Jumat, 30 Oktober 2015

Pahala Sedekah Untuk Orang Tua

Sedekah untuk Kedua Orang Tua

“Apakah sedekah yang kita tujukan untuk kedua orang tua kita, pahalanya akan sampai kepada mereka walaupun keduanya telah meninggal? Berikut penjelasan tentang masalah ini.


Sebelum kita masuk pada pembahasan utama kita tentang sedekah seorang anak untuk orang tuanya, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang perintah sedekah itu sendiri dalam ajaran Islam. 

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk senantiasa bersedekah. Perintah tentang sedekah ini banyak sekali disampaikan baik dalam Al Quran mapun dalam al Hadis, diantara dalil yang berkaitan dengan sedekah dalam al Quran adalah firman Alloh Ta’ala dalam Surat Fathir ayat ke 29-30 yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Alloh dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan keapda mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Alloh menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Alloh Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Fathir: 29-30)

Tentu sangat banyak sekali dalil yang berkaitan dengan sedekah dan keutamaan-keutamaan yang ada didalamnya selain pahala yang telah Alloh subhanahuwata’ala janjikan.

Sampaikah pahala sedekah yang kita sampaikan untuk kedua orang tua kita?

Amal kebaikan lain yang dapat dilakukan oleh seorang anak shalih adalah mengeluarkan sedekah untuk kedua orang tuanya. Ketahuilah bahwa pahala sedekah yang kita kelaurkan untuk kedua orang tua kita akan sampai kepada mereka.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah Rhadhiallohu’anhuma bahwa soarang lelaki datang menemui Rasululloh Sholallohu’alahi wa sallam dan berkata: “Wahai Rasululloh, sesungguhnya ibuku wafat dan belum sempat mengeluarkan wasiat. Aku kira kalaulah ia sempat berbicara ia akan bersedekah. Apakah ibuku mendapatkan haalala bila kau bersedekah untuknya?” Nabi Menjawab: “Ya.” (Muttafaq ‘alaih)

Diriwayatkan dari Abdulloh bin Abbas Rhadhiallohu’anhuma bahwa ibundan Sa’ad binUbadah Rhadiallohu’anhu wafat semantara Sa’ad sedang tidak berada di sisinya. Maka Sa’ad pun mendatangi Nabi Sholallohu’alaihi wa sallam dan berkata: “Wahai Rasululloh, sesungguhnya ibuku wafat semantara aku jauh darinya. Apakan berguna baginya bila aku bersedekah untuknya?”

Nabi Menjawab: “Ya!”

Maka Sa’ad berkata: “Sesungguhnya aku bersaksi bahwa kebun Al Mikhzaaf milikku adalah sedekah untuknya.” (HR. Bukhari)

Dari hadits diatas dapat kita simpulkan bahwa sedekah yang kita tujukan untuk kedua orang tua kita, akan sampai kepada mereka walaupun mereka telah tiada. Memang terkadang seorang anak yang telah ditinggal oleh salah satu atau kedua orang tuanya, tidak dapat berbuat banyak ketika menyadari bahwa berbakti kepada mereka telah terlambat, waktu-waktu ketika mereka masih hidup sering kali kita sia-siakan dan tidak sempat membahagiakan mereka.

Mari Ikut Bersedekah untuk Orang Tua kita!

Mungkin ada diantara kita yang saat ini telah menjadi manusia yang dapat membanggakan bangsa atau kelompok kita, mendapatkan pekerjaan dengan gajih yang layak  sehingga dapat kita beli apapun yang kita mau, dapat menyekolahkan anak-anak kita sampai ke jenjang perguruan tinggi dna lain sebagainya. 

Tapi pernahkah kita sari bahwa semua itu tidak akan kita dapatkan tanpa campur tangan kedua orang tua kita?




Sebagian isi artikel dikutip dari buku: Doa Anak Shalih Kepada Orang Tua oleh Abu Ihsan Al Atsari


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution