Jumat, 16 Oktober 2015

Tipe Orang Dalam Dunia Kerja

13 Sifat atau Tipe Orang yang Tidak Disukai dalam Dunia Kerja (Hindari! Agar Sukses)



Pepatah tersebut menginspirasi saya untuk sekedar berbagi pengalaman. Apa yang akan saya sharing ini juga hasil dari berbagi cerita dengan teman-teman disekitar saya serta apa yang juga saya alami sendiri setelah memasuki dunia kerja….


Bekerja terkadang membuat kita jenuh ditambah lagi jika kita menemukan orang-orang dengan tipe atau jenis sifat yang tidak disukai, tetapi hati-hati juga kalau ternyata anda sendiri juga cendrung memiliki sifat-sifat tersebut….hmmm…

Dari hasil sharing dengan pengalaman teman dan pengalaman pribadi, kira-kira inilah jenis-jenis/tipe sifat yang cendrung tidak disukai dalam dunia kerja:

Pertama; sok perkasa dan sok hebat.

tipe ini menempati urutan pertama dari sifat yang paling tidak disukai. Sifat penunjukan diri lebih kuat baik secara fisik ataupun dalam pengetahuan, bersuara lantang menuntut haknya dalam dunia kepemimpinan dan jabatan...... banyak yang mengaku tidak suka berhubungan dengan tipe orang seperti ini.

Kedua; tidak bisa menahan lisannya dan senang menampilkan diri.

banyak omong dan tidak memberi kesempatan orang lain untuk berbicara, menyampaikan pendapatnya, sangat tidak disukai dalam dunia kerja…kemudian ditambah dengan suka mengambil alih, terlalu protokoler, selalu tampil duluan.. merasa dialah yang paling bisa dalam suatu pekerjaan sehingga mengambil kesempatan orang lain untuk maju…..

Ketiga; materialistis .

Orientasi hidupnya hanya kebendaan dan materi. Segala sesuatu dinilai dengan harga dan uang. Setiap pekerjaan harus dijadikan proyek yang bernilai uang, apalagi jika diam-diam mengelompokkan orang-orang yang seide untuk suatu pekerjaan tertentu dengan imbalan uang…., tipe ini jelas sangat mengganggu stabilita….

Keempat; pemalas.

Sifat pemalas sangat tidak disukai dalam dunia kerja…orang lain atau teman kerja akan jengkel melihat orang yang pemalas dan tidak mengerjakan sesuatu sesuai dengan target yang ingin dicapai, apalagi jika anda bekerja dalam tim, maka tipe pemalas akan menjadi masalah besar….

Kelima; terlalu pasif.

tidak memiliki pendapat, tidak punya ide dan hanya bersikap pasif saja juga tidak disukai dalam dunia kerja…

Keenam; pembohong.

tidak bisa dipercaya, suka berbohong, tidak berkata sebenarnya, baik menyangkut masalah serius, besar atau masalah sepele dan remah, lama-lama akan dihindari..karena apa yang diomongkannya tidak bisa dipegang. Apalagi jika berbicara sengaja untuk menarik perhatian orang lain, sementara pada kesempatan lain, dengan orang yang berbeda, malah berubah menjadi membenci orang yang tadi dipuji-puji didepannya….

Ketujuh; serba pintar.

selalu menyangka dirinya paling pintar, ia lebih hebat dibandingkan dengan lainnya, orang lain harus mendengarkan apa yang dikatakannya, tidak bisa melihat perubahan sikap orang lain dan tidak bisa punya rasa atau sense ketika orang lain tidak suka padanya….dia cendrung selalu memikirkan dirinya dan merasa bisa membaca pikiran orang lain..…

Kedelapan; punya budyguar.

Punya budyguar disini maksudnya adalah orang yang selalu dibela oleh orang lain yang punya jabatan (atasan), selalu memperoleh prioritas, dipercaya untuk melakukan sesuatu…padahal dalam organisasi yang baik harus ada pemerataan dan harus ada peningkatan/update kemampuan, sehingga semuanya punya kesempatan untuk maju…..orang-orang ini juga cendrung tidak disukai….

Kesembilan; senang menjelekkan orang lain dan mengadu domba.

Senang menjelekkan orang, termasuk jenis perbuatan yang tidak disukai…..mengadu domba disini menyebabkan orang lain punya konflik karena sikapnya. Dia sering menyampaikan sesuatu hal yang bukan berasal dari pendapatnya..

Kesepuluh; mengumbar omongan .

Tipe orang pasaran yang mengumbar omongannya disetiap saat…dia selalu ingin bicara dan kalau sudah bicara susah sekali untuk berhenti…… juga tipe yang tidak disukai…..

Kesebelas; terlalu perasa /sensitive.

Tipe yang sangat perasa juga tidak disukai…mudah tersinggung dan banyak menangis yang mengakibatkan orang lain merasa bersalah padanya……..orang lebih senang menghindarinya dari pada membuat dia tersinggung…

Keduabelas; berlebihan alias lebay.

Tipe orang yang selalu berlebihan menilai suatu permasalahan akan menyebabkan kehidupan kerja terperangkap dalam perselisihan yang tak berkesudahan…. Orang-orang jenis ini biasanya selalu mencari cara untuk dilihat dan diperhatikan orang…….

Ketigabelas; tidak mau menerima perubahan.

Model yang tidak mau menerima perubahan, nasehat dan masukan meskipun itu benar dan ia membutuhkannya…..Jenis seperti ini, sering merasa nyaman dengan keadaan dan kondisi yang aman buat dia,…..jika ada perubahan yang akan berpengaruh terhadap posisi dan kedudukannya dalam pekerjaan, dia cendrung protes dan bersikap keras…….


….Pengalaman adalah guru yang terbaik…..
Semoga tidak ada yang punya sifat di atas…selamat bekerja!



by.Ratna Dewi


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution