Jumat, 17 Januari 2014

Memahami Ketika Menikah

Saling Dukung Dan Memahami Ketika Menikah

Menjadi suami yang mendukung istri adalah berat, begitupula sebaliknya menjadi istri yang mendukung suami juga tak kalah beratnya. Aktivitas pernikahan ketika tak mampu memanajemen kedua hal ini akan berakibat pada pertengkaran yang tak seharusnya terjadi.
Menjadi suami yang memahami posisi istri dan menjadi istri yang memahami posisi suami adalah kesinambungan dalam kehidupan rumah tangga. Kegiatan ini akan semakin meninggakat ketika kehidupan tak hanya di isi oleh satu orang suami dan satu orang istri, tapi kemudian akan hadir anak-anak dalam kehidupan yang akan semakin memperberat ujian “memahami dan saling dukung” setelah menikah.


Ini Adalah Proses

Memahami dan saling dukung tentunya tidak akan muncul begitu saja, dan perjalanannya adalah proses kesempurnaan. Ketika Allah menjanjikan bahwa pernikahan adalah pelengkap dari keimanan maka untuk menguraikan janji-janji tersebut tak cukup hanya sekedar ucapan “saya terima nikahnya…” lalu sempurnalah ia.

Sehelai kain yang kemudian dijahit menjadi pakaian yang enak dipandang memiliki proses yang panjang bahkan harus membuang bagian-bagian yang tak diperlukan. Perlu ukuran-ukuran yang tepat sehingga tak salah dalam mempola, perlu mata yang jeli melihat arah benang kemana langkah-langkahnya dan kemudian perlu kaki yang kokoh untuk selalu setia memulai gerak jahitannya.

Kesalahan dalam memotong kain tak harus membuang kain secara keseluruhan hanya perlu memodifikasinya sehingga ketika telah menjadi pakaian makan ia menjadi pakaian indah nan mengenakkan mata memandangnya. Inilah proses sederhana dalam pernikahan. Butuh dukungan dana pemahaman yang utuh dalam menjalaninya. Dan ini adalah proses menuju bentuk dukungan dan pemahaman yang lebih tinggi kedudukannya.

Dukungan Dan Pemahanan Akan Terus Terjadi

Pernikahan tidaklah direncanakan hanya berjalan 1 atau 2 tahun saja. Banyak doa terucap bahwa “kuingin bidadari cemburu karena kaulah tetap pilihanku di surga”. Karena impian-impian inilah yang membuat proses demi proses terus berlanjut sehingga dukungan dan pemahaman harus terus diperbaharui dengan berjalannya waktu.

Masalah yang dihadapi hari ini tidaklah akan sama dengan masalah esok hari dan masalah yang dihadapi di tahun-tahun pertama pernikahan tidaklah sama dengan masalah-masalah di puluhan tahun usia pernikahan. Roda akan terus berputar dan begitupula masalah-masalah dan setiap perputaran akan ada nilai-nilai yang akan menciptakan dukungan saling memahami diantara cinta.

Belajar Dari Mereka

Salah satu proses dalam hal ini agar tidak terjatuh pada hal-hal yang tidak disenangi oleh Allah swt adalah dengan belajar. Proses belajar ini bisa didapatkan dari orang-orang yang telah terlebih dahulu menjalaninya. Seorang ustadz pernah mengatakan bahwa para ulama bisa menulis buku-buku bukan hanya karena mereka memahaminya tapi yang lebih utama adalah karena mereka telah menjalaninya.

Proses belajar dari mereka ini bisa kita dapatkan paling utama adalah dari orang tua, murabbi, ustadz, saudara atau orang-orang yang berada di sekeliling kita. Allah swt tidak akan pernah lengah ketika ada hamba-Nya yang tengah berusaha mencukupkan agamanya karena kecintaan kepada Tuhannya. Dan kemudian bisa jadi permasalahan-permasalahan yang kita hadapi ada jawabannya pada mereka-mereka tempat kita bertanya.

Penutup

Memberikan dukungan dan memahami pasangan adalah hal yang mutlak didalam pernikahan. Hal yang kecil kemudian menjadi besar hanya karena kita tak bisa memahami bagaimana kondisi pasangan kita dan juga hal yang besar kemudian menjadi kecil ketika kita tak merasa bahwa pasangan kita membutuhkan dukungan kita.

Bagaimana Khadijah ra selalu mendukung Rasulullah saw dalam dakwah dan begitupula Rasulullah saw memahami Khadijah ra hingga Aisyah ra cemburu pada cintanya.

Pahamilah pasangan kita dan teruslah mendukungnya, hari ini dan sampai nanti seperti Rasulullah saw yang sangat merindui Khadijah ra dengan selalu menyebut namanya.


Wallahualam
Faguza Abdullah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Press Release Distribution