Jumat, 30 Oktober 2015

Istimewanya Hari Jum’at

Amalan-Amalan Istimewa di Hari Jum’at 


Hampir semua umat Islam tahu bahwa Jum’at adalah hari yang diagungkan. Tapi apakah mereka semua mengetahui tentang amalan-amalan istimewa di hari Jum’at? Amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh seseorang di hari biasa memang banyak, tapi ternyata ada beberapa amalan khusus yang menjadi sangat istimewa jika seseorang melakukannya di hari yang paling diagungkan oleh agama Islam itu sendiri, yaitu hari Jum’at.


Apakah Anda Mengetahui Tentang Amalan-Amalan Istimewa di Hari Jum’at?
Diantara hari-hari dalam satu minggu, ada sebuah hari yang amalan di dalamnya dinilai sebagai yang paling mulia, yaitu hari Jum’at. Amalan pada hari Jum’at biasanya dinilai sebagai sesuatu yang amat baik dan memiliki keistimewaan sendiri di hadapan Allah SWT yang bertugas sebagai dzat pencipta dan penggerak seluruh makhluk hidup yang ada di dunia ini. Setiap amalan-amalan yang kita lakukan di hari Jum’at, biasanya dinilai sebagai sesuatu yang amat penuh berkah dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh kita sendiri di hari kiamat sebagai tabungan kebaikan selama kita hidup di dunia yang hanya sementara ini.
Inilah Daftar Beberapa Amalan-Amalan Istimewa di Hari Jum’at
Setelah kita mengetahui mengenai apa itu amalan istimewa hari Jum’at, maka tentu saja kita sekarang ingin mengetahui apa saja yang terhitung dalam amalan istimewa karena kita ingin menjalankannya demi mendapatkan pahala yang bisa digunakan nanti di akhirat. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Membaca Surat Al-Kahfi
Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk membaca surat al-Kahfi di hari Jum’at. Ketika umatnya melakukan hal tersebut, maka orang-orang tersebut kemudian akan disinari oleh cahaya antara orang itu sendiri dan dengan rumah Allah (Mekkah). Nabi juga bersabda bahwa amalan-amalan istimewa di hari Jum’at terutama membaca surat Al-Kahfi hingga 10 ayat akhirnya, maka tidak akan bisa dikuasai dajjal. Belum lagi pahalanya akan dicatat di kertas yang tidak bisa luntur di surga.
2. Memperbanyak Membaca Shalawat Nabi
Sebuah hadits menceritakan tentang sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi tentang bagaimana seseorang dianjurkan memperbanyak bacaan shalawat pada Rasul. Hal ini dikarenakan shalawat umat nabi akan diperlihatkan padanya di hari Jum’at, dan siapa yang bershalawat paling banyak akan menjadi yang paling dekat dengan Muhammad di hari kiamat kelak.
3. Tidak Berpuasa di Hari Jum’at dan Jangan Mengkhususkan Dengan Shalat Tertentu
Yang bukan amalan hari Jum’at adalah dengan berpuasa tanpa alasan di hari itu. Rasulullah pernah bersabda dalam suatu hadist yang berkata bahwa janganlah kita membuat hari Jum’at menjadi hari yang amat khusus hingga kita melakukan puasa. Kita hanya boleh berpuasa di hari Jum’at jika kebetulan berpapasan dengan puasa wajib.
4. Membaca Surat Al-Insan dan As-Sajdah Saat Shalat Subuh
Nabi Muhammad diceritakan lewat sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwa beliau biasanya membaca surat As-Sajdah di rakaat pertama dan baru membaca surat Al-Insan di rakaat kedua.
5. Memperbanyak Do’a
Ada hadits riwayat Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah sempat berbicara mengenai hari Jum’at, dimana ada waktu yang jika orang berdoa di waktu itu maka pasti dikabulkan. Ada 4 pendapat berbeda mengenai waktu ini, tapi untuk lebih baiknya, kita harus lakukan doa setiap saat kita memiliki kesempatan.
Dengan daftar-daftar di atas, kita kini sudah bisa menentukan mana yang akan kita lakukan atau bahkan kita akan dengan senang hati melakukan semua amalan-amalan istimewa di hari Jum’at.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution