلد الفاجر، وعجز الثقة
Kemampuan dan amanah jarang bersatu pada diri seseorang. Karena itu,
Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu pernah mengadu kepada Allah, ”Ya
Allah, aku mengadu kepada-Mu: orang fasik yang kuat (mampu) dan orang
amanah yang lemah.”
Di sinilah Syaikhul Islam menyarankan untuk menerapkan skala
prioritas. Mana karakter yang lebih dibutuhkan masyarakat, itulah yang
dikedepankan.
Dalam posisi tertentu, sifat amanah lebih dikedepankan. Namun di posisi lain, sifat mampu dan profesional lebih dikedepankan.
Syaikhul Islam membawakan riwayat dari Imam Ahmad, ketika beliau ditanya,’Jika ada dua calon pemimpin untuk memimpin perang, yang satu
profesional tapi fasik, dan yang satu soleh tapi lemah. Mana yang lebih
layak dipilih?’ Jawab Imam Ahmad,
أما الفاجر القوي، فقوته للمسلمين، وفجوره على نفسه؛ وأما الصالح الضعيف فصلاحه لنفسه وضعفه على المسلمين. فيغزي مع القوي الفاجر
Orang fasik yang profesional, maka kemampuannya menguntungkan kaum
muslimin. Sementara sifat fasiknya merugikan dirinya sendiri. Sedangkan
orang soleh yang tidak profesional, maka kesolehannya hanya untuk
dirinya, sementara ketidak mampuannya merugikan kaum muslimin. Dipilih
perang bersama pemimpin yang profesional meskipun fasik.
Sebaliknya, jika dalam posisi jabatan itu lebih membutuhkan sifat
amanah, maka didahulukan yang lebih amanah, sekalipun kurang
profesional. Syaikhul Islam menyebutkan,
وإذا كانت الحاجة في الولاية إلى الأمانة أشد، قدم الأمين؛ مثل حفظ الأموال ونحوها
Jika dalam kepemimpinan itu lebih membutuhkan sifat amanah, maka
didahulukan yang memiliki sifat amanah, seperti bendahara atau
semacamnya.
Kemudian, beliau memberikan kesimpulan dalam menentukan pemimpin,
قدم أنفعهما لتلك الولاية وأقلهما ضررا فيها
Diutamakan yang lebih menguntungkan untuk jabatan itu, dan yang lebih sedikit dampak buruknya. Demikian…Disimpulkan dari as-Siyasah as-Syar’iyah, Syaikhul Islam, cet. Kementrian Agama Saudi, th. 1418 H. hlm. 13 – 17.
Nasehat Pemilu
Anda yang akan menyalurkan hak pilihnya, saat ini kita lebih
membutuhkan amanah dan profesional. Ingatlah bahwa hak pilih kita
termasuk amanah, dan persaksian di hadapan Allah. Yang semua itu
nantinya akan kita pertanggung jawabkan di hadapan-Nya. Jangan
digunakan sembarangan dan jangan mengedepankan hawa nafsu. Allah
mengingatkan kita,
وَاتَّقُوا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيهِ إِلَى اللَّهِ ثُمَّ تُوَفَّى كُلُّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
Takutlah kalian terhadap hari yang pada waktu itu kamu semua
dikembalikan kepada Allah. kemudian masing-masing diri diberi Balasan
yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka
sedikitpun tidak didzalimi. (QS. Al-Baqarah: 281).
Allahu a’lam
0 komentar:
Posting Komentar