Tips Menghadapi Si Iri Hati di Tempat Kerja
Salah satu konflik yang muncul di temapt kerja adalah sikap iri hati
dari rekan kerja. Bukan tidak mungkin, situasi ini akan menghambat
pekerjaan karena Anda tidak dibuat nyaman dengan sikap negatifnya
tersebut. Bagaimana ya harus bersikap? Berikut ini, tipsanda.com kan
menguraikan tips bagaimana si irir hati di tempat kerja:
1. Tunjukkan bahwa Anda Tidak Ingin berkompetisi.
Rasa iri hati muncul karena rekan kerja merasa mereka ada di
tengah-tengah persaingan dengan yang lainnya, sebab itu rasa tidak aman
dapat menjadi pemicu seseorang menjadi iri hati. Bersikaplah lebih down to earth
pada rekan kerja, tunjukkan kalau Anda mengharagai hasil kerja mereka
dan tidak berniat mencuri pekerjaan mereka. Sehingga mengurangi rasa
cemas dan iri hati mereka terhadap Anda. Beri pujian jika mereka
melakukan pekerjaan dengan baik, dan sampaikan saran dengan santun
sehingga mereka bisa meningkatkan prestasi. Pastikan bahwa nada bicara
Anda tidak merendahka atau terlalu agresif, karena itu akan membawa
hasil sebaliknya.
2. Menghindari Pertengkaran.
Meski kesal dengan
sikap rekan kerja, namun penting bagi Anda untuk menampilkan kesan kalau
Anda tidak terpengaruh sikapnya. Orang yang iri hati memang sengaja
ingin memancing emosi, dan mereka juga sengaja ingin memancing emosi,
dan mereka juga gemar menghubung-hubungkan masalah pekerjaan dengan
hal-hal yang tidak relevan. Jangan terpancing emosi. Jika rekan tersebut
menyadari kalau Anda tidak terpancing, dengan sendirinya mereka akan
berhenti.
3. Bersikap Hati-Hati.
Orang yang iri hati kadang
bertindak berlebihan, misalnya mencoba melakukan sabotase pada teman
yang sukses. Jika Anda yang dicemburui, bersikaplah hati-hati.
Perhatikan dan catat hal-hal yang bisa membahayakan Anda. Misalnya
gossip yang menjelek-jelekkan Anda, atau bahkan fitnah. Pastikan kalau
Anda punya bukti untuk menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar.
4. Bersikap Profesional.
Tetaplah bersikap netral
dan professional terhadap rekan kerja yang iri hati. Jangan pernah
membalas tindakannya dengan cara yang tidak sopan dan kasar. Bila rekan
sekantor iri dengan kesuksesan yang Anda raih, tunjukkan kepada mereka
mengapa Anda bisa meraih kesuksesan. Berikan mereka contoh bahwa menjadi
professionalisme di kantor adalah cara nyata mencapai sukses.
5. Kasih Tahu Atasan.
Jika iri hatinya menyebabkan
perilaku yang sudah keterlaluan dan tidak bisa ditoleransi lagi, ada
baiknya jika dibicarakan dengan atasan. Tidak perlu dengan sikpa mengadu
dan mendramatisasi masalah, karena hal ini justru akan menimbulkan
masalah baru lagi nantinya. Ceritakan apa adanya saja, sesuai fakta yang
ada.
0 komentar:
Posting Komentar